Do You Know, Selasa, 16/12/2014 15:00 WIB

Perkenalkan, Mereka yang Biasanya Bekerja di Luar Jam Kerja Normal!

Beberapa orang masih membanting tulang disaat semuanya sudah tertidur lelap. Siapa saja mereka?
Perkenalkan, Mereka yang Biasanya Bekerja di Luar Jam Kerja Normal!
Jam kerjamu selalu bermula pada pagi dan berakhir sore hari? Ah, itu biasa.

Sebab di luar sana masih banyak pekerjaan yang mematok jam kerja diluar normal. Kerja-kerja yang menuntut konsentrasi dan kesadaran di malam hari. Pekerjaan yang baru dimulai ketika sebagian besar orang mulai terlelap. Seakan-akan mereka makhluk nokturnal. Dilansir dari www.dw.de dan www.jawaban.com, ini dia beberapa ‘pekerjaan malam’ yang harus diemban para ‘pekerja malam’:


1. Pengawas lalu lintas udara (air traffic controler)

Ada banyak cerita tantang pengawas udara yang tertidur ketika bertugas. Bagaimana tidak, mereka harus terjaga sepanjang malam demi memastikan lalu lintas udara yang menyangkut nyawa banyak manusia. Selalu terjaga, fokus, dan berkonsentrasi tentunya menjadi tantangan besar bagi para pekerja di bidang ini. Mau tahu jobdesc dan kisaran gaji mereka? Tilik di sini.


2. Adminisrator jaringan (network administrator)

Dunia maya yang tak pernah tidur selama 24 jam ternyata menuntut hal serupa dari manusianya. Sebab seorang administrator jaringan harus memastikan layanannya berjalan dengan baik selama 24 jam. Mereka harus memberi respon yang cepat bagi pengguna jasa meski jarum jam sudah menunjukkan pukul 3 dini hari.


3. Pekerja media

Disadari atau tidak, kini hampir semua media memberlakukan siaran 24 jam, terlebih televisi. Reporter, produser, juru kamera, sampai operator mau tidak mau harus bekerja lebih keras untuk menyajikan siaran sepanjang malam.


4. Suster atau perawat

Lumrah terjadi sebuah rumah sakit beroperasi 24 jam non stop. Dengan demikian, para pekerjanya pun harus siap siaga meski hari sudah malam. Terlebih jika ada pasien IGD yang harus segera ditangani di malam hari. Pun ternyata tak sedikit dari mereka harus lembur dalam menjalankan tugasnya. 


5. Polisi

Sebagai petugas keamanan, polisi memiliki kewajiban untuk menjaga masyarakatnya siang dan malam. Mereka harus mendedikasikan waktunya bagi keamanan dan kenyamanan masyarakat luas. Serta memberi perlidungan kepada publik setiap hari tanpa henti.


6. Pengendara truk

Dengan alasan mengindari macet dan kejar setoran, banyak supir truk yang memilih melakukan perjalanan malam hari. Konsekuensinya, catatan kecelakaan akibat gangguan tidur tak lagi sedikit jumlahnya.


7. Bartender

Umumnya bartender bekerja di diskotik atau bar yang jam memiliki jam buka sampai dini hari. Pun tidak sedikit yang beroperasi sepanjang malam. Akibatnya, para bartender harus mengubah jam tidurnya menjadi siang hari agar malamnya bisa bekerja.


8. Analis keuangan

Jika sebagian besar pekerjaan di atas dibagi ke dalam shift, lain halnya bagi analis keuangan untuk pasar asing. Mereka yang bekerja di sektor ini harus selalu siap memonitor pasar dan bekerja lembur karena perbedaan waktu di beberapa negara.


9. Orang tua baru

Siapa bilang menjadi orang tua bukanlah pekerjaan. Menjadi orang tua bahkan menjadi salah satu profesi terberat yang harus diemban seseorang. Terlebih jika kamu baru saja menjadi orang tua. Bayi yang selalu terbangun beberapa jam sekali tentunya bisa mengganggu jam tidur para orang tua baru. Menurut sebuah penelitian, seorang ibu baru akan tidur sekitar tujuh jam di malam hari, namun terbagi-bagi dan tidak menyegarkan tubuh.


Itu tadi beberapa pekerjaan yang lewat dari jam kerja normal seseorang. Meski beberapa pekerjaan dibagi ke dalam shift, mereka yang harus bekerja malam tentunya melawan siklus alamiah tubuh. Tubuh mau tidak mau harus terjaga ketika lelah dan harus beristirahat. Menurut sebuah penelitian, biasanya konsentrasi seseorang akan mulai berkurang selama empat jam terakhir dari durasi kerja 12 jam. Ini tentunya cukup beresiko bagi beberapa pekerjaan seperti supir truk, perawat, maupun pengawas lalu lintas. Belum lagi gangguan pencernaan dan penyakit jantung yang bisa muncul sebagai efek samping.


Jadi, bagi kamu yang memiliki jam kerja normal, jangan biasakan lembur dan begadang ya. Sebab hal itu ternyata tidak baik bagi kesehatan. Lalu bagi kamu yang sudah menjadi pekerja malam, tetap jaga