Web
Analytics
Do You Know, Selasa, 31/03/2015 11:00 WIB

Perpustakaan Kampus Eropa: Mau Self-Service Bisa, Mau Pesan Online Oke Juga

Bagi para mahasiswa yang sibuk mencari buku dan referensi penunjang, perpustakaan kampus Eropa bisa jadi adalah surga dunia. Seperti apa sih perpustakaan di sana?
Perpustakaan Kampus Eropa: Mau Self-Service Bisa, Mau Pesan Online Oke Juga
Pernah melihat cuplikan film Harry Potter saat dia asyik membaca di perpustakaan yang megah dengan bangunan khas Eropa? Ingin tahu bagaimana sistem perpustakaan kampus di Eropa dan apa perbedaannya dengan perpustakaan di Indonesia? Yuk, simak ulasan di bawah ini!

Saat membayangkan perpustakaan kampus Eropa, pasti yang terlintas di benak adalah layanan cepat, alat serba canggih, serta tempat yang bersih dan rapi. Benar, kebanyakan perpustakaan kampus Eropa memang demikian. Salah satunya adalah perpustakaan yang berada Turin, Italia, bernama Biblioteca Centrale Di Ingegneria. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan milik universitas teknik terbaik di Italia. 

Menurut Muhammad Fakhruzaman, salah satu mahasiswa UGM yang mendapatkan beasiswa Erasmus, perpustakaan di sana bersifat self-service. “Kalau mau pinjam buku, kita akan menuju komputer untuk peminjaman. Lalu kita search buku yang ingin dipinjam, catat kode buku di kertas yang sudah disediakan, lalu penjaga perpustakaan yang akan mengambilkan buku itu. Jadi kita enggak bisa memilih buku sendiri,” tuturnya.

Kecanggihan yang ada di perpustakaan ini juga terdapat pada setiap buku di perpustakaan. Tiap buku di perpustakaan Biblioteca Centrale Di Ingegneria sudah dilengkapi Radio Frequency Identification (RFID) yang berguna untuk keamanan dan keutuhan buku itu. “Jadi setiap peminjam diharuskan untuk melakukan scanning kartu pelajar dan RFID yang ada di tiap buku. Misal kita tidak melakukan scanning pada buku itu, ketika kita keluar perpustakaan akan bunyi alarm-nya,” jelas laki-laki yang kuliah di jurusan teknik elektro ini. 

Salah satu perbedaan perpustakaan kampus Eropa ini dibandingkan dengan perpustakaan kampus di Indonesia adalah adanya sistem peminjaman secara online. Untuk melakukan peminjaman online ini, peminjam harus melakukan pemesanan secara online terlebih dahulu untuk bisa mengambil bukunya. 

Berbicara tentang perpustakaan, pasti kita juga akan berbicara tentang lama peminjaman buku.  Rata-rata lama peminjaman buku hampir sama dengan di Indonesia yaitu maksimal 14 hari dan bisa melakukan satu kali perpanjangan. Namun ada juga beberapa jenis buku dengan lama peminjaman hingga 30 hari. 

Lengkapnya perpustakaan kampus Eropa juga dirasakan oleh Salsabilla Sakinah yang kini tengah menempuh studi pascasarjana di Newcastle University, Inggris. "Kalau soal kemudahan belajar, aku takjub banget sama akses referensi yang disediakan di sini. Perpustakaan buka 24 jam, tujuh hari seminggu. Batas maksimal pinjam buku bukan cuma 3-5 buku kayak di Indonesia tetapi 35 buku," terang Salsa, sapaan akrabnya.

Selain itu, bila buku yang dicari tidak tersedia di perpustakaan, mahasiswa dapat mengajukan inter-library loan request dengan membayar 1,5 pounds. Perpustakaan kemudian akan mencarikan buku tersebut ke perpustakaan-perpustakaan lain di Inggris dan mahasiswa bisa meminjamnya selama 1-2 bulan. Tak kalah menarik, akses buku elektronik dan jurnal pun mudah dan melimpah.

Wow, ternyata asyik ya perpustakaan kampus di Eropa. Walaupun dari segi teknologi mungkin perpustakaan di Indonesia masih kalah, perpustakaan tetaplah tempat kita menimba ilmu dari buku. Harapan kita semua semoga perpustakaan di Indonesia bisa mengembangkan sistemnya lagi supaya kita makin nyaman belajar. Tetap semangat membaca buku dan ambil manfaatnya! [CN] 



Penulis    : Betty Isnawati

Editor      : Rifki Amelia F, M. Amin Amsyah

Grafis      : Hero Oka

Tags : perpustakaan eropa, beasiswa luar negeri, beasiswa eropa
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 21/09/2018 10:28 WIB Dari Nol Sampai Jadi Iklan, Gimana sih Prosesnya?
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Jumat, 14/09/2018 08:00 WIB Kerja di Agensi Iklan: Dapat Benefit yang Cukup Bersaing!
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Kamis, 13/09/2018 00:00 WIB Ternyata Talent Seperti Ini Yang Diinginkan Bank Indonesia
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 28/08/2018 10:00 WIB Parodi Kerjaan di Agency (Baca: Ahensi) yang Bisa Kamu Ketahui
Pergi Umroh, KD Terharu Raul Menangis Do You Know,
Selasa, 10/07/2018 17:09 WIB Hal Ini Bisa Jadi Indikator Kalau Kamu Siap Berkarier
Perpustakaan Kampus Eropa: Mau Self-Service Bisa, Mau Pesan Online Oke Juga | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png