Do You Know, Selasa, 09/11/2010 09:12 WIB

Musik dan Irama Dalam Bekerja

Banyak nilai positif yang bisa disalurkan oleh musik. Musik dapat menstimuli pikiran, mengubah mood dan juga sarana pelepasan emosi.
Musik dan Irama Dalam Bekerja
Banyak nilai positif yang bisa disalurkan oleh musik. Musik dapat menstimuli pikiran, mengubah mood dan juga sarana pelepasan emosi.
Musik yang tenang mampu mengungkapkan dan membawa perasaan pendengarnya menjadi lebih tertata. Pikiran kita bisa lebih mudah terstimuli oleh jenis musik klasik atau musik tradisional yang akrab disebut uyon-uyon di kalangan masyarakat Jawa.

Mood yang sedang buruk pun bisa berubah saat mendengar lirik lagu yang lucu. Melalui musik pula kita dapat menyalurkan energi dengan cara yang positif. Tak heran jika perfilman India kerap menggunakan musik untuk mengungkapkan perasaan yang tertuang dalam alur cerita.

Sama seperti halnya film Bollywood yang mengekspresikan dirinya melalui musik, tak ada salahnya jika kita menggunakan musik sebagai rekan yang baik untuk menemani saat bekerja. Anda bisa memutar musik berirama riang dengan tempo yang enerjik agar menularkan semangat untuk memulai hari.

Siang hari saat beban pekerjaan sudah menumpuk pilih jenis musik yang mampu memberikan ketenangan, sehingga membantu anda agar lebih mudah memusatkan konsentrasi. Menjelang pulang anda bebas memilih jenis musik favorit yang dapat memberikan rasa tenang serta kegembiraan untuk menyambut saat pulang kerumah.

Hal lain yang perlu diingat adalah etika memutar musik di kantor. Pertama, anda tidak memutar volume musik terlalu kencang agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Kecuali jika ada kesepakatan dari rekan kerja seruangan yang juga menyenangi musik pilihan anda dan ingin turut mendengarkan.

Kedua, sedikit berdendang tak apa selama suara anda tidak mengganggu rekan kerja yang lain. Dendangkan musik dengan suara lirih. Tak semua rekan kerja anda bisa bekerja dengan suara musik, ada beberapa karakter yang baru bisa berkonsentrasi dalam kondisi hening. Itu sebabnya meski anda bersuara emas bukan berarti bahwa semua orang akan senang mendengarnya.  
 
Ketiga, pilih lagu dengan lirik yang netral dan tak menyinggung perasaan orang lain. Jangan sampai lagu yang anda pilih mengandung pesan-pesan yang dapat menyulut perselisihan dengan pihak lain. (Wiwid)
Tags : Tahukah kamu, Musik, Bekerja, Selingan
Musik dan Irama Dalam Bekerja | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png