Do You Know, Jumat, 04/12/2015 13:44 WIB

Mau Kerja Sambil Senang-senang? Kenali Dulu 7 Perusahaan Berbudaya Santai Ini!

Pernah melihat dan menemukan orang yang bekerja tanpa menggunakan jas dan berdasi? Sebagian besar perusahaan di Indonesia masih menggunakan jas dan berdasi untuk bekerja formal.
Mau Kerja Sambil Senang-senang? Kenali Dulu 7 Perusahaan Berbudaya Santai Ini!
Tahukah kamu, ada 7 perusahaan besar kelas dunia yang keluar dari norma-norma bisnis, seperti memakai celana jeans hingga menggunakan sandal jepit. Pun memakai t-shirt, hoodie, dan sepatu kets saat di kantor.

Semua itu bertujuan untuk menyediakan lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan bagi karyawan mereka. Dampaknya, karyawan dapat bekerja dengan maksimal dan menciptakan hasil terbaik.

Berikut 7 perusahaan besar dunia dengan kantor sangat santai, seperti dilansir businessinsurance.org.


1. Google: serius tanpa seragam

Google adalah salah satu perusahaan pertama yang mengadopsi budaya santai dengan menekankan kreativitas dan prestasi secara individual yang menambah keberhasilan tim secara keseluruhan. Salah satu dari 10 prinsip perusahaan adalah "Anda bisa serius tanpa mengenakan seragam".

Tidak hanya pakaian kasual, tampilan dan nuansa kantor pusat perusahaan di Mountain View, California ini juga santai serta menyenangkan. Karyawan Google dapat bermain ping-pong atau video game dan menikmati makanan ringan di ruang istirahat. Beberapa fasilitas kantor tambahan mencakup kursi pijat, peralatan gym, potong rambut, dan cuci mobil gratis.


2. Zappos: tekankan kenyamanan

Zappos banyak memberi penekanan pada budaya perusahaan dan bangga menjadi bisnis yang santai tetapi sukses. Meskipun diakuisisi oleh Amazon pada tahun 2009, Zappos telah berhasil berpegang pada nilai-nilai dan misi perusahaan yang masih sama sejak didirikan. Lingkungan kerja santai Zappos tercipta mengikuti industri pemasaran internet dan e-commerce yang menekankan kenyamanan alih-alih formalitas untuk membantu karyawan menghasilkan karya terbaik mereka.


3. Facebook: bersantai tanpa meninggalkan pekerjaan

Facebook juga mengadopsi budaya kantor Google, seperti santai dalam berpakaian. Namun mereka tetap bekerja keras. Di markas Facebook di Palo Alto, California, karyawan memiliki beberapa fasilitas unik yang sesuai dengan budaya perusahaan teknologi. Pekerja dapat bermain di luar ruangan di skate park, memainkan lagu di pemutar musik turntable, bahkan mengurus cucian tanpa meninggalkan pekerjaan.


4. Twitter: tahu bagaimana cara bersenang-senang

Twitter adalah layanan jaringan sosial online yang tahu bagaimana cara bersenang-senang. Kantor Twitter yang terletak di San Francisco, San Antonio, Boston, dan New York ini penuh dengan fasilitas mengagumkan untuk menjaga karyawan mereka tetap santai dan puas dalam bekerja. Karyawan Twitter bisa menikmati keanggotaan gym gratis, yoga dan kelas panjat tebing gratis, serta layanan dry cleaning.


5. Linkedin: ada kuliah dari pengusaha

LinkedIn adalah situs jejaring terbesar di dunia profesional yang berkantor pusat di Mountain View, California. Markas ini merupakan salah satu kantor yang paling santai di Amerika Serikat. Karyawan LinkedIn memiliki banyak manfaat dan fasilitas di kantor, seperti kelas yoga pada sore hari, kursi pijat, dan kuliah mingguan dari pengusaha.


6. AOL: ruang kerja inspiratif dan kolaboratif

AOL juga telah mengambil pendekatan kasual dalam budaya dan desain kantor. Perusahaan media dan layanan internet ini membenahi kantor mereka dan mengubahnya menjadi ruang kerja yang inspiratif dan kolaboratif. Untuk mewujudkan ide ini, AOL memindahkan kantor West Coast ke ruang baru di Palo Alto, California. Di sini, perusahaan merancang ruang kerja bersama dan terbuka, termasuk ruang permainan, dapur terbuka dan kantin, ruang istirahat, dan banyak lagi.


7. Apple: inovasi dan kebebasan berekspresi

Apple tidak asing dengan budaya perusahaan yang santai hingga banyak perusahaan lainnya mengadopsi budaya yang sama selama beberapa tahun terakhir. Sejak awal, Apple telah memupuk inovasi dan kebebasan berekspresi untuk mendorong hal-hal besar terjadi dalam tim.

Suasana kerja yang santai di Apple berawal ketika Steve Jobs dikabarkan berjalan di sekitar kantor tanpa alas kaki. Karyawan Apple juga memiliki banyak keuntungan, termasuk asuransi kesehatan serta mendapatkan fasilitas mengagumkan yaitu, mendapatkan hadiah produk Apple dan makanan di Caffe Mac.

Bagaimana kamu tertarik bekerja di perusahaan yang santai dan membuat nyaman karyawannya? Atau mungkin kamu akan mengadopsinya di perusahaanmu sekarang? Share pendapatmu, yuk!



Penulis          : Sandi Iswahyudi

Editor            : Rifki Amelia F. dan Yuana Anandatama

Grafis            : Ardiansyah Bahrul A.


Tags : Do You Know, jobseeker, mahasiswa, Perusahaan,
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 28/08/2018 10:00 WIB Parodi Kerjaan di Agency (Baca: Ahensi) yang Bisa Kamu Ketahui
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
Mau Kerja Sambil Senang-senang? Kenali Dulu 7 Perusahaan Berbudaya Santai Ini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png