Do You Know, Kamis, 14/07/2011 11:45 WIB

Jangan Sepelekan Tidur Malam

Dibalik kesederhanaannya, tidur malam adalah saat istirahat yang penting dan tidak boleh kita sepelekan. Namun tidak banyak yang mengetahui, dan bahkan banyak yang mengabaikan anjuran untuk tidur malam yang cukup
Jangan Sepelekan Tidur Malam
Dibalik kesederhanaannya, tidur malam adalah saat istirahat yang penting dan tidak boleh kita sepelekan. Namun tidak banyak yang mengetahui, dan bahkan banyak yang mengabaikan anjuran untuk tidur malam yang cukup

Nongkrong bersama teman selepas bekerja ataupun menyaksikan pertunjukan musik sering kali kita sebut sebagai bentuk istirahat dari penatnya pekerjaan. Kegiatan ini pun kerap mempengaruhi jam tidur tidur malam Anda.
 

Secara sederhana, istirahat adalah menghilangkan kepenatan, stres, ataupun ketegangan selepas bekerja, dan tidur malam adalah bentuk istirahat terpenting dalam mengembalikan kondisi tubuh Anda. Pada saat tidur, tubuh manusia secara otomatis melakukan relaksasi.


Pada saat malam beberapa organ penting sedang melakukan proses yang membutuhkan kondisi tidur guna memaksimalkan proses tersebut. Sebut saja jantung yang membutuhkan kerja lebih ringan, serta organ lain seperti hati, limpa, dan paru-paru  yang melakukan proses pembersihan racun dari tubuh maupun proses perbaikan sel-selnya. 


Proses inilah yang membuat tidur larut malam atau begadang tidak dianjurkan. Kondisi terbangun akan menghalangi proses tersebut bekerja secara maksimal, dan jika dilakukan dalam jangka waktu yang cukup panjang sangat mungkin membawa dampak negatif pada kondisi tubuh Anda.


Ada baiknya untuk selalu menjaga kondisi dan stamina Anda dengan tidur malam yang cukup. Berdasarkan proses kerja oragan-oragan penting tersebut, sangat dianjurkan untuk memulai tidur Anda pada pukul 21.00. Dengan istirahat yang optimal, tentunya tubuh Anda akan kembali siap beraktifitas esok harinya. (CN/Dit)

Foto: Telegraph.co.uk



Tags : Tidur
Jangan Sepelekan Tidur Malam | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png