Release, Rabu, 20/03/2019 00:00 WIB

Bukit Asam Goes to Campus: Ungkap Pentingnya SDM Bagi Perusahaan!

Sudah selayaknya Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan kerja atau disingkat K3 jadi wajib salah satu prioritas perusahaan bagi karyawannya.
Bukit Asam Goes to Campus: Ungkap Pentingnya SDM Bagi Perusahaan!
PT Bukit Asam Tbk, merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di sektor pertambangan batu bara. Senin, (18/3) lalu mereka berkesempatan membagi informasi seputar bekerja di pertambangan batu bara kepada mahasiswa dan careerseeker.


Dalam rangka menyambut usia ke-38 perusahaan, Bukit Asam mengadakan kunjungan ke berbagai universitas, salah satunya UGM. Road show ini bertujuan untuk mendekatkan citra perusahaan kepada mahasiswa dan careerseeker  sebagai calon generasi penerus.

Mengusung tema ‘Tingkatkan Budaya K3 Untuk Mendukung Pencapaian Produk dan Target Zero Environment Damage’ event ini diisi oleh dua orang praktisi sekaligus pelaku bisnis dari Bukit Asam, yaitu Senior Manajer Teknologi Informasi, Satria Wirawan, dan Manajer Sumber Daya Manusia, Ali Tamam.

Sebagai pembuka acara, Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D. turut menyampaikan terima kasih kepada Bukit Asam karena sudah mau berbagi untuk memberikan gambaran situasi kerja kepada peserta yang datang. Di akhir sambutannya, tak lupa beliau menitipkan harapan agar sektor pertambangan juga turut berkontribusi pada lingkungan.

Event ini mendapat sambutan hangat dan antusiasme tinggi dari para peserta yang memenuhi ruangan Sekip, gedung University Club UGM. Para peserta nampak dengan seksama memperhatikan penjelasan dari kedua pembicara.

Satria Wirawan mengemukakan bahwa bulan Maret tahun ini jadi bulan yang istimewa bagi Bukit Asam. Sebab, persis di bulan ini mereka memperingati 100 tahun penambangan di Tanjung Enim, Sumatera, tempat di mana pertambangan di Bukit Asam diawali. Seratus tahun perjalanan hingga kini, membuat Bukit Asam terus menyesuaikan dengan perubahan zaman. Maka tak mengherankan bila Bukit Asam melakukan inovasi produk dan pelayanannya.

“Jadi saat ini, perusahaan di industri pertambangan itu tidak hanya gali lalu menjual, tetapi kita proses kembali sebelum mengubah bahan tambang menjadi barang yang bertambah nilai jualnya sebelum dilepas ke pasaran,” jelas Satria.

Begitupun dengan pelayanan konsumen juga ditingkatkan. Alumni Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM ini mengungkapkan bahwa pelayanan konsumen tidak bisa dianggap sepele bahkan di sinilah kunci utama kesuksesan bisnis, selain kualitas produk.

Demi menjaga kualitas produksi dan kesuksesan bisnis, tak mengherankan bila Bukit Asam sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Harapannya, agar para karyawan akan dapat bekerja dengan maksimal. Seperti yang dituturkan Manajer Sumber Daya Manusia, Ali Tamam, “Kami bekerja cukup teliti untuk menggarap pengelolaan sumber daya manusia seperti membaca demografi karyawan, menetukan strategi remunerasi, hingga membuka rekrutmen di perusahaan."

Di akhir sesi, Ali Tamam sedikit memberikan tips bagi careerseeker yang hendak mengikuti recruitment test di BUMN. Menurutnya, kamu haruslah selalu menanamkan pikiran positif serta merasa percaya diri. “Lalui sesi recruitment test dengan tenang dan persiapkan kebutuhanmu sebelumnya. Hindari grogi sebab justru akan membuat pikiranmu blank,” pesannya menutup sesi sharing.

Semoga perjalanan kariermu dimudahkan selalu ya careerseeker. Tetap semangat dan stay positif!








Penulis : Zahri
Editor : Rahayu Riesta
Grafis : Juliana Nurta

Tags : bukit asam, bumn, tambang batu bara, karyawan, recruitment karyawan bumn
Bukit Asam Goes to Campus: Ungkap Pentingnya SDM Bagi Perusahaan! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png