Do You Know, Senin, 02/03/2015 09:00 WIB

Banyak Keuntungan Menjadi Perempuan Enterpreneur

Ternyata ada banyak keuntungan jika perempuan menjadi wirausaha. Apa saja?
Banyak Keuntungan Menjadi Perempuan Enterpreneur
Tuntutan menjadi seorang karyawan perusahaan adalah soal loyalitas dan komitmen terhadap pekerjaan. Terkadang karyawan juga dituntut merelakan hari libur untuk menunjukkan pengabdiannya terhadap perusahaan. Meskipun dibayar dengan gaji tinggi, tak menjamin para karyawan bahagia karena ada waktu yang dikorbankan demi sebuah tanggung jawab.

Jam kerja dan waktu libur juga disesuaikan oleh perusahaan. Berbeda jika kamu memilih untuk berwirausaha. Ada banyak keuntungan menjadi seorang wirausahawan atau enterpreneur, terutama bagi perempuan. Apa saja? Simak ulasan berikut ini!


Bisnis baik untuk perempuan

Dilansir huffingtonpost.com, perempuan yang memilih untuk menjadi seorang enterpreneur bisa membagi waktunya antara pekerjaan dan keluarga. Sebagai pemilik dari sebuah bisnis, perempuan akan mengatur waktunya sendiri dan menciptakan keseimbangan hidup. 

Dengan menjadi pemilik sebuah usaha, para perempuan ini tak lagi tergantung dengan suami dari segi ekonomi. Masih dari sumber yang sama, berdasarkan The American Association of University Women, perempuan hanya menerima 77 sen untuk setiap dollar yang dihasilkan oleh suaminya. Sementara perempuan punya potensi pendapatan ketika menjalankan bisnis sendiri, 

Bahkan mereka dapat membuka lapangan pekerjaan bagi sesama perempuan dan juga bagi laki-laki. Jadi bisa tercipta kesetaraan gender karena perempuan pun ternyata juga tak kalah cerdas dari laki-laki. Salah satu contoh pebisnis perempuan yang tak bisa dipandang sebelah mata adalah Anita Roddick, pendiri The Body Shop. Dikutip dari businessnewsdaily.com, Anita Roddick mulai membangun bisnisnya pada 1976 di Inggris. 

Tiga puluh tahun setelah produk tersebut diciptakan, Roddick menjual The Body Shop pada L'OrĂ©al. Namun berkat bisnisnya tersebut, ia bisa menghidupi dirinya dan dua anak perempuannya saat suami Roddick pergi keliling dunia pada 1976 tersebut. 


Kreativitas tersalurkan, pundi-pundi pun terisi

Seorang pebisnis tentu lebih teliti dalam melihat peluang di masyarakat. Mungkin saja kegemaranmu ternyata menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Seperti Nadia Mutia, pemilik brand sepatu asli Indonesia, yaitu Kloom Clogs. Vemale.com menguraikan bahwa hobi Nadia sejak kecil membawanya dalam dunia bisnis yang menguntungkan. Berawal dari kegemarannya mendesain sejak kecil, Nadia membuat sendiri desain produknya. Melalui bisnisnya ini, ia dapat menyalurkan kreativitasnya sekaligus mendapatkan penghasilan dari bisnisnya tersebut. 


Memunyai dua sumber penghasilan

Masih dari huffingtonpost.com, disebutkan bahwa banyak orang percaya memunyai beberapa sumber pendapatan merupakan cara untuk mencapai kemakmuran. Jika saat ini kamu telah bekerja di suatu perusahaan, tak perlu keluar dari pekerjaanmu saat ini. Meskipun nantinya bisnismu lebih menguntungkan, tak ada salahnya kamu tetap menjalankan pekerjaanmu sebagai karyawan. 

Hal tersebut merupakan cara untuk mengantisipasi jika kondisi bisnismu sedang tidak lancar. Dengan demikian, kamu masih memunyai penghasilan untuk membiayai hidupmu, juga karyawanmu. 

Hai perempuan Indonesia, sedang memikirkan rencana untuk berwirausaha? Jangan ragu lagi karena ini bisa menjadi kesempatan terbaikmu untuk mengembangkan diri dan mencapai kemakmuran. 

Mungkin kamu juga tertarik membaca kisah wirausaha Mahfirotika Wahyu Widiawati di bisnis mebel, atau kisah Khairunisa Ramadhani yang jeli membaca peluang di bidang kesehatan. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk menebarkan inspirasi kepada pembaca yang lebih luas. Selamat berwirausaha! [CN]



Penulis    : Desinta Wahyu K.

Editor      : Rifki Amelia F, M. Amin Amsyah

Foto         : Hanung Hambara

Tags : doyouknow, enterpreneurship, perempuan
Banyak Keuntungan Menjadi Perempuan Enterpreneur | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png