Do You Know, Selasa, 21/04/2015 23:40 WIB

Sudah Bahagiakah Kamu? Fakta Ini Akan Menyadarkanmu, Kerja Itu Harus Bahagia

Sepertiga hidup kita ada di tempat kerja. Yuk, jadikan ia tempat kedua yang menyenangkan, bermanfaat, dan membahagiakan setelah rumah.
Sudah Bahagiakah Kamu? Fakta Ini Akan Menyadarkanmu, Kerja Itu Harus Bahagia
Pada umumnya, orang bekerja di kantor selama delapan jam. Jika kamu bekerja di kota-kota besar seperti Jakarta, bisa jadi lebih dari delapan jam habis di kantor. Itupun jika tidak ada tugas yang menghendakimu pulang lebih akhir. Waktu selama itu, jika tidak kamu nikmati sebaik mungkin, akan sia-sia bukan? 

Sebaliknya, kamu akan tersiksa dengan pekerjaan dan akhirnya berdampak negatif bagi keluarga dan lingkungan sekitarmu. Berikut Careernews bagikan lima fakta menarik kenapa kamu harus suka, menikmati, dan bahagia menjalani pekerjaanmu sekarang. Memangnya kenapa sih harus selalu bahagia dalam bekerja?


Kenapa kamu harus stres, jika bahagia adalah sumber manfaat?

Kamu pasti sudah tahu kalau stres adalah sumber dari masalah lainnya. Mulai dari masalah pribadi, keluarga, hingga lingkungan sekitar pun bisa kena imbasnya. Sebaliknya, seseorang yang menjalani rutinitas pekerjaan dengan bahagia akan mendapatkan beragam manfaat. Baik itu pribadi, keluarga, dan lingkungan. Hal ini diperkuat oleh Shiegeo Haruyama, spesialis bedah saluran pencernaan, dalam buku The Miracle of Endorphin: Sehat Mudah dan Praktis dengan Hormon Kebahagiaan. Orang yang membiasakan diri berpikir positif memiliki resistensi kuat terhadap penyakit. Sementara orang yang senantiasa berpandangan negatif akan cepat jatuh sakit. Sebab cara pandang memiliki arti sangat penting bagi kesehatan kita. 

Sedangkan dalam hal hubungan, kamu akan memiliki kualitas hubungan dengan pasangan lebih baik ketika kamu bahagia dalam pekerjaan. Seperti dilansir cosmopolitan.com, studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health (NIH) selama kurang lebih 25 tahun, mencoba menemukan faktor apa saja yang membuat pernikahan lebih bahagia dan bertahan lebih lama. Hasilnya, ternyata kepuasan dalam bekerja menjadi salah satu faktor penting. Pasangan yang tidak bahagia dalam pekerjaan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami hal yang serupa bersama pasangannya. 


Cara sederhana untuk awet muda

Selain kamu memiliki resistensi yang kuat terhadap penyakit, ternyata kamu bisa hidup sehat hanya dengan bahagia. Mengutip dari merdeka.com, terdapat enam pengaruh rasa bahagia bagi kesehatanmu, salah satunya dengan tertawa. Pertama, tertawa bisa menurunkan kadar hormon stres. Hanya dengan tertawa, kamu bisa melepas penat dalam tubuh. Tertawa juga dapat menyembuhkan sakit kepala dan menghindarkan dari kram. Dengan tertawa, kamu bisa mengurangi rasa lelah, jantungmu akan sehat, dan hidupmu akan lebih lama. Tentu kamu juga ingat pepatah lama yang mengatakan kebahagiaan adalah obat awet muda.


Karirmu akan lebih sukses

Mengutip cosmopolitan.com, stres atau kebiasaan buruk akan mengakibatkanmu tidak berkembang dalam hal karir. Berdasarkan studi dari University of Kansas ditemukan bahwa faktor kebahagiaan di tempat kerja memiliki korelasi yang sangat tinggi dengan kesuksesan. Pekerja yang bahagia memiliki produktivitas lebih tinggi dan berkesempatan untuk meraih posisi dan gaji lebih baik. Namun sebaliknya, pekerja yang tidak antusias akan tersingkir dalam kompetisi dunia pekerjaan. 


Masih banyak yang butuh pekerjaan sepertimu, bersyukurlah!

Jika kamu masih mengeluh dan tidak bahagia dengan pekerjaanmu sekarang, lakukanlah perjalanan di lingkungan sekitarmu, ke daerah-daerah pinggir atau terpencil di Indonesia. Di situ kamu akan temukan, masih banyak saudara-saudara kita yang belum mendapatkan pekerjaan layak. Maka, syukur adalah kata yang pas dan wajib untuk menjalani pekerjaanmu sekarang. Salah satu bentuk syukur, misalnya, berbakti kepada orang tua, menyisihkan sebagian gaji bagi mereka yang berhak, dan berbagi ilmu atau motivasi kepada generasi muda. Kamu nantinya bukan hanya bahagia menjalani rutinitas tetapi kamu akan temukan hikmah, kedamaian, dan makna hidup. 


Hidup ini singkat, manfaatkan sebaik mungkin. Jadi bahagialah!

Sepertiga harimu dihabiskan untuk pekerjaan. Sangat rugi jika hal itu kamu niatkan hanya untuk bekerja. Niatkan tiap kali kamu bekerja untuk menafkahi keluarga, ibadah kepada Sang Pencipta, mengembangkan diri, dan menuntut ilmu. Dengan niat seperti itu, kamu akan bahagia menjalani hidup. Sebab selain bekerja untuk keluarga, kamu juga bekerja untuk kehidupan di akhirat kelak. 


Bekerja itu kewajiban. Ia bisa jadi penderitaan atau kebahagiaan, tergantung dari bagaimana kamu melihat dan memosisikan diri. Maka, jika sudah tahu fakta seperti ini, apakah kamu masih memilih bekerja yang menghasilkan penderitaan? Bahagialah, nikmati pekerjaan dan hidupmu! [CN]



Penulis    : Sandi Iswahyudi

Editor      : Rifki Amelia F.

Grafis      : Hero Oka

Tags : karyawan bahagia, work-life balance, manajemen stres,
Sudah Bahagiakah Kamu? Fakta Ini Akan Menyadarkanmu, Kerja Itu Harus Bahagia | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png