Do You Know, Selasa, 30/06/2015 13:43 WIB

Ampuhnya Traveling untuk Kesuksesan Kuliah, Karir, dan Usaha

Tahukah kamu? Ternyata melakukan perjalanan akan mengantarkanmu menuju kesuksesan kuliah, karir, maupun usaha, lho!
Ampuhnya Traveling untuk Kesuksesan Kuliah, Karir, dan Usaha
Kegiatan traveling kini sudah menjadi gaya hidup. Ada yang beramai-ramai, ada juga yang sendirian atau biasa disebut solo traveler. Maskapai penerbangan dan layanan  transportasi lainnya berlomba-lomba menarik minat para traveler

Traveling pun bukan hanya soal gaya hidup, foto selfie di tempat wisata kemudian menunjukkannya di media sosial, atau sekadar tempat mencari ketenangan semata. Lebih dari itu, traveling menjadikanmu lebih mengerti akan diri dan hidupmu. 

Mungkin hingga saat ini, masih ada di antara kita yang belum menemukan esensi dari traveling. Berikut, Careernews ulas, beberapa kutipan menarik dari aktivitas traveling, yang nantinya akan membuatmu semakin sukses menjalani hidup, dikutip dari buku "Travel Young" karya Alanda Kariza terbitan Gagas Media.


1. Traveling membuatmu lebih berani memanajemen diri

Banyak cara untuk membuat dirimu berani. Salah satunya dengan traveling. Kamu akan berani mencari jalan keluar setiap menemui masalah di lapangan. Kamu tidak akan pernah takut melakukan hal yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan, termasuk melakukan komunikasi kepada kedua orang tua untuk mengizinkanmu travelingKita memang harus mempunyai keberanian untuk merealisasikan impian-impian kita, termasuk ketika orang lain kurang setuju. Namun, dalam melakukannya, penting bagi kita untuk dapat melihat permasalahan yang sama dari sudut pandang berbeda.

Apalagi, bagi kamu yang masih muda, kamu harus berani. Minimal berani memanajemen diri untuk melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi orang banyak. Inilah hal pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa tumbuh dewasa dan meraih impian-impian yang lebih besar lagi, yakni mengumpulkan keberanian. Perjalanan adalah jalan untuk dewasa. Satu-satunya hal yang menghalangimu untuk berkembang dan menjadi lebih maju adalah ketidakpercayaan terhadap dirimu sendiri.


2. Traveling membantumu melawan ketakutan

Kita harus mematahkan ketakutan demi mencapai impian-impian yang lebih besar. Sebenarnya ketakutan terbesar yang membuatmu tidak berkembang adalah ketakutan dalam dirimu sendiri. Misalnya seoarang mahasiswa yang takut terjun ke dalam aktivitas organisasi atau kerja sebab takut mengganggu kuliah. Atau, seorang pekerja yang takut mengembangkan keterampilan diri sebab berpikir ia sudah mendapatkan pekerjaan tetap di suatu perusahaan. Padahal, di era sekarang, semuanya berjalan dinamis. Bisa jadi kita sekarang bekerja dengan enak, esoknya kita kena pemutusan hubungan kerja. Oleh karena, itu jangan pernah takut untuk mengembangkan dan meningkatkan kapasitas diri. Lawan ketakutan dalam dirimu!


3. Berani menyampaikan kepada orang lain 

Setelah kamu berani melawan dirimu sendiri untuk menjadi lebih baik lagi, langkah kedua, kamu harus berani menyampaikan hal-hal yang hendak kamu raih, kamu lakukan, cita-citakan, maupun sekadar percayai. Sebab, seperti ditulis Alanda, jika kamu tidak menyampaikan dengan lantang, orang lain tidak akan mendengarnya dan tidak bisa membantu kamu mencapai apa yang kamu cita-citakan. Poin ketiga ini penting, baik kamu yang sekarang berstatus mahasiswa, pekerja, atau pengusaha. Kamu akan mendapatkan masukan, kolaborasi, dukungan, hingga doa dari orang lain.


