Do You Know, Selasa, 25/01/2011 12:23 WIB

Bekerja Freelance Sebagai Alternatif Berkarir

Di era serba canggih ini tak hanya mencari kerja, bekerja pun bisa dilakukan secara online.
Bekerja Freelance Sebagai Alternatif Berkarir
Di era serba canggih ini tak hanya mencari kerja, bekerja pun bisa dilakukan secara online.
Para pekerja online ini biasanya merupakan freelancer yang bekerja berdasarkan order atau proyek. Tak kurang gengsi, sekitar 80 persen dari freelancer merupakan pekerja yang memiliki gelar profesional. Bahkan 70% diantara online freelancer ini menjadikan pekerjaan tersebut sebagai satu-satunya mata pencaharian.
 
Pekerja lepas (freelance) memang memiliki potensi yang semakin menjanjikan. Ini dilihat dari jumlah dan penghasilan mereka yang terus meningkat. Lebih dari itu, The Elance, lembaga penghubung pekerja freelance dengan perusahaan, menemukan bahwa 70 persen dari pekerja lepas yang telah disurvei menyatakan diri lebih bahagia bekerja secara independen dibanding menjadi karyawan full-time. Bahkan lebih dari 60 persen diantara mengatakan mereka akan memilih untuk tetap menjadi freelancer daripada mengambil pekerjaan full-time.
 
Keuntungan utama bagi pekerja lepas adalah fleksibilitas untuk mengatur waktu dan terhindar dari rutinitas yang monoton dan membosankan. Namun para pekerja lepas ini juga memiliki tantangan utama menyangkut pendapatan dan pengaturan arus kas pengeluaran rutin bulanan. Tidak seperti pegawai yang memiliki gaji atau pendapatan yang bisa diprediksi setiap bulannya, para freelancer bergantung sepenuhnya dari jumlah proyek yang mereka tangani.
 
Akan terdapat masa dimana proyek pekerjaan sedemikian padatnya sehingga berhasil mengumpulkan pemasukan yang luar biasa besar, berkali-kali lipat dari karyawan biasa. Namun bisa juga para pekerja lepas ini menghadapi masa sulit dimana mereka tidak mendapatkan satu proyek apapun dalam jangka waktu tertentu. Ini berarti tidak adanya pemasukan bagi kas keuangan pribadi. 
 
Jika Anda tertarik menjadi freelancer atau pekerja lepas maka Anda harus mulai memikirkan strategi untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya bisa dengan memperlakukan diri sendiri sama seperti pegawai kantoran pada umumnya, yakni mendapatkan gaji rutin perbulan. Anda bisa mulai menetapkan berapa besar gaji yang Anda butuhkan dan mulailah menggaji diri sendiri. Jika nilai proyek yang sedang dikerjakan melebihi target gaji bulanan Anda, simpan sisanya di kas tersendiri untuk mengantisipasi kemungkinan datangnya masa sepi proyek.
 
Saat ini tersedia beragam pekerjaan yang memungkinkan seseorang memilih profesi sebagai pekerja lepas seperti penulis, fotografer, desainer, programmer website, dan berbagai pilihan lain. Para pekerja lepas juga harus aktif untuk mempromosikan dirinya melalui berbagai media, baik offline maupun memanfaatkan media komunikasi online seperti social networking, milis, atau website pribadi. Selain itu para pekerja lepas juga harus terus meningkatkan kemampuannya agar dapat terus berkembang dan mendapatkan kepercayaan penuh dari pihak klien atau konsumen.
 
Bagaimana, berminat menjadi freelancer?

Foto : Istimewa (sumber : http://ptrv.info/index.php?/play/-freelancer/)
Tags : Do You Know, artikel, freelancer, Karir,
Bekerja Freelance Sebagai Alternatif Berkarir | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png