Do You Know, Rabu, 29/04/2015 05:21 WIB

Perusahaan Teknologi Dunia Berikut Punya Kantin Keren yang Bikin Karyawan Betah

Kamu tentu setuju makanan yang enak bisa meningkatkan produktivitas. Kafe dan kantin perusahaan berikut tahu cara membuat karyawan betah dan nyaman untuk terus produktif.
Perusahaan Teknologi Dunia Berikut Punya Kantin Keren yang Bikin Karyawan Betah
Perkembangan suatu perusahaan sangat bergantung pada karyawan. Semakin tinggi kualitas karyawan, perusahaan akan berkembang semakin pesat. Salah satu kuncinya adalah membuat karyawan betah dan nyaman di tempat kerja.

Rasa nyaman dan betah akan membuat karyawan berkembang, baik dari segi produktivitas hingga kapasitas diri. Seperti di Google, mereka merancang kantor dan kafe untuk mendorong interaksi antarkaryawan, baik di dalam tim maupun antartim. Suasana kantor dan kafe yang unik juga menghidupkan percakapan tentang pekerjaan serta untuk bermain. 

Lebih lanjut, Google berusaha mempertahankan budaya terbuka yang sering kali identik dengan budaya perusahaan startup, di mana setiap orang merupakan kontributor aktif dan merasa nyaman untuk berbagi ide serta opini. 

Kembali ke bahasan soal kafe dan kantin, situs businessinsider.co.id menyatakan ada 10 kantin dan kafe yang disukai karyawan perusahaan teknologi dunia dengan makanan terbaik dan kepuasan pelanggan paling tinggi. Coba tengok, apa saja yang mereka sajikan?


1. Facebook: Philz Coffee

Sajian kopi dari Philz Coffee sangat populer di dunia teknologi, hingga disebut minuman resmi Silicon Valley, pusat berkumpulnya perusahaan teknologi terkemuka dunia. Philz Coffee sendiri disebut sebagai salah satu coffee shop terbaik di Amerika Serikat yang memiliki beberapa cabang di California. Salah satu cabang Philz Coffee yang ada di kantor Facebook kabarnya dibangun atas permintaan Mark Zuckerberg sendiri sebagai CEO Facebook. Salah seorang karyawan Facebook, Geoff Reinhardt, menyatakan kafe ini paling pas untuk memulai hari.


2. Apple: Caffe Macs

Caffe Macs adalah kantin utama di kantor pusat Apple Infinite Loop. Ada pizza yang pas untuk sarapan, burger ramen, dan berbagai macam masakan kreatif lainnya yang dapat dicoba setiap hari. Kalau beruntung, pengunjung kadang bisa menjumpai langsung desainer senior Apple, Jonathan Ive, bahkan CEO Apple, Tim Cook, tengah menikmati menu di kafe ini.


3. Facebook: Harvest

Harvest adalah salah satu kafe di Facebook yang menjual salad serta terkenal akan bahan-bahan masakannya yang sehat. Antrean panjang juga sering terlihat di Harvest. Menurut karyawan Facebook, Michael Sharon, salah satu hidangan paling enak adalah jalapeno panggang dan sup tomat. Jalapeno sendiri adalah jenis cabai berukuran sedang yang berasal dari Meksiko.


4. Google: Slice Cafe

Di kantor Google, karyawan juga punya pilihan untuk makan hidangan cepat saji sekaligus sehat di Slice Cafe. Kafe ini juga terkenal karena minuman smoothies-nya yang enak. Salah satu minuman terfavorit adalah Googley Blueberry, 


5. Google: Cafe Baadal

Salah satu kafe terbaru Google adalah Cafe Baadal, dengan menu masakan India berkonsep gourmet, Kafe ini dilengkapi kursi-kursi mewah dan pelayan yang bersiaga penuh. Karyawan Google biasanya dianjurkan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Salah satu pengunjung menyampaikan komentar di Foursquare bahwasanya kafe ini menyajikan makanan yang enak, ditambah lagi dengan film Bollywood yang diputar di layar kafe.


6. Microsoft: Redwest F

Kantin yang berlokasi di kantor pusat Microsoft di Redmond ini menyajikan berbagai makanan, mulai dari ikan salmon, sushi, hingga phil cheesesteak, salah satu makanan cepat saji populer dari Philadelphia, Amerika Serikat. Kantin ini juga menyediakan menu sarapan dengan harga terjangkau dan rasa yang lezat.


7. Facebook: Epic Cafe

Di antara 11 kafetaria yang ada di kantor Facebook, Epic Cafe adalah yang terbesar. Kafe ini menyajikan pastry dan minuman espresso yang lezat. Epic Cafe juga menawarkan suasana yang hangat dengan desain interior dari perancang hotel-hotel mewah.


8. Apple: Caffe Macs – Results Way

Satu lagi Caffe Macs di lingkungan kantor Apple, di area Results Way. Caffe Macs di sini menyediakan menu sarapan, pasta, dan beragam sandwich. Rahul Sarathy, salah satu pengguna Foursquare, menyebut kafe ini menyediakan menu dengan bahan berkualitas dan harga yang terjangkau. Di sini kamu juga bisa makan apel gratis.


9. Linkedin: InCafe

Tak kalah dengan Apple, Facebook, dan Google, karyawan LinkedIn juga punya kafetaria favorit, yakni InCafe. Beragam menu untuk sarapan dan makan siang tersedia di sini. Salah satu engineer LinkedIn, Jon Bringhurst, menyatakan bahwa semua makanan di InCafe dimasak dengan sempurna.Selain itu, karyawan juga bisa bermain jukebox di kafetaria ini dengan menggunakan aplikasi yang mereka sebut Rockbot. 


10. Google: Tetsuwan Atom Cafe

Asyik sekali, di kafe ini, karyawan Google bisa makan ramen dan sushi gratis. Salah satu hidangan favorit adalah miso ramen yang disajikan dengan jamur, jalapeno, kimchi, dan rumput laut. Dahulu, Tetsuwan Atom Cafe adalah ‘kafe rahasia’ untuk karyawan yang bekerja di divisi Android. Namun kini kafe ini terbuka untuk seluruh karyawan Google.


Bagaimana dengan kafetaria di tempat kerjamu? Kalau kantormu punya tempat makan yang tak kalah asyik, ayo bagikan ceritamu! Selamat makan, yummy! [CN]



Penulis    : Sandi Iswahyudi

Editor      : Rifki Amelia F.

Grafis      : Hero Oka

Tags : teknologi informasi, produktivitas, fasilitas perusahaan
Perusahaan Teknologi Dunia Berikut Punya Kantin Keren yang Bikin Karyawan Betah | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png