Do You Know, Jumat, 18/12/2015 09:38 WIB

Kamu Banyak Duduk? Hati-hati Penyakit Menumpuk

Tahukah kamu bahwa duduk terlalu lama bisa jadi ‘bom waktu’ untuk kesehatan? Apa saja bahaya yang mengintaimu karena duduk terlalu lama?
Kamu Banyak Duduk? Hati-hati Penyakit Menumpuk
Bahaya duduk terlalu lama bukan merupakan hal baru bagi dunia kesehatan. Pun sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa duduk terlalu lama akan berdampak buruk bagi kesehatan. Ironinya, banyak orang yang tidak mengindahkan hal tersebut.

Dilansir dari laman liputan6.com, hasil penelitian Universitas Leicester, Inggris menyatakan bahwa duduk dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit berat, seperti penyakit jantung, diabetes, bahkan sampai kematian dini.

Nah, berikut sederet penyakit yang bisa timbul akibat kebiasaan duduk terlalu lama:


1. Obesitas

Penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), duduk yang lama merupakan penyebab obesitas nomor satu. Karenanya WHO merekomendasikan orang dewasa untuk setidaknya bergerak selama 150 menit seminggu atau 30 menit dalam lima hari.


2. Sakit pada bagian punggung dan gangguan tulang belakang

Duduk yang terlalu lama akan memaksa otot-otot punggung untuk bekerja. Terkadang jika kalian adalah pekerja didepan komputer atau laptop, pasti posisi tubuh akan cenderung untuk membungkuk. Hal tersebut sangat tidak sehat untuk kesehatan tulang punggung, lho.


3. Sakit Jantung

Efek dari duduk terlalu lama bukan hanya penyakit ringan melainkan juga salah satu penyebab penyakit berat seperti serangan jantung. Hal tersebut dibenarkan oleh para ahli seperti yang dilansir dari webMD, “kebiasaan duduk selama 23 Jam dalam seminggu dapat menyebabkan kejadian seperti kejadian kardiovaskular, seperti serangan jantung, penyakit jantung, dan kematian akibat kanker,” kata Andrea Lacroix, PhD direktur Women Health Center Of Excellence di Universitas California, San Diego.


4.  Stres

Kebanyakan duduk saat mengerjakan suatu pekerjaan tanpa melakukan peregangan otot akan mengakibatkan beban ke otak semakin berlebihan. Hal ini akan menjadi salah satu pemicu stres, lho.

Nah, untuk kalian pekerja kantoran yang dituntut untuk berlama-lama duduk di depan komputer, hati-hati dengan dampaknya, ya! Lakukan peregangan badan sejenak setelah berlama-lama duduk atau mulailah berolahraga secara rutin.



Penulis          : Betty Isnawati

Editor            : Yuana Anandatama

Grafis            : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : employee, karyawan bahagia, safety in workplace di dunia kerja,
Kamu Banyak Duduk? Hati-hati Penyakit Menumpuk | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png