Web
Analytics
Do You Know, Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB

Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?

Iklan produk yang kamu lihat di sekelilingmu itu telah menjalani proses panjang dan revisi sana-sini. Memang seperti apa prosesnya?
Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Bagi kamu yang belum pernah menggeluti dunia ini sebelumnya, mungkin kamu pernah bertanya-tanya mengenai bagaimana sebuah ide muncul hingga dieksekusi. Secara singkat, kami paparkan prosesnya khusus untuk kamu!

Secara mudahnya, proses iklan dimulai ketika klien menemui bagian account. Di sini klien akan menyampaikan kebutuhan branding mereka kepada tim account. Tim account akan membawa client brief ini pada tim strategic planner. Strategic planner akan membuat konsep iklan sesuai dengan data customer yang mereka kumpulkan. “Menentukan arahnya ke mana dan media apa yang cocok digunakan adalah tugas strategic planner,” jelas Kiki Lumaela, Senior Copywriter BBDO Asia (bbdoasia.com) saat diwawancara oleh Careernews via telepon

Setelah strategic planner selesai dengan konsepnya, mereka akan membawanya pada tim kreatif. Kreatif akan melakukan breakdown konsep iklan secara visual dan verbal sesuai dengan konsep besar yang dibuat oleh tim strategic planner. Jadilah sebuah creative brief yang akan digodog lagi bersama tim strategic planner sampai menjadi campaign line.

Dari sanalah, campaign line akan dibawa kembali oleh bagian account untuk disampaikan pada klien. Kalau sudah deal, iklan siap diproduksi deh. Kalau sebaliknya, maka proses di atas diulang kembali sampai menemukan konsep yang cocok dengan kebutuhan klien.

Prosesnya cukup panjang ya. Namun Krishna sendiri yang berada di agensi daerah mengaku bahwa proses ini bisa lebih pendek di kantornya. Hal tersebut sah-sah saja karena semua tergantung pada banyak faktor.

Lalu, sekali bikin iklan nominalnya berapa sih? Sangat beragam. Hal tersebut diungkapkan oleh Marselinus Krishna Adhi Nugroho atau biasa disapa Krishna, Creative Group Head Srengenge (srengenge.co.id). Ia memaparkan nominal pembuatan iklan bisa dimulai dari Rp 10-20 juta untuk media foto saja. “Kalau TV bisa sampai 200-300 juta. Biasanya agensi pakai pihak ketiga untuk melakukan produksi iklan,” ujar pria yang saat ini memegang iklan BRI ini.

Jumlah yang lebih fantastis diungkapkan Kiki yang agensinya notabene berada di ranah internasional. “Mulai dari 15 juta untuk foto. Dulu ada yang konsepnya besar sampai memakan nominal Rp 4 miliar,” paparnya.

Nominal untuk membuat sebuah iklan besar juga ya. Lalu, bagian mana nih yang gajinya paling gede?

Kiki mengatakan gaji yang diterima relatif sama untuk yang satu jenjang karir. “Gaji tergantung jenjang karir dan pekerjaannya,” ujarnya. Sedangkan menurut Krishna, gaji paling besar diterima mereka yang sudah ada kata “director” di jabatannya. “Karena tanggung jawab mereka paling gede, semisal nih creative director, dia tidak hanya menguasai masalah kreatif, tapi juga bisnis. Account director juga, mereka harus bisa cari bisnis baru dan menjaga hubungan baik dengan klien lama,” paparnya.

Gimana, tertarik untuk menjajaki passion di bidang iklan? Cari tahu yuk media apa yang biasanya dipakai agensi iklan untuk memasang lowongan kerja.

Nantikan artikel selanjutnya ya! [careernews,id]


Penulis : Rita Pamilia

Editor  : Vinia R. Prima

Desain : Tongki A.W

Tags : agency iklan, advertising agency, agensi periklanan, dunia iklan, kerja di dunia iklan, gaji dunia iklan
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 28/08/2018 10:00 WIB Parodi Kerjaan di Agency (Baca: Ahensi) yang Bisa Kamu Ketahui
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png