Do You Know, Selasa, 06/01/2015 15:00 WIB

Seperti Ini Evolusi Entrepreneur Zaman ke Zaman!

Bagi kamu yang berkecimpung di dunia entrepreneur, kamu wajib tahu evolusi dunia entrepreneur dari masa ke masa. Seperti apa?
Seperti Ini Evolusi Entrepreneur Zaman ke Zaman!
Manusia berevolusi secara menakjubkan, begitu juga aktivitas yang dilakukannya. Kegiatan kewirausahaan atau entrepreneurship pun mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Lalu seperti apa sih perkembangan yang terjadi?

Renaissance Tradesmen

Pada abad pertengahan, belum ada banyak jenis pekerjaan. Mayoritas orang masih berprofesi sebagai petani. Selain petani, beberapa pekerjaan lain adalah pedagang dan pengrajin. Secara persentase, hanya 10 persen dari populasi menguasai setengah kekayaan dan pendapatan masyarakat,  sementara 15 persen kelas pedagang mulai tumbuh. Sedangkan 25 persen dari populasi berada di garis kemiskinan dan tidak mempunyai kekayaan. Sebanyak 50 persen sisanya merupakan kelas menengah. Pada masa ini serikat pengrajin dikembangkan untuk mendapatkan upah yang lebih tinggi dan memanfaatkan kekuasaan dalam urusan sipil.

Untuk menjadi seorang pengrajin pada zaman pertengahan sangatlah sulit. Mereka yang ingin menjadi pengrajin harus belajar kerajinan mereka melalui magang, beberapa bahkan harus belajar sampai  tujuh tahun. Pada masa ini, serikat pengrajin mulai dikembangkan untuk mendapatkan upah yang lebih tinggi dan memanfaatkan kekuasaan dalam urusan sipil. Pasar menjadi fokus utama sehingga perdagangan berkembang. Meningkatnya permintaan untuk produk baru kemudian berpuncak pada mulainya ekspansi perdagangan ke negara-negara lain.


Ekspansi kolonial

Pesatnya pembuatan kapal menyebabkan peningkatan perdagangan internasional. Pada masa inilah muncul perusahaan global yang pertama. Salah satu contohnya adalah Vereenigde Oost-indische Compagnie (VOC), perusahaan Belanda yang memonopoli perdagangan di Asia Tenggara. Selama periode ini, total 4.785 kapal berlayar membawa lebih dari 2,5 juta ton barang. Pos perdagangan mulai dibangun di sepanjang rute perdagangan utama. 


Revolusi industri

Pada era ini, banyak entrepreneur mengembangkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas.  Untuk pertama kalinya, sistem kredit mulai diperkenalkan untuk membantu entrepreneur yang membutuhkan modal besar. Cara berdagang dan komunikasi mengalami perubahan yang cukup drastis. Banyak teknologi yang diciptakan dan alat transportasi massal seperti mobil mulai diproduksi. Energi dan komunikasi serta industri dengan mesin besar pun mulai dikembangkan.


Abad ke-20

Pada awal milenium, perusahaan yang sangat maju adalah bidang marketing dan komunikasi. Pada tahun 1910, kurang lebih 600 juta dollar dihabiskan untuk iklan oleh perusahaan besar. Peningkatan penggunaan iklan media massa mengubah cara pengusaha memasarkan produk. Pada era ini, pemasar dapat menjual produk secara nasional melalui surat kabar, televisi, dan radio. Pada tahun 1948, terjadi booming iklan televisi dan pendapatan iklan naik 515 persen dari tahun 1947.


Era informasi

Pada era konektivitas seperti saat ini, komputer personal memberikan informasi dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Internet memungkinkan jangkauan global dan konektivitas yang terus-menerus. Kelebihan dari masa ini adalah pengusaha dapat menjual barang secara online dengan biaya rendah. Pasar usaha kecil berkembang pesat di era ini, seperti Etsy.com, sebuah portal penjualan online populer untuk dekorasi rumah, perhiasan, pakaian, seni, dan kerajinan, yang menghasilkan 895 juta dollar dari transaksi penjualan.


Jumlah member Etsy.com selalu meningkat pesat setiap tahunnya. Pada tahun 2011, jumlah member meningkat 70 persen, sedangkan pada tahun 2012 naik sebesar 83 persen. Contoh lain adalah Ebay, situs jual beli online yang sudah merambah ke seluruh dunia dan mempunyai 113 juta pengguna. Nilai barang dagangan yang dijual naik 14 persen setiap tahun dengan 57 persen pendapatan pasar adalah dari luar Amerika.


Pemasaran pun mulai beralih dari televisi ke internet. Periklanan di mesin pencari Google menjadi primadona. Selain itu, berbagai jenis iklan di internet mulai dilirik oleh perusahaan besar. Pada era ini juga terdapat cara untuk meningkatkan inovasi, yaitu crowdsourcing dengan meminta sumbangan ide dari kelompok besar atau komunitas di luar perusahaan.


Sebagai contoh, 25 persen dari semua produk baru P&G adalah hasil dari generasi ide crowdsourcing dan mengalami kenaikan tingkat keberhasilan produk dari 15 persen hingga 50 persen. Entrepreneur modern tidak hanya berinovasi pada produk atau jasa, mereka juga mengelola karyawan dan kepala perusahaan baru.


Teknologi modern dan internet telah meningkatkan cara kita melakukan bisnis. Entrepreneur sekarang memiliki kemudahan untuk menjalankan ide bisnis mereka hanya dengan tombol klik. Jadi apa yang menghentikan kamu untuk berkarya? Mulai usahamu sekarang! [CN]


Penulis    : M. Amin Amsyah

Editor      : Rifki Amelia

Grafis      : Tongki A.W.





Tags : teknologi informasi, crowdsourcing, entrepreneur, wirausaha,
Seperti Ini Evolusi Entrepreneur Zaman ke Zaman! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png