Web
Analytics
Do You Know, Kamis, 14/04/2016 11:24 WIB

Ada Pekerjaan Unik di BUMN Konstruksi Ini!

Jadi tukang las mungkin bukanlah sebuah cita-cita. Namun, bagaimana jika jadi tukang las di Badan Usaha Milik Negara (BUMN)?
Ada Pekerjaan Unik di BUMN Konstruksi Ini!
Lulusan dari jurusan Teknik Industri, Mesin, Listrik, Metalurgi, Fisika, Teknik Sipil, atau sejenisnya, tentu lumrah dengan istilah Fitter dan Welder. Kedua profesi ini akrab didengar dalam industri konstruksi. Penasaran?


Lalu, sebenarnya seberapa menarikkah kedua posisi dalam karir konstruksi tersebut?


Fitter dan Welder

Nama profesi ini mungkin masih asing di telinga masyarakat. Dalam dunia konstruksi, Fitter dan Welder adalah dua ragam profesi yang berbeda tapi tidak bisa dipisahkan. Kedua profesi ini umumnya didominasi oleh laki-laki karena bidang pekerjaannya akrab bersentuhan dengan beragam alat yang umumnya tidak cocok digunakan oleh kaum hawa.

Dalam membangun sebuah konstruksi, Fitter merupakan seseorang yang melakukan perakitan ataupun penyetelan yang berhubungan dengan bahan logam baik baja atau carbon steel, almunium atau stainless steel. Setelah dirakit dan disetel oleh Fitter, kumpulan bahan yang kelak menjadi sebuah bangunan atau konstruksi lainnya ini, akan disambung atau dilas oleh seorang Welder.


Pengalaman dan sertifikasi   

Untuk menjadi seorang Fitter atau Welder yang ahli, umumnya lebih membutuhkan pengalaman lapangan dibandingkan teori yang didapat dalam kelas. Hal ini membuat membangun karir sebagai seorang Fitter atau pun Welder bukanlah suatu hal yang gampang. Selain pengalaman yang bisa diperoleh melalui proses magang atau menjadi helper, ada perusahaan yang mensyaratkan sertifikasi bagi penekun profesi ini, seperti PT PAL. Perusahaan BUMN konstruksi yang bergerak di bidang perkapalan ini, mencantumkan sertifikasi dalam kualifikasi calon karyawan atas dua posisi tersebut.

Proses sertifikasi ini pun bukanlah hal murah. Umumnya peserta akan diberikan pelatihan selama berbulan-bulan dengan biaya yang mencapai jutaan rupiah. Salah satu contoh sertifikasi Welder Indonesia adalah diklat International Welding Engineer & International Welding Technologist yang diadakan oleh Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T).

Kendati memakan banyak waktu dan biaya untuk keperluan sertifikasi tapi hal ini menjadi sebanding. Mengingat banyaknya benefit yang bisa didapatkan dari bekerja di perusahaan yang mampu bersaing di kancah internasional seperti PT PAL ini.


Dibutuhkan banyak perusahaan perkapalan

Hal lainnya yang perlu kamu ketahui, susahnya meniti karir di bidang Fitter dan Welder menjadikan posisi ini sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan termasuk BUMN Indonesia. Contohnya apa yang terjadi pada PT PAL, dilansir oleh Viva, jumlah Welder yang dimiliki oleh total 250 perusahaan galangan kapal di Indonesia, baru tercatat 1.250 orang. Padahal idealnya, masing-masing galangan kapal memiliki 100 orang Welder.

Kebutuhan ini diperkuat dengan program pembangunan negara saat ini yang gencar dalam menghidupkan sektor maritim di Indonesia, serta kompetensi yang hadir dari terbukanya pasar bebas Asia Tenggara melalui MEA. Hal ini membuat pekerjaan terkait konstruksi kapal di Indonesia, meski susah dirintis punya keuntungan finansial yang cukup menggiurkan.

Nah, kamu anak Teknik, cukup tertantang tidak dengan fakta tersebut? Yuk, kamu juga bisa jajal profesi sebagai Fitter atau Welder!



Penulis      : Fahmi Rijalul

Editor        : Ratih Wilda dan Yuana Anandatama

Grafis        : Tongki Ari Wibowo

Tags : BUMN, karir BUMN, perusahaan BUMN, tip sukses BUMN, jobseeker, mahasiswa,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 28/08/2018 10:00 WIB Parodi Kerjaan di Agency (Baca: Ahensi) yang Bisa Kamu Ketahui
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
Ada Pekerjaan Unik di BUMN Konstruksi Ini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png