Do You Know, Kamis, 14/01/2016 15:13 WIB

Namamu Pengaruhi Karirmu, Faktanya?

What’s in a name? Begitu kata William Shakespeare. Apalah arti sebuah nama? Namun, nyatanya nama punya pengaruh terhadap karir, lho!
Namamu Pengaruhi Karirmu, Faktanya?
Beberapa saat yang lalu, media sosial khususnya Facebook banyak menampilkan tautan aplikasi terkait arti nama seseorang terhadap suatu hal, seperti hubungan nama terhadap pekerjaan ideal. Meski tidak dapat diuji kebenarannya tapi sebenarnya sudah ada banyak penelitian yang mengambil kajian pengaruh nama terhadap pekerjaan atau karir seseorang.

Telah lama kita mengenal pepatah nama adalah sebuah doa. Sebuah nama bisa memengaruhi pilihan lingkungan tempat tinggal, profesi yang dijalani, hingga pasangan hidup. Isu ini digolongkan sebagai fenomena psikologis yang disebut emosi tersirat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nama memiliki pengaruh terhadap kehidupan, termasuk karir. Beberapa penelitian yang dimaksud antara lain:


1. Nama dan lingkungan

Tayangan PBS Digital Studio's BrainCraft yang bertajuk The Bizarre Ways Your Name Affect Your Behavior memaparkan hasil penelitian bahwa setiap orang memiliki kecenderungan untuk berhadapan dan berhubungan dengan segala sesuatu yang memiliki keterkaitan pada dirinya sendiri.

Penelitian yang juga dimuat dalam Journal of Personality and Social Psychology ini menguraikan bahwa orang-orang biasanya akan memilih sesuatu yang berkaitan dengan dirinya, tak terkecuali nama dari seseorang. Hal ini sering kali tidak disadari.

Penelitian dari State University of New York di Buffalo juga memberikan beberapa contoh kasus. Sebagaimana dilansir Huffingtonpost.com, seseorang biasanya akan lebih suka tinggal di lingkungan yang mengingatkannya akan nama pertama atau terakhirnya. Kemudian, orang-orang juga biasanya akan memilih karir atau pendidikan sesuai dengan huruf yang mengingatkan akan nama mereka.


2. Mudah diucapkan, mudah dipromosikan

Peneliti dari University of Melbourne dan Stern School New York University of Business menyebutkan, orang dengan nama yang mudah diucapkan akan lebih dianggap baik. Seperti dilansir health.detik.com, penelitian ini tidak mengacu pada panjang atau nama yang asing, melainkan kemudahan mengucapkan nama tersebut. 

Hasil penelitian menemukan bukti efek pengucapan nama. Orang dengan nama yang mudah diucapkan dipandang lebih positif oleh orang lain. Para peneliti melihat bagaimana nama dapat memengaruhi kesan pertama dan pengambilan keputusan. Lebih jauh, setelah mendapat kesan positif, seseorang akan cepat untuk dipromosikan.


3. Lebih pendek nama pertama, gaji lebih tinggi

Studi baru membandingkan ukuran panjang nama pertama dan gaji. Dirilis pada theladders.com, situs layanan online pekerjaan, penelitian tersebut menyebutkan bahwa seseorang dengan nama pendek cenderung memeroleh gaji yang lebih tinggi.

Untuk setiap huruf tambahan dalam nama, terdapat pengurangan gaji rata-rata sebesar $3.600. Perusahaan melihat nama-nama pertama hampir 6 juta orang di database-nya dan menemukan korelasi antara panjang nama dan kompensasi.


4. Nama unik dan jarang dipakai, harus berusaha keras

Situs The Ladders juga memaparkan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa nama-nama unik, atau lebih jarang, cenderung memiliki waktu lebih keras di pasar pekerjaan dan mendapatkan sedikit callback dari pemanggil kerja. Buku Freakonomics (2005), menunjukkan orang-orang dengan nama khas Afrika-Amerika lebih cenderung untuk tinggal dalam suatu lingkungan dengan kemiskinan yang lebih tinggi dan pendapatan lebih rendah.

Wow, setujukah kamu dengan beberapa hasil penelitian di atas? Atau kamu masih mau percaya kepada William Shakespeare bahwa nama tak akan berarti apa-apa dalam kehidupan? Ayo share pendapatmu di kolom komentar!



Penulis          : Vindiasari Yunizha S.P.

Editor            : Rifki Amelia dan Yuana Anandatama

Grafis            : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : nama, fakta unik,
Namamu Pengaruhi Karirmu, Faktanya? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png