Do You Know, Kamis, 19/02/2015 11:00 WIB

Yakin Tahu Banyak Soal BUMN Penyedia Jasa Listrik Ini? Cek Wawasanmu di Sini!

Bercita-cita kerja di PT PLN (Persero)? Kamu harus tahu dulu fakta-fakta berikut!
Yakin Tahu Banyak Soal BUMN Penyedia Jasa Listrik Ini? Cek Wawasanmu di Sini!
Sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa kelistrikan, PT PLN (Persero) memiliki keunikan yang membedakannya dengan BUMN lain. Buat kamu yang ingin berkarir di PT PLN (Persero), sudah tahukah kamu apa saja keunikan itu? 

Mari simak fakta-fakta menarik tentang PT PLN (Persero) yang dipaparkan oleh Sofaz Genial Zeni, Assistant Analyst Recruitmen and Selection PT PLN (Persero) untuk memantapkan langkah karirmu!


Penyedia listrik satu-satunya di Indonesia

PT PLN (Persero) merupakan satu-satunya BUMN yang bergerak dalam bidang penyediaan jasa kelistrikan. Jangkauannya dalam mencukupi kebutuhan masyarakat akan listrik sudah mencapai lebih dari 80 persen di seluruh wilayah nusantara. Sofaz mengatakan, seiring dengan semakin membaiknya perekonomian Indonesia,  diprediksi kebutuhan listrik akan melonjak tajam.

Hal tersebut menjadi tantangan baru untuk PT PLN (Persero). Target untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan menambah kapasitas pembangkit sebesar 7.000 MW pertahun. 


Karyawan hingga pelosok

PT PLN (Persero) memiliki jumlah total karyawan sebanyak 41.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut tersebar merata,  tidak hanya di tiap kabupaten tetapi juga tiap kecamatan. PT PLN (Persero) berusaha memperluas jangkauan hingga ke daerah pelosok. Konsekuensinya, karyawan PT PLN (Persero) harus bersedia ditempatkan di manapun, di seluruh Indonesia, sesuai kebutuhan.


Penerimaan karyawan

Menurut Sofaz, 60 persen penerimaan karyawan di PT PLN (Persero) berasal dari jurusan teknik dan 40 persen sisanya dari jurusan nonteknik. “Karena bergerak di bidang kelistrikan, yang paling banyak dibutuhkan adalah jurusan teknik elektro, lalu mesin, dan kemudian teknik sipil,” paparnya. Namun, PLN juga membuka peluang untuk jurusan-jurusan di luar teknik, seperti manajeman dan ilmu komunikasi. Jurusan di luar itu pun memiliki peluang jika dibutuhkan oleh perusahaan.

Untuk prosedur penerimaan, PT PLN (Persero) membuka dua jalur rekrutmen, yaitu rekrutmen umum dan rekrutmen khusus. Jalur rekrutmen umum dibuka untuk rekrutmen karyawan dengan jumlah besar dan biasanya menyaring kandidat dari jurusan teknik atau manajeman. Sementara untuk kebutuhan lain, jalur yang dibuka adalah rekrutmen khusus, yang mana hanya bisa diikuti lulusan dari kampus-kampus tertentu yang bekerja sama dengan PT PLN (Persero). 


Apa penyebab terbesar kegagalan lolos seleksi rekrutmen?

Penyumbang kegagalan terbesar para jobseeker dalam mengikuti rekrutmen PT PLN (Persero) adalah tes kesehatan. Pasalnya, PT PLN (Persero) menerapkan standar yang tinggi untuk kualitas kesehatan pegawainya. Standar kesehatan yang tinggi diperlukan untuk mencapai produktivitas kerja yang baik. PT PLN (Persero) sendiri mempekerjakan karyawannya selama rata-rata 30 tahun. Karyawan sehat tentunya akan mengurangi biaya yang keluar untuk full recovery ketika sakit.


Sudah mantap memilih perusahaan ini sebagai masa depan karirmu? Semoga lancar mengikuti tahapan seleksi rekrutmennya! Ingin tahu juga, apa saja tahapan seleksi PT PLN (Persero)? Baca di sini! [CN]



Penulis    : Grattiana Timur

Editor      : Rifki Amelia F, M. Amin Amsyah

Grafis      : Hero Oka

Tags : PT PLN (Persero), tip lolos tes BUMN, tes kesehatan BUMN,
Yakin Tahu Banyak Soal BUMN Penyedia Jasa Listrik Ini? Cek Wawasanmu di Sini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png