Do You Know, Jumat, 20/11/2015 12:26 WIB

Social Entrepreneur Sang Pengubah Dunia

Tahukah kamu dengan istilah social entrepreneur? Apa hebatnya seorang social entrepreneur sehingga bisa mengubah dunia? Yuk, kita lihat hal-hal apa saja yang menginspirasi dari social entrepreneur ini!
Social Entrepreneur Sang Pengubah Dunia
Social entrepreneur adalah seseorang yang mengerti permasalahan sosial dan menggunakan kemampuan entrepreneurship untuk melakukan perubahan sosial (social change), terutama meliputi bidang kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan. Salah satu tokoh social entrepreneur  dunia yang banyak menginspirasi orang adalah Blake Mycoskie.

Blake Mycoskie adalah pendiri TOMS Shoes. Mycoskie mendirikan TOMS Shoes pada tahun 2006, setelah kunjungannya ke Argentina di mana dia melihat masalah sosial dan menemukan banyak anak kecil yang kakinya terluka akibat tidak memiliki sepatu.  Oleh sebab itu, ia mendirikan TOMS Shoes, bisnis yang mendonasikan sepasang sepatu setiap pembelian sepasang sepatu TOMS.

Dengan demikian, keterampilan dan kecerdasan bisnis yang  dia punya, digabungkan dengan misi sosial untuk melakukan perubahan, bisa mengubah kehidupan anak-anak itu. Sampai sekarang, telah didonasikan lebih dari sejuta pasang sepatu. Bukan hanya itu, mulai 2011 lalu, TOMS mendonasikan kacamata ataupun biaya operasi untuk setiap kacamata yang terjual.

Bukan hanya pendiri TOMS Shoes saja yang menginspirasi banyak orang. Tokoh social entrepreneur lainnya, salah satunya adalah Dr. Muhammad Yunus, pendiri Grameen Bank di Bangladesh yang mendapat hadiah Nobel Perdamaian tahun 2006. Yunus mengembangkan pemberdayaan masyarakat di segmen kurang mampu secara keuangan. Tidak hanya menghasilkan kesejahteraan sosial masyarakat tetapi ternyata usahanya juga mendatangkan keuntungan secara finansial. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya tenaga kerja yang terserap, termasuk ribuan pengemis dan tumbuhnya Usaha Kecil Menengah (UKM) yang terbentuk dari usaha peminjaman uang dengan bunga murah.

Dari contoh kedua tokoh hebat di atas, kita akan terinspirasi untuk mengubah dunia dengan cara:

1. Menemukan berbagai peluang untuk melakukan perbaikan

    Masalah sosial ada di setiap titik kehidupan masyarakat. Dengan demikian, orang yang ingin mengubah dunia harus menemukan solusi yang tepat guna melakukan perbaikan. Temukan berbagai peluang yang ada di sekitar kita.

2. Selalu melibatkan diri dalam proses inovasi dan pembelajaran yang terus-menerus

    Seseorang yang ingin mengubah dunia harus memunyai inovasi. Selain itu, pengubah dunia tidak akan lelah untuk menjalani proses belajar yang berjalan terus-menerus selama hidupnya.

3. Bisa bertindak tanpa menghiraukan berbagai hambatan atau keterbatasan yang dihadapinya

    Perbedaan seorang social entrepreneur dengan orang biasa adalah social entrepreneur akan menemukan sesuatu yang bisa memecah keterbatasan menjadi sebuah kelebihan tetapi orang biasa hanya akan selalu memikirkan hambatan dan keterbatasan yang dimilikinya.

4. Berani bertanggung jawab kepada masyarakat

    Karena bersinggungan dengan masalah sosial yang dihadapi, mereka harus memiliki akuntabilitas dalam mempertanggungjawabkan hasil yang dicapainya kepada masyarakat.

Tokoh social entrepreneur yang bisa menginspirasi kamu bukan hanya Blake Mycoskie dan Dr. Muhammad Yunus. Masih banyak social entrepreneur di dunia ini yang sama hebatnya dengan mereka sekaligus menginspirasi orang di sekitarnya. Jadi, apakah kamu siap mengubah dunia ini menjadi lebih baik lagi?



Penulis          : Betty Isnawati

Editor            : Rifki Amelia F.

Grafis            : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : Do You Know,
Social Entrepreneur Sang Pengubah Dunia | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png