Do You Know, Selasa, 24/11/2015 09:07 WIB

Kerja Sambil Keliling Dunia? Bisa!

Kamu harus baca ini kalau kamu pikir bekerja itu harus duduk delapan jam sehari di kantor.
Kerja Sambil Keliling Dunia? Bisa!
Dalam pandangan umum, pekerjaan sering dikonotasikan menjadi suatu hal yang menguras tenaga dan pikiran. Bahkan kadang pekerjaan bisa dianggap membosankan walaupun mendapat jabatan yang tinggi serta gaji yang melimpah.

Akan tetapi, apakah kamu tahu bahwa di dunia ini ada pekerjaan yang menyenangkan dan menguntungkan bagi si pekerja tetapi bukan karena berapa jumlah gaji yang didapat? Suatu pekerjaan yang bisa membuatmu berkeliling dunia tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun? Ini dia macam-macam pekerjaan yang akan menarik perhatianmu.


1. Tour guide

Bagi kamu yang suka jalan-jalan, pasti sudah tahu bagaimana seorang tour guide atau pemandu wisata beraksi. Bermodal pengetahuan mengenai objek wisata dan juga kecakapan dalam berkomunikasi dengan pengunjung, mereka akan menemani setiap pengunjung dengan informasi-informasi objek wisata yang dikunjungi.

Seorang pemandu wisata juga diharapkan dapat menguasai berbagai bahasa, contohnya bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris. Bagi kamu yang cakap dalam berbahasa, menyukai kebudayaan dan sejarah, kamu bisa bergabung dengan agen pariwisata kemudian menjadi tour guide dan bisa menikmati keindahan dunia.


2. Guru bahasa

Mungkin kamu tidak mengira bahwa seorang pengajar bahasa bisa bekerja sampai ke berbagai negara. Jangan salah, guru bahasa sangat dibutuhkan tidak hanya di Indonesia. Negara-negara asing juga membutuhkannya. Namun tidak hanya bahasa Inggris yang selalu diidam-idamkan, guru bahasa Indonesia pun sangat dibutuhkan bagi negara-negara yang memasukkan bahasa Indonesia sebagai salah satu pelajaran pilihan di dalam sistem pendidikan, contohnya Australia.


3. Fotografer

Saat ini bidang fotografi sangat diminati oleh banyak orang, khususnya anak muda. Sebagian hanya ikut-ikutan karena sedang tren atau sekadar hobi. Namun bagi kamu yang ingin menggiati fotografi ke arah yang lebih profesional, kamu bisa mendapat uang dan menjelajahi dunia untuk memotret tempat yang indah bahkan mengerikan yang ada di sekelilingmu.


4. Jurnalis

Berita yang kamu baca di koran atau majalah, baik itu sekadar gosip, berita politik, dan otomotif, semua itu adalah hasil kerja keras para jurnalis. Jurnalis tidak hanya meliput kejadian-kejadian yang menarik tetapi juga peristiwa mengerikan seperti konflik dan perang di Timur Tengah. Menjadi jurnalis berarti harus memunyai bekal pandai merangkai kata-kata. Jadi, bagi kamu yang hobi menulis, mungkin pekerjaan ini bisa menjadi salah satu pilihanmu.


5. Mystery shopper

Pernah mendengar pekerjaan ini? Mungkin masih asing di telingamu. Mystery shopper atau konsumen rahasia bertindak menjadi pembeli biasa, sambil memerhatikan pelayanan yang diberikan oleh pegawai perusahaan yang bersangkutan. Jadi pekerjaan ini layaknya seorang mata-mata yang berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain untuk mencatat segala kinerja perusahaan yang bersangkutan. Konsumen rahasia banyak dicari jasanya oleh perusahaan penerbangan, perhotelan, pariwisata, maupun perusahaan yang menjual produk tertentu.


6. Pramugari atau pramugara

Pekerjaan ini sudah pasti akan membawamu dalam perjalanan ke banyak tempat. Namun tidak semua penerbangan dapat membawa kita ke banyak negara. Ada juga penerbangan lokal yang berpindah dari satu povinsi ke provinsi lain. Agar bisa berkeliling dunia, kita harus mendaftar ke maskapai yang melayani penerbangan jarak jauh. Sebelum kamu melamar pekerjaan ini, kamu harus memunyai modal tinggi yang disyaratkan, kemampuan customer service yang baik, dapat berenang sampai kedalaman 25 meter, dan tentu saja lancar berbahasa Inggris.


7. Awak kapal pesiar

Mendengar kapal pesiar, pasti kamu membayangkan kapal yang besar, mewah, dan mahal.  Jadi tentu saja akan dibutuhkan berbagai tenaga kerja yang bisa melayani para penumpang, seperti  koki, perawat, musisi, instruktur fitness, dan terapis kecantikan. Customer service skill yang baik juga diharapkan dalam setiap pekerjaan agar para penumpang merasa nyaman di sekitarmu.

Tertarik dengan pekerjaan-pekerjaan di atas? Jika kamu masuk dalam kriteria yang disyaratkan, mungkin kamu bisa mencobanya. Selamat keliling dunia!



Penulis          : Anisa Rachmatika

Editor            : Rifki Amelia F.

Grafis            : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : Do You Know,
Kerja Sambil Keliling Dunia? Bisa! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png