Do You Know, Selasa, 21/06/2016 09:30 WIB

Ketahui Hak yang Bisa Kamu Dapat Saat Kena PHK

Habis di-PHK? Jangan panik, masih ada hak yang bisa kamu dapat!
Ketahui Hak yang Bisa Kamu Dapat Saat Kena PHK
Tidak bisa dipungkiri jika PHK secara tiba-tiba akan jadi hal yang mengejutkan buat karyawan. Pasalnya, tidak ada persiapan yang bisa dilakukan karyawan untuk membiayai pengeluaran di bulan-bulan berikutnya hingga mereka mendapat pekerjaan kembali.

Merujuk ke Pasal 156 Undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, ada beberapa hal yang masih bisa kamu dapatkan meski sudah tak lagi bekerja. Hal ini sejalan dengan penjelasan Syarifaniaty Miranda HR salah satu perusahaan swasta kenamaan di Indonesia. Adapun beberapa hak yang didapat, seperti sisa gaji yang belum dibayar di bulan berjalan, uang pesangon, surat keterangan kerja, uang penghargaan dan beberapa lainnya.

Semua hak di atas diberikan jika PHK dilakukan oleh perusahaan dan bukan karena kesalahan karyawan. Kondisi PHK dimana karyawan tidak sedang melakukan kejahatan, terlibat kasus, dan sejenisnya.

“Gambaran perhitungan hak-hak di sini apabila karyawan di-PHK dengan kondisi wajar dan terhormat, PHK atas kebijakan perusahaan, atau kemauan sendiri. Berbeda kasus PHK, berbeda pula perhitungan hak yang akan didapatkan karyawan,” terang Syarifaniaty. Lalu apa saja komponen hak karyawan yang masih bisa diterima saat terkena PHK?


Gaji yang Belum Dibayarkan

Saat PHK dilakukan di tengah atau di akhir bulan sebelum penerimaan gaji maka karyawan berhak mendapatkan sisa gaji yang belum dibayar dari perusahaan. Gaji adalah upah tetap yang dihitung dari besarnya upah pokok ditambah dengan tunjangan yang bersifat tetap, sama seperti saat masih berstatus karyawan.


Uang Pesangon (UP)

Uang pesangon merupakan penghasilan yang diterima karyawan sehubungan dengan berakhirnya masa kerja atau terjadi PHK termasuk Uang Penghargaan Masa Kerja (UPMK) dan Uang Penggantian Hak (antara lain cuti tahunan yang belum diambil). Syarifaniaty menjelaskan besaran uang pesangon dihitung berdasarkan pada lamanya masa kerja sejak hari pertama karyawan bekerja. Apabila karyawan bekerja kurang dari satu tahun maka hanya akan mendapat besaran uang pesangon satu bulan upah dan seterusnya. 


Uang Penghargaan Masa Kerja (UPMK)

Karyawan yang di-PHK juga berhak mendapatkan Uang Penghargaan Masa Kerja atau UPMK. UPMK adalah pemberian berupa uang dari pengusaha kepada karyawan sebagai penghargaan berdasarkan masa kerja akibat adanya PHK. Perhitungan UMPK hampir sama dengan perhitungannya UP. Perhitunganya untuk karyawan yang bekerja tiga tahun tapi kurang dari enam tahun lamanya maka akan mendapat UPMK sebesar dua bulan upah, begitu seterusnya untuk kelipatan tiga tahun masa kerja.


Uang Penggantian Hak

Selain berbagai kompensasi di atas, hak-hak lain yang masih bisa didapat oleh karyawan yang terkena PHK adalah Uang Penggantian Hak. Uang Penggantian Hak merupakan uang yang bisa diterima dari fasilitas perusahaan yang bersifat khusus. Beberapa hak yang bisa diuangkan adalah cuti tahunan yang belum gugur, biaya atau ongkos pulang untuk karyawan dan keluarganya. Selain itu, pengganti perumahan serta pengobatan dan perawatan ditetapkan sebesar 15 persen dari UP dan UPMK bagi yang memenuhi syarat.


Uang Pisah

Dilansir dari Hukum Online, khusus PHK dengan alasan pengunduran diri atas kemauan karyawan sendiri atau yang sering disebut resign. Karyawan berhak memperoleh Uang Penggantian Hak dan Uang Pisah ini. Namun, karyawan dengan kasus ini tidak berhak atas pemberian UPMK. Besaran Uang Pisah diatur dalam Perjanjian Kerja (PK), Peraturan Perusahaan (PP) atau juga Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Nah, di atas adalah beberapa hak yang masih kamu terima meski kamu bukan lagi berstatus karyawan perusahaan. Pastikan kamu mendapat hakmu sebelum kamu melepas status karyawanmu, ya!



Penulis      : Meylia Candrawati

Editor        : Yuana Anandatama

Foto           : Ryma Aulia

Tags : PHK, pemutusan hubungan kerja, karyawan, jobseeker, perusahaan,
Ketahui Hak yang Bisa Kamu Dapat Saat Kena PHK | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png