Do You Know, Kamis, 19/05/2016 10:02 WIB

Demo Pakai Cara Kreatif? Ada Lho!

Aksi protes pada kebijakan memang tak asing lagi di sekitar kita. Nah, kamu pernah dengar tentang aksi pergerakan sosial yang unik?
Demo Pakai Cara Kreatif? Ada Lho!

Cara menyikapi kebijakan yang diterapkan oleh petinggi memang beragam. Ada yang menurut tanpa protes, ada yang tidak peduli, dan ada pula yang mengkritisi.

Mendengar kata demonstrasi, mungkin yang muncul di benakmu adalah sekumpulan orang yang berbaris meneriakkan tuntutan. Namun, ada juga bentuk demonstrasi kreatif yang tidak menggunakan cara tersebut. Yuk, simak apa saja aksi protes yang dilakukan!


1. Demo duduk bersila

Jika kebanyakan aksi demo dilakukan sambil berdiri atau berjalan, lain halnya dengan 5.000 rakyat Korea Selatan. Dilansir dari situs The Christian Science Monitor, para demonstran menyuarakan protesnya sambil duduk bersila di pusat Kota Seoul pada bulan April 2007 silam. Aksi ini dilakukan untuk mengkritisi pemerintah atas perjanjian perdagangan bebas bilateral dengan Amerika Serikat.


2. Pekerja pabrik menggelar helm

Ada aksi unik yang lain dari karyawan pabrik di Italia. Dilansir dari situs True Activist, para pendemo menggelar helm kerja mereka di jalanan. Aksi ini adalah wujud protes karyawan yang kehilangan pekerjaan mereka.


3. Jadikan bank sebagai ruang tamu

Dikutip dari Alternet, sekelompok aktivis di Amerika Serikat memindahkan perabotan ruang tamu mereka ke Bank of Amerika dan menjadikan kantor cabang bank tersebut sebagai ruang tamu mereka. Aksi ini merupakan protes mewakili sejumlah masyarakat yang kehilangan rumah akibat penyitaan dianggap tidak wajar. Meski terkesan lucu namun aksi ini sebenarnya menyimpan pesan yang dalam.


4. Flash mob

Pergerakan sosial dengan menggunakan flash mob memang cukup kerap dilakukan. Flash mob adalah bentuk aksi dengan menari bersama secara kompak. Salah satunya terjadi di Brussel, pada 14  Februari tiga tahun silam. Flash mob ini adalah bentuk protes melawan kekerasan terhadap perempuan.


5. Protes si gadis India

Protes dengan petisi? Ah, sudah biasa. Namun, Shofia Ashraf punya cara menarik yang membuat orang ikut serta menandatangani petisinya. Dilansir dari Kapan Lagi, ia membuat video aransemen ulang lagu Nicki Minaj 'Anaconda' dan dibawakan seolah ia adalah rapper handal. Protes ini ditujukan untuk Unilever's Global Chief Executive Officer, Paul Polman. Shofia meminta pertanggungjawaban dari pihak perusahaan tersebut atas dampak pencemaran merkuri dari pabrik termometer yang terletak di Kodaikanal, India. Berkat video ini, kampanye dukungan melawan Unilever ini ditandangani oleh lebih dari 24 ribu orang.


6. Demonstrasi hologram

Tak jarang, aksi demonstrasi juga dilengkapi dengan ricuh antara aktivis dengan aparatur keamanan. Untuk menghindari hal ini, sekelompok masyarakat Spanyol yang tergabung dalam Hologramas por la Libertad memanfaatkan teknologi hologram. Seperti diberitakan melalui Brilio, para aktivis melakukan demonstrasi dengan menampilkan video orang berdemo di gedung parlemen setempat.


7. Bangun tenda

Aktivis membangun tenda-tenda di tempat yang terlihat oleh masyarakat dan pemerintah, dengan menuliskan protes mereka dan memajang di bagian luar tenda. Salah satunya terjadi di London, yang digelar di Gereja Katedral St. Paul, Finsbury Square, Hackney, dan Old Street Magistrates Court yang semuanya terletak di Kota London. Aksi ini adalah bentuk solidaritas dari Occupy Wall Street di New York, didukung oleh kelompok tax avoidance UK Uncut, dan kontingen dari gerakan Spanish 15M yang berbasis di London.

Berbagai macam cara dilakukan oleh demonstran agar mendapat perhatian dari masyarakat dan pemegang kekuasaan, tujuannya tentu agar tuntutan mereka dipenuhi. Pernahkah kamu dengar tentang metode demonstrasi yang unik selain di atas?



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Swevel

Tags : Do You Know, mahasiswa,
Demo Pakai Cara Kreatif? Ada Lho! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png