Do You Know, Selasa, 10/03/2015 09:00 WIB

Dari Meme ke CommaWiki: Dari Sekadar Hiburan Hingga Kritik Sosial yang Ampuh

Tren menggunakan meme sebagai media penyampaian pendapat oleh kaum muda semakin sering dilakukan. Apa sih yang melatarbelakanginya?
Dari Meme ke CommaWiki: Dari Sekadar Hiburan Hingga Kritik Sosial yang Ampuh
Pada jumat lalu (6/3) lalu, dunia dihebohkan dengan tagar #SaveHajiLulung yang menjadi trending topic Twitter dunia selama tiga hari penuh. Apa saja sih yang digunjingkan dalam tagar tersebut? Banyak meme yang bernada satire digunakan para netizen  untuk menyampaikan pendapatnya. Ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa meme sekarang menjadi kritik sosial yang ampuh.

Sejak kemunculannya, internet telah memberi dampak terhadap perilaku manusia, mulai dari hanya mencari informasi hingga cara berkomunikasi. Media sosial telah merevolusi cara komunikasi manusia dari sekadar chatting dan sekarang setiap orang bisa berdiskusi dan menyampaikan pendapat melalui update microblogging

Pada tahun 2015 ini, menurut prediksi perusahaan jasa solusi marketing, Campaigner, 90 persen informasi di internet dapat ditransmisikan ke otak dengan cara visual dan informasi visual 60.000 kali lebih cepat diproses oleh otak daripada tulisan. Campaigner menambahkan bahwa 40 persen orang akan merespons informasi visual lebih baik daripada pesan teks.

Meme merupakan informasi berupa gambar (visual) untuk menyampaikan pendapat, biasanya bernada lucu. Paparan di atas sedikit menjelaskan tentang fenomena meme yang kini menjadi tren di kalangan netizen. Kali ini, Careernews mencoba mengulik bagaimana sejarah meme dan perkembangannya hingga saat ini. 

Tak lupa, kami juga mewawancarai penggemar meme, Aditya Darmawan, mahasiswa Fakultas Psikologi UGM dan Dennis Adriansyah Ganda, CEO & Founder Amagine Interactive, orang yang bekerja di balik meme. 


Meme: dari lelucon sampai kritik sosial

Walaupun meme baru menjadi tren beberapa tahun belakangan ini, kata meme sendiri sudah ada sejak awal abad ke-20. Istilah serupa dalam bahasa Yunani, yakni mneme, berarti memori, pertama diungkapkan pada 1904 oleh ilmuwan evolusi biologi Jerman bernama Richard Semon dalam karyanya yang berjudul Die Mnemischen Empfindungen in ihren Beziehungen zu den Originalempfindungen. Sedangkan menurut Oxford English Dictionary, kata mneme muncul di Inggris pada tahun 1921 yang terdapat pada terjemahan buku Richard Semon, The Mneme.

Sementara itu, seperti dilansir wired.co.uk, istilah meme mulai dipopulerkan oleh Richard Dawkins melalui buku The Selfish Gene pada 1976. Istilah tersebut terkait erat dengan ide, perilaku, atau  gaya yang tersebar dari orang ke orang secara viral dalam suatu kebudayaan.

Sedangkan meme dalam kaitannya untuk internet adalah lelucon yang biasanya ditampilkan dengan gambar, dan dengan sedikit keterangan kata. Meme biasanya menyebar dari orang ke orang melalui media sosial, blog, email, dan portal berita. Penemu dari meme yang sekarang populer adalah Whynne, seorang user DeviantART, media sosial berbasis karya visual. 

Dalam posting-nya, Whynne menggambarkan karakter yang bernama 'Rape Rodent'. Kini, ekspresi tersebut sering digunakan untuk post-post dalam rage comics untuk mengekspresikan kejahilan atau juga bisa disebut meme comic. Saat ini jenis meme sangat beragam, tidak hanya berupa berupa karakter komik tetapi bisa berisi momentum sebuah kejadian atau menggambarkan tokoh masyarakat. Bahkan presiden pun tak luput masuk dalam meme. 

Sedangkan menurut Aditya Darmawan atau akrab disapa Adit, seorang penggemar meme, meme adalah komik atau karikatur (visual, -red), biasanya berisi kritik sosial atau terhadap suatu peristiwa tertentu. Adit mengaku menyukai meme sejak tahun 2012. “Tema yang saya sukai adalah tema sehari-sehari tentang mahasiswa dan artis,” lanjut Adit.

