Do You Know, Selasa, 19/01/2016 09:52 WIB

Perjalanan Pulangmu Terasa Lebih Cepat dari Perjalanan Berangkatmu, Kenapa Ya?

Pernahkah kamu merasa perjalananmu pulang dari suatu tempat lebih cepat dari perjalananmu berangkat. Mengapa?

Perjalanan Pulangmu Terasa Lebih Cepat dari Perjalanan Berangkatmu, Kenapa Ya?
Fenomena dimana perjalanan pulang terasa lebih cepat dari perjalanan berangkat ini, dalam bahasa ilmiah dinamakan ‘Return Trip Effect’. Fenomena ini kerap dirasakan saat berkunjung ke tempat-tempat baru. Mau tahu alasannya kenapa?

Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2011 tentang fenomena Return Trip Effect ini. Penelitian tersebut, dipimpin oleh seorang psikolog sosial, Niels Van De Ven dari Tilburg University, Belanda yang tercatat dalam Psychonomic Bulletin & Review.

Seperti dikutip Careernews melalui situs Citylab.com, lewat penelitiannya Ven mencoba mengeksplorasi dua aspek yang menjadi dasar dari terjadinya Return Trip Effect ini di benak kita. Kedua aspek tersebut adalah perasaan familiar dan ekspektasi.

Terkait aspek pertama, perasaan familiar, hal ini dapat dianalogikan secara sederhana seperti pekerjaan rutin yang jika sudah sering kita lakukan, akan terasa lebih cepat saat mengerjakannya lagi. Hal ini juga berlaku saat pulang dari perjalanan, pengalaman yang kita rasakan saat pergi akan mempercepat perasaan kita saat pulang karena terasa lebih familiar.

Sedangkan aspek kedua adalah ekspektasi. Hal ini terjadi karena saat pergi umumnya kita memiliki targetan atau batasan waktu untuk sampai ke tempat tujuan. Misalnya, kita harus sampai ke kantor atau sekolah pada jam tertentu, yang menyebabkan perasaan terburu-buru sehingga perjalanan pergi terasa lebih lama. Dengan ekspektasi ini, perjalanan pulang yang umumnya terjadi tanpa beban batasan waktu, terasa lebih cepat karena ekspektasi saat pergi.

Setelah melakukan tiga kali penelitian dengan metode berbeda, Ven  menyimpulkan bahwa faktor ekspektasi lebih dominan dalam memengaruhi perasaan lebih singkat saat perjalanan pulang. Mereka berkesimpulan, fenomena return trip effect terjadi karena kesalahan ekspektasi, di mana orang-orang kerap berekspektasi bahwa perjalanan pergi memakan waktu yang lebih lama sehingga perjalanan pulang akan terasa lebih singkat.

Bagaimana sahabat Careernews, sudah mengerti bagaimana datangnya perasaan lebih cepat yang kerap kita rasakan saat perjalanan pulang? Jadi, jangan heran lagi saat perjalanan pulangmu terasa lebih singkat ya!



Penulis          : Fahmi Rijalul

Editor            : Yuana Anandatama

Grafis            : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : return trip effect, fakta unik,
Perjalanan Pulangmu Terasa Lebih Cepat dari Perjalanan Berangkatmu, Kenapa Ya? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png