Do You Know, Jumat, 15/04/2011 19:07 WIB

Ingin Hidup Sehat? Tertawalah!

Berbagai penelitian telah menyebutkan jika tertawa itu sehat. Faktanya adalah aktivitas tertawa itu memiliki kemiripan dengan stationary jogging atau lari di tempat.
Ingin Hidup Sehat? Tertawalah!
Berbagai penelitian telah menyebutkan jika tertawa itu sehat. Faktanya adalah aktivitas tertawa itu memiliki kemiripan dengan stationary jogging atau lari di tempat.
Saat seseorang tertawa akan merangsang kontraksi otot-otot pada abdomen atau bagian bawah perut, bahu maupun dada yang dapat meningkatkan daya kerja jantung.
 
Karena oksigen yang terhirup bertambah lebih banyak, tertawa juga akan mencukupi kebutuhan gas pada seluruh jaringan tubuh. tertawa juga merangsang otak untuk menghasilkan hormon catecholamines yang berfungsi untuk merangsang produksi "endorfin beta". 
 
Hormon ini dikatakan memiliki struktur yang menyerupai dengan opium yang dapat menghilangkan rasa sakit dan nyeri pada bagian tubuh dan menimbulkan kebahagiaan serta rasa nyaman. Bedanya, hormon ini tidak menyebabkan kecanduan. Ini sebabnya tertawa bisa menjadi obat mujarab bagi berbagai jenis penyakit, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus, gangguan pencernaan, tekanan darah tinggi, jantung, bahkan diabetes.
 
Sebuah sumber menyebutkan jika energi tertawa terbahak-bahak itu selama 20 detik sama dengan jogging selama tiga menit. Terbahak satu menit = 45 menit olahraga yang mengeluarkan keringat. Bahkan pada daya kerja jantung, tertawa 20 detik memiliki efek yang sebanding dengan mendayung atau jogging selama tiga menit. Tertawa terpingkal dengan sempurna ternyata melibatkan sekitar 80 otot. Getaran yang dihasilkan membuat jantung berdetak lebih kencang, menaikkan tekanan dan oksigen dalam darah yang dihasilkan bersamaan dengan akselerasi pernapasan. Usai tertawa, tekanan darah pun normal kembali, hormon stres berkurang disertai peningkatan kekebalan tubuh.
 
Nah, mengaku tak memiliki banyak waktu untuk berolahraga? Sewa film komedi, berkumpul dengan sahabat, dan tertawalah. Tak ada alasan lagi untuk memiliki hidup lebih sehat bukan? (Dari berbagai sumber/CN/dee)

Sumber foto : http://www.fortuneawards.com/fridaysfortunate-corner/
Tags : Artikel, Do You Know,
Ingin Hidup Sehat? Tertawalah! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png