Do You Know, Selasa, 29/09/2015 10:19 WIB

Perusahaan Penghasil Data Berikut Ini Mungkin Bisa Jadi Pijakan Karirmu

Suka berkutat dengan data dan senang dengan kegiatan riset? Perusahaan-perusahaan di bawah mungkin bisa jadi pilihan untuk karirmu selanjutnya. 
Perusahaan Penghasil Data Berikut Ini Mungkin Bisa Jadi Pijakan Karirmu
Umumnya orang-orang lebih familiar dengan perusahaan yang memproduksi barang untuk dijual kepada konsumennya. Ini karena barang dapat kita lihat fisiknya, dapat disentuh, serta manfaatnya lebih diterima dan digunakan oleh banyak orang dari semua kalangan. 

Akan tetapi, ada juga perusahaan yang memfokuskan bisnisnya pada data dan riset untuk berbagai keperluan, termasuk politik dan pasar. Walaupun perusahaan seperti ini hanya menyajikan produk berupa visual yang hanya dapat kamu baca, perusahaan ini memiliki manfaat sebagai pertimbangan dan penerapan dalam tindakan yang akan dilakukan. 

Berikut ini beberapa contoh perusahaan yang bergerak sebagai penghasil data. Check this out!


Marketing Research Indonesia (MRI), Indonesia

Perusahaan data dengan nama resmi PT Marsindo Konsult Prima ini adalah perusahaan riset pemasaran nasional yang menawarkan layanan khusus untuk penelitian bidang pemasaran dan studi sindikasi serta laporan. MRI mulai beroperasi pada 12 Juni 1996 dan berdomisili di Jakarta. Perusahaan ini membantu klien dalam bidang pemasaran seperti mengidentifikasi target pasar dan bagaimana untuk secara optimal memosisikan produk dan layanan, menilai potensi produk baru dan membantu mengembangkan strategi dalam pasar global, serta memberikan pemahaman tentang harapan pelanggan, kepuasan, dan loyalitas. 


The Nielsen Company, Amerika Serikat

Perusahaan yang berasal dari New York, Amerika Serikat ini bergerak di bidang informasi global serta media, berfokus pada penelitian dan riset dalam memberikan informasi pemasaran, konsumen, televisi, ilmu komunikasi, bisnis publikasi, trade show, dan riset terhadap dunia online. Dengan semakin berkembangnya Nielsen, Arthur C. Nielsen sang pencetus, membagi perusahaan ini menjadi tiga bagian, yaitu Nielsen Consumer Research (NCR), Nielsen Media Research (NMR), dan Nielsen Retail Measurement Service (NRMS). Hal ini dimaksudkan agar masing-masing bagian lebih fokus terhadap kinerjanya dan klien dapat dengan mudah mengetahui problematika yang dialami. Nielsen sudah merambah di berbagai negara seperti Inggris, Jepang, Indonesia, dan Australia.


Universum Global, Swedia

Tidak hanya para calon karyawan yang perlu melakukan pelatihan agar dapat memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh perusahaan. Namun sebuah perusahaan juga perlu menerapkan employer branding agar perusahaannya dapat maju dan berkinerja apik. Employer branding adalah strategi menarik calon karyawan yang memiliki talenta bagus atau sesuai dengan kriteria untuk berminat bekerja di suatu perusahaan tanpa perusahaan tersebut harus banyak melakukan promosi. 

Universum Global yang sudah tersebar di 46 negara termasuk Indonesia adalah perusahaan yang memberikan informasi mengenai bagaimana cara menerapkan employer branding ini kepada setiap kliennya. Dalam perusahaan ini, terdapat jasa konsultasi, riset, dan bahkan mengadakan seminar bernama Employer Branding Academy di banyak kota di berbagai negara seperti London, Singapura, dan Shanghai.


Polling Center, Indonesia

Perusahaan yang berbasis di Jakarta ini melayani pemasaran penuh dan riset perusahaan sosial. Selain keahlian dalam riset pemasaran, Polling Center juga dirintis di bidang penelitian sosial-politik dan analisis di Indonesia, serta menampung permintaan untuk pemasaran, sosial, dan informasi politik di era baru reformasi Indonesia saat ini. Mereka mengklaim dapat memberikan hasil berkualitas tinggi dengan kecepatan, akurasi, dan kedalaman analisis. Polling Center memiliki cakupan bidang nasional meliputi 34 provinsi di seluruh Indonesia, yang meliputi perkotaan dan pedesaan, dengan pengalaman yang luas dalam menangani klien utama dalam skala nasional sejak 1998.


MarkPlus.Inc, Indonesia

Dibangun pada 1990 oleh Hermawan Kartajaya, MarkPlus memberikan layanan konsultasi, riset pemasaran, pendidikan, dan komunitas media. Sejak berdirinya, perusahaan ini sudah berkembang menjadi perusahaan jasa profesional terkemuka seperti menjadi penasihat yang kompeten dalam strategi dan pemasaran bagi banyak bisnis dan institusi di kawasan Asia Tenggara. 

MarkPlus terbagi dalam empat divisi yang masing-masing menjalankan tugasnya sendiri. Pertama, Inc Consulting, di mana terdapat percampuran para kreatif muda dan pemimpin ahli yang berpengalaman menggabungkan kekuatan untuk memecahkan masalah secara bijak. Selanjutnya, Inc Insight berfokus pada pemasaran dan penelitian sosial untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya dan relevan. Kemudian, Inc Institute memberikan solusi pengembangan kelas dunia melalui publik serta program in-house. Terakhir, Marketeers yang menghubungkan platform untuk para pencinta bidang pemasaran di Indonesia maupun di luar negeri.


Tahu perusahaan penghasil data, riset, atau survei lainnya? Sharing yuk di kolom komentar! [CN]



Penulis    : Anisa Rachmatika

Editor      : Rifki Amelia F.

Grafis      : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : data, company profile, profil perusahaan
Perusahaan Penghasil Data Berikut Ini Mungkin Bisa Jadi Pijakan Karirmu | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png