4. Traveling membuatmu berani menghadapi risiko

Risiko? Hadapi saja. Toh, setiap keputusan punya risikonya masing-masing. Kalau sebelum mengambil keputusan tersebut saya sudah berpikir macam-macam tentang kemungkinan-kemungkinan terburuk, mungkin saya tidak akan pernah mengubah nasib saya sampai kapan pun (hal. 66). Apakah hingga saat ini kamu selalu menemui risiko? Ya, setiap kita melakukan sesuatu, pasti menemui risiko. Ya, itulah hidup. Jadi, jangan takut untuk menghadapinya! Apalagi, semakin tinggi derajatmu, risiko itu juga semakin tinggi.


5. Setelah berani hadapi risiko, segera ambil keputusan terbaikmu

Poin kedua, kita harus berani mengambil keputusan. Ketika kita beranjak dewasa, akan ada banyak pilihan di dalam hidup yang harus kita buat. Baik mengenai karir, cinta, maupun hal-hal lain yang juga akan mengubah hidup kita selamanya. Sering kali kita tidak bisa mengukur manfaat dan akibat yang mungkin kita peroleh ketika kita merencanakan sesuatu. Namun keputusan tetap harus kita ambil dan jalani (hal. 67).


6. Tertawakan dirimu sendiri!

Pasti ketika kamu menjadi mahasiswa, pekerja, atau pengusaha, banyak sekali kejadian yang membuatmu harus berani menertawakan diri sendiri. Entah saat itu kamu akan ikut tertawa atau sebaliknya. Kamu merasa terhina dan marah akan kejadian itu. ‚ÄúPentingnya ikut tertawa ketika orang menertawakan suatu hal yang kita sampaikan atau lakukan. Jika kita tidak ikut tertawa, mungkin saja, kita akan merasa malu dan tersinggung, dan akhirnya justru merusak suasana. Sebaliknya dengan ikut tertawa justru membuat perasaan kita menjadi baik-baik saja. Berani ikut menertawakan diri sendiri juga merupakan salah satu kualitas untuk menjadi dewasa (hal 88). 


7. Segera lakukan traveling, kamu akan lebih bersyukur dengan keadaan kamu sekarang

Mungkin hingga hari ini, masih ada di antara kamu yang belum bersyukur atas keadaanmu. Baik itu yang kamu menjadi mahasiswa, pengusaha, atau pekerja. Bersyukurlah, kemudian lakukan hal yang positif. Sebab masih banyak saudara-saudara kita di luar sana, yang kehidupannya di bawah kita. Maka, lakukanlah traveling, kamu jadi bisa melihat sesuatu dari beberapa sudut pandang, menghargai dan bersyukur atas perbedaan (hal. 115). 


8. Belajarlah untuk meminta, memberi, dan menerima

Kamu adalah makhluk sosial dan bumi ini bulat. Artinya, ada saatnya kamu meminta bantuan orang lain. Ada saatnya kamu memberi pertolongan kepada mereka. Ada saatnya juga, kamu menerima bantuan dari mereka. Maka, belajarlah untuk meminta, memberi, dan menerima bantuan dari orang lain. Sebab ada banyak orang di sekeliling kita yang tanpa segan-segan mau membantu kita mewujudkan mimpi dan keinginan, sekalipun mereka tidak mengenal kita (hal 139).


Banyak banget kan manfaat traveling bagi kesuksesanmu? Yuk, segera traveling dan ambil hikmah di tiap perjalanannya! [CN]



Penulis    : Sandi Iswahyudi

Editor      : Rifki Amelia F.

Grafis      : Hero Oka

Tags : resensi, buku, travel young, traveling, manajemen diri, manajemen risiko, review buku
Ampuhnya Traveling untuk Kesuksesan Kuliah, Karir, dan Usaha | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png