Do You Know, Selasa, 10/02/2015 13:00 WIB

Studi ke Amerika Setahun dengan TOEFL 500, Nonlinier, Plus GRATIS! Bisa!

Buat kamu yang ingin mempelajari ilmu baru tetapi masih enggan untuk lanjut ke S2, mungkin kamu bisa mencoba sensasi kursus setahun di luar negeri melalui program ini!
Studi ke Amerika Setahun dengan TOEFL 500, Nonlinier, Plus GRATIS! Bisa!
Program yang dimaksud adalah Community College Initiative Program (CCIP), yakni wadah yang menyediakan program akademik berkualitas di berbagai perguruan tinggi yang ada di Amerika Serikat. 

Tujuannya adalah untuk membangun keterampilan teknis, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan memperkuat kemampuan bahasa Inggris. Program ini juga memberikan kesempatan buat kamu untuk magang profesional, KKN, dan ikut kegiatan yang melibatkan masyarakat.

Lama kursus dalam program ini adalah satu tahun atau bisa kurang dari itu. Seusai kursus, para peserta akan memperoleh sertifikat dalam bidang studi mereka dan akan kembali ke negara masing-masing untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan. 

Untuk rekrutmen, biaya, dan proses seleksi, semuanya dinaungi oleh Fulbright Commission atau Public Affairs Section of the U.S. Banyaknya kuota peserta setiap tahun tidaklah sama, tergantung dari ketersediaan dana program. Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika kamu ingin apply program ini, antara lain:


  1. Telah menyelesaikan pendidikan atas: D1, D2, D3, atau S1.
  2. Bidang studi yang bisa kamu pilih meliputi, pertanian, teknik, manajemen bisnis dan administrasi, pendidikan anak usia dini, teknologi informasi, media dan pariwisata, serta manajemen perhotelan.
  3. Kamu bisa memilih bidang yang berlainan dengan ilmu yang telah didapat semasa kuliah program sarjana (nonlinear) dan memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan bidang yang dilamar.
  4. Minimal TOEFL ITP 500, TOEIC 650, atau IELTS 5.0 (hanya skor yang kurang dari dua tahun yang diperkenankan untuk digunakan).
  5. Program ini bersifat non-degree. Setelah lulus, kamu hanya akan mendapat sertifikat tanpa gelar.
  6. Pendaftaran biasanya dibuka sekitar bulan Oktober atau November setiap tahunnya.
  7. Pelamar dengan pendidikan MA atau Ph.D tidak berhak mengikuti program ini.
  8. Menyerahkan dokumen lengkap. Hardcopy lamaran harus dikirimkan ke pihak penyelenggara di alamat American-Indonesia Exchange Foundation (AMINEF) CIMB Niaga Plaza, 3rd floor, Jl. Jend. Sudirman Kav. 25 Jakarta 12920, Indonesia


Cocok untuk kamu yang suka tantangan

Salah satu alumnus program ini, Danis Sriwijaya, mengatakan bahwa program ini sangat cocok buat kamu yang ingin mencoba tantangan dan ilmu yang belum pernah kamu masuki sebelumnya. Saat terpilih, Danis memilih jurusan yang jauh berbeda dengan jurusannya sebelumnya. 

Danis yang merupakan sarjana kimia, memilih untuk mendalami ilmu manajemen bisnis dan membuatnya ditempatkan di sebuah perguruan tinggi di Seattle, Amerika Serikat. 

“Untuk penempatan studi, pihak penyelenggara yang akan memilihkan. Tentunya disesuaikan dengan jurusan yang kita pilih,” jelas Danis. 

Soal biaya, Danis mengatakan bahwa program ini totally fully funded. “Penyelenggara menyediakan pendanaan tiket pulang-pergi ke Amerika; tunjangan biaya hidup selama program pelatihan, akademik, dan bahasa Inggris; biaya kuliah; asuransi kesehatan; dan kegiatan peningkatan budaya,” ungkapnya. Danis menambahkan, proses seleksi terdiri dari tiga tahap, yakni seleksi berkas, interview, dan yang terakhir adalah TOEFL. 

Asyik, kan? Kamu juga enggak bakalan cemas soal finansial saat menjalani program! 

Tertarik? Yuk, persiapkan berkas lamaranmu segera. Mungkin kamu juga perlu bahasa Inggris di sini! Semangat! [CN]



Penulis    : Vinia Rizqi

Editor      : Rifki Amelia F, M. Amin Amsyah

Grafis      : Hero Oka

Tags : youth exchange program, community college initiative program, ke amerika gratis
Studi ke Amerika Setahun dengan TOEFL 500, Nonlinier, Plus GRATIS! Bisa! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png