Do You Know, Rabu, 13/06/2018 22:10 WIB

Penting! Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Mudik Lebaran!

Bertemu sanak adalah hal yang dinantikan saat momen lebaran setiap tahun. Perjalanan mudik ke kampung halaman menjadi hal yang harus dipersiapkan dan dilalui demi terikat kuatnya ikatan silaturahmi
Penting! Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Mudik Lebaran!


Meski merupakan ‘ritual’ wajib tiap tahun, kira-kira hal apa saja ya yang perlu menjadi perhatian kamu, para pejuang ‘penuntas rindu’ keluarga di setiap mudik Lebaran? Kami akan mengulasnya di sini. 



Kata mudik sendiri merupakan istilah Bahasa Betawi. Mudik adalah antonim dari kata milir yang berarti pergi. Dahulu, Pedagang Betawi milir ke arah utara karena tempat berdagang mereka memang ada di wilayah utara, yakni Pelabuhan Sunda Kelapa. Ketika selesai berdagang, mereka akan kembali ke selatan. Aktivitas ini mereka sebut dengan mudik atau 'menuju udik'. 

Berbicara tentang mudik, ada beberapa informasi seputar mudik yang perlu kamu tahu agar pulang kampung kali ini terasa makin nyaman dan asik. Ini dia!

1. Kamu akan bertemu dengan pemudik yang jumlahnya lebih banyak

Menurut prediksi Kemenhub, pemudik terbesar akan menggunakan motor (8.5 juta orang) untuk berkendara, selanjutnya disusul dengan kendaraan lain seperti bus (8 juta orang) dan mobil pribadi (3.72 juta orang). Di luar itu, pemudik akan menggunakan transportasi lain seperti kereta api, pesawat, dan kapal laut. Jadi, jangan heran jika kamu akan menemui jumlah pemudik yang lebih padat di jalan raya. 

2. Puncak arus mudik dan arus balik

Arus mudik diprediksi terjadi H-7 sebelum Lebaran, sedangkan arus balik akan mencapai puncaknya pada H+7. Dari prediksi ini, kamu bisa memperkirakan kapan waktu paling tepat untuk kamu kembali ke kota domisili agar terhindar dari macet parah.

3. Pembatasan waktu operasi kendaraan berat

Untuk memperlancar lalu lintas di rute mudik, pemerintah juga memberlakukan batas waktu beroperasinya kendaraan angkutan barang atau truk. Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 34 Tahun 2018 tentang Pengaturan Lalu Lintas pada Masa Angkutan Lebaran Tahun 2018, truk dilarang melewati ruas jalan tol dan ruas jalan nasional. Dari informasi ini, kamu yang mudik pakai kendaraan pribadi bisa lebih tepat memilih hari kapan kamu akan balik dari mudik.

4. Transportasi gratis bagi pemudik dengan motor

Motor adalah transportasi yang paling banyak digunakan untuk mudik. Dilansir dari halaman detik.com, Kemenhub telah memiliki program khusus untuk melancarkan arus mudik bagi pengendara motor, yakni dengan menyiapkan angkutan massal gratis. 

Angkutan yang dimaksud adalah kapal laut. Pengendara motor yang melintas antar pulau bisa mengirimkan motor dan menjadi penumpang mudik gratis tanpa dipungut biaya. Selain kapal laut, Kemenhub juga menyediakan tiket gratis kereta api bagi motor. Sedangkan pengendaranya bisa memilih transportasi lain untuk mudik.

5. Gunakan teknologi untuk memilih jalur mudik yang tepat

Pada jaman serba canggih teknologi seperti saat ini, sudah bukan hal baru di mana kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk memantau kondisi jalan raya. Yang paling umum dipilih adalah dengan Google Maps. Selain aplikasi ini, kamu juga bisa memanfaatkan GoMudik atau NTMC TV. Aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan CCTV sehingga kamu bisa tahu bagaimana kondisi jalan yang kamu jadikan rute mudik secara realtime.

6. Siapkan peta offline

Tak lepas juga adanya kemungkinan sinyal hilang saat kamu sedang berada di daerah tertentu. Oleh karenanya, penting juga untukmu membawa peta offline agar tidak tersesat di jalan. Tip ini sangat penting khususnya bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi saat mudik dan belum terlalu mengenal daerah-daerah yang akan kamu lalui.

7. Cara hemat listrik di rumah

Sebelum berangkat mudik, sudah pasti keamanan rumah yang ditinggalkan menjadi salah satu prioritas, khususnya terkait listrik. Selama ditingal, biasanya lampu akan tetap dinyalakan oleh pemilik rumah. Untuk tetap hemat dan aman selama ditinggalkan, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan. 

- Pertama, bagi pengguna listrik prabayar, PLN menyarankan untuk mengecek kuota listrik terlebih dahulu sebelum ditinggalkan. Pastikan kuotanya aman sampai kamu kembali lagi ke rumah. 

- Kedua, cabut colokan listrik yang tidak perlu untuk menghindari korsleting. 

- Ketiga, kosongkan isi kulkas dan matikan dayanya. Hal ini bisa menjadi penghematan sekaligus menghindari makanan mubadzir karena terlalu lama ditinggalkan. 


Selamat mudik ya dan tetap berhati-hati di jalan! Manfaatkan momen spesial ini untuk bersilaturahmi dan mengisi energimu untuk kembali beraktivitas pasca lebaran nanti. [careernews.id]




Penulis : Rita Pamilia 

Editor : Puspa Aqirul Mala 

Grafis : Muhammad Setiawan 



Tags : mudik, tip mudik, lebaran, karier, sukses
Penting! Ini Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Mudik Lebaran! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png