Dennis juga mencontohkan,  “Tren internet yang disebabkan oleh berbagai momen di dunia nyata mengundang pengguna internet untuk membuat ikon dari hal tersebut, yang paling baru ya misalnya #SaveHajiLulung,” tutur Dennis


Berawal dari kreativitas anak muda

Banyak selebritas yang biasa menjadi objek meme. Beberapa menyukainya tetapi tak sedikit pula yang marah jika dirinya dijadikan objek meme. Syahrini merupakan salah satu artis yang justru senang jika dirinya menjadi objek meme. Hampir setiap foto yang diunggah ke dalam akun Instagram-nya menjadi bulan-bulanan netizen. Selebritas lainnya yang juga kerap menjadi objek meme antara lain Julia Perez, Saiful Jamil, dan Tulus, bahkan selebritas mancanegara seperti Sam Smith sempat menjadi bulan-bulanan netizen Indonesia.

Indonesia memang memunyai anak-anak muda yang kreatif. CommaWiki, salah satu jenis meme yang sempat menjadi tren beberapa waktu lalu, adalah bikinan anak bangsa. CommaWiki merupakan sebuah meme yang dibuat layaknya sebuah kamus bahasa tetapi dibuat sedikit nyeleneh atau menyimpang dari pengertian sesungguhnya. Pengertian nyeleneh tersebut didapat dari kehidupan atau pengalaman hidup kekinian. Awal mulanya, Putu Aditya Nugraha, penggagas CommaWiki, hanya iseng membuatnya untuk lelucon di Path. Namun 'kenyelenehan' pengertian yang disajikan membuat meme jenis ini digandrungi kalangan anak muda. 

Dennis punya cerita lain lagi. Dennis yang sekarang aktif mengelola Amagine Interactive, game development studio yang membuat game untuk Android dan iOS, mengaku senang ketika mengerjakan proyek game untuk Kartun Ngampus, salah satu pembuat meme. “Sangat menarik karena ternyata founder Kartun Ngampus orangnya sangat kritis dengan berbagai macam hal yang terjadi di sekitar kita terutama di kalangan mahasiswa, dan cepat tanggap untuk membuat meme yang tepat,” tutur Dennis.

Lalu di mana meme-meme lucu itu biasa ditemukan? Beberapa situs yang banyak memuat meme, di antaranya 9gag.com, reddit.com, 4chan.org, knowyourmeme.com, memegenerator.net, dan akun Twitter @9cak.


SBY sudah, kini Haji Lulung

Ada satu trending topic  yang berhasil mengubah kebijakan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Saat itu, beliau mengusulkan pemilihan kepala daerah oleh DPRD, bukan oleh rakyat melalui pemilu. Rakyat melakukan protes via media sosial yang kemudian melahirkan trending topic #ShameOnYouSBY. Setelah itu, sejarah mencatat pemilihan kepala daerah tetap diselenggarakan dengan langsung dipilih oleh rakyat. Hal ini bisa saja akan terulang lagi di mana perseteruan antara Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan DPRD tengah memanas dan menemui deadlock.

Perselisihan antara Ahok dengan DPRD dimulai dari penemuan indikasi dana siluman Rp 12,1 triliun untuk pengadaan Uninterruptable Power Supply (UPS). Ahok dengan lantang mengungkapkan ke media mengenai kejanggalan-kejanggalan aliran dana tersebut, lalu muncullah Abraham Lunggana atau akrab disapa Haji Lulung yang memberikan sanggahan. Dari situlah muncul tagar #SaveAhok dan meme yang ditujukan untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta tersebut. Selang beberapa hari, muncul tagar #SaveHajiLulung disertai meme yang bernada satire dan mengejek wakil DPRD tersebut.

Akankah peristiwa-peristiwa penting di Indonesia lainnya bakal jadi objek meme selanjutnya? Kita tunggu saja. Apakah kamu punya pengalaman dan pendapat lain soal tren meme di Indonesia? Yuk, share artikel berikut dan berikan komentarmu di kolom komentar di bawah. [CN]



Penulis    : M. Amin Amsyah

Editor      : Rifki Amelia F.

Grafis      : Hero Oka

Tags : do you know, tren internet, industri kreatif
Dari Meme ke CommaWiki: Dari Sekadar Hiburan Hingga Kritik Sosial yang Ampuh | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png