Do You Know, Rabu, 27/05/2015 09:31 WIB

Kerja di Jakarta Ternyata Enggak Bikin Tidur Nyenyak?

Apakah pekerjaanmu saat ini sudah membuatmu nyaman? Lalu, apakah pekerjaanmu bisa membuatmu menikmati hidup atau justru sebaliknya?
Kerja di Jakarta Ternyata Enggak Bikin Tidur Nyenyak?
Bagi sebagian pencari kerja, Jakarta menjadi magnet tersendiri dengan keberadaan perusahaan-perusahaan ternama dengan tawaran gaji dan jenjang karir yang cerah. Benarkah senikmat itu bekerja dan tinggal di ibukota?

Seperti dilansir nationalgeographic.co.id, hasil survei Jobstreet.com yang dilakukan pada September 2014, menemukan bahwa 62 persen karyawan di Jakarta sulit tidur nyenyak karena masih memikirkan pekerjaan. Sebanyak 38 persen karyawan lainnya masih memikirkan pekerjaan kantor mereka saat perjalanan pulang kerja, ditambah dengan kondisi setiap hari harus menghadapi kemacetan Jakarta yang sudah menguras tenaga dan waktu. 

Tidak heran, mereka sangat lelah ketika pulang sampai rumah dan mudah terserang stres. Kemudian, sebanyak 20 persen lainnya masih memikirkan pekerjaan pada akhir pekan. Bahkan 31 persen responden menyatakan mereka masih bekerja pada akhir pekan atau saat libur dan cuti. Survei dengan 14.387 responden tersebut juga mengungkapkan bahwa karyawan di Jakarta masih saja memikirkan pekerjaan, minimal deadline pekerjaan, ketika mereka sedang terbaring sakit.

Miris bukan? Padahal tidur yang nyenyak membuatmu memiliki tubuh yang sehat dan karir yang meningkat. Okezone.com menyebutkan, empat manfaat bisa kamu dapatkan dengan memiliki waktu tidur yang berkualitas di malam hari. Pertama, kamu bisa membangun konsentrasi lebih di saat menjalani hari baru. Mereka yang memiliki tidur efektif selama 7-8 jam akan terlihat bugar meskipun pekerjaan menumpuk di hari itu. 

Kedua, tidur juga meningkatkan imunitas tubuh. Kurang tidur membuat seseorang mudah lelah dan rentan sakit. Ketiga, tidur yang cukup membuatmu berpikir lebih cepat empat kali lipat dari biasanya. Terakhir, cukup tidur akan menjadikanmu tetap bugar.


Biar tidak stres bekerja, harus apa?

Pekerjaan terkadang memang terasa berat dan sering kali memakan waktu luang bahkan waktu istirahat. Namun, kita semua tetap perlu bekerja bukan? Selain untuk memeroleh penghasilan, bekerja juga membuat hidup kita lebih bermakna serta membantu mengembangkan pribadi menjadi lebih baik. Apa yang harus kita lakukan dalam bekerja supaya terhindar dari stres?


1. Bekerjalah sesuai passion

Bekerja sesuai passion akan membuatmu bahagia, nyaman, dan menikmati pekerjaan. Kamu bukan hanya bekerja untuk mendapatkan uang melainkan juga mengisi jiwamu. Bila kamu mengerjakan sesuatu berjam-jam tetapi tidak merasa lelah dan terasa cepat, tahu-tahu sudah malam, bisa jadi itulah passion-mu. Passion adalah lentera hati dan panggilan jiwa. Dengan bekerja sesuai passion, bisa dipastikan kamu akan tidur dengan nyenyak dan selalu merindukan hari berikutnya. 


2. Bekerjalah dengan bahagia

Di artikel sebelumnya, Careernews telah membahas lima fakta kenapa kerja itu harus bahagia, dengan judul "Sudah Bahagiakah Kamu? Fakta Ini Akan Menyadarkanmu, Kerja Itu Harus Bahagia". Tiga di antaranya, kamu yang stres atau berpikiran negatif akan cepat terserang penyakit. Sedangkan mereka yang bahagia atau berpikiran positif memiliki resistensi kuat terhadap penyakit. Kedua, bahagia adalah cara sederhana untuk membuatmu awet muda. Kamu bisa hidup sehat hanya dengan bahagia. Ketiga, bahagia juga akan membuat karirmu lebih sukses.

Kalau hidup hanya sekadar hidup, kera di rimba juga hidup. Kalau kerja hanya sekadar kerja, kerbau di sawah juga kerja. - Buya Hamka


3. Seimbangkan kehidupan karirmu 

Hidup itu bukan untuk bekerja dan makan saja. Seperti kata sastrawan Buya Hamka, “Kalau hidup hanya sekadar hidup, kera di rimba juga hidup. Kalau kerja hanya sekadar kerja, kerbau di sawah juga kerja.” Apalagi bagi kamu yang sekarang sudah bekerja, sepertiga harimu dihabiskan untuk bekerja. Karena itulah, seimbangkan hidupmu antara kehidupan pribadi dan sosial. 

Ikutilah komunitas-komunitas sosial sesuai minatmu, berkaryalah, dan lakukan aktivitas sesuai keinginanmu. Lakukan secara konsisten untuk berbagi kepada orang lain dan lingkungan. Hal itu akan membuatmu mendapatkan ketenangan, kedamaian, serta tujuan lebih mulia daripada sekadar kerja. Kamu pun akan mendapatkan hal yang luar biasa dalam hidup. Kamu akan terus menunggu saat berbagi kebaikan di hari berikutnya. Terpenting, tiap malam kamu akan tidur lebih nyenyak. Sebab kamu telah memberikan asupan mental, bukan hanya fisik. 


Pekerjaan itu kewajiban, apalagi berbagi dan bermanfaat untuk orang lain serta lingkungan. Seimbangkan hal ini, maka kamu akan tidur dengan nyenyak. Kalau sudah begitu, mau kerja di Jakarta ataupun tempat mana pun di dunia, kamu akan bisa menjalaninya dengan baik. Bagaimana menurutmu? Yuk, berikan pendapatmu di kolom komentar di bawah. [CN]



Penulis    : Sandi Iswahyudi

Editor      : Rifki Amelia F.

Grafis      : Hero Oka

Tags : tidur, kesehatan, passion, jakarta
Kerja di Jakarta Ternyata Enggak Bikin Tidur Nyenyak? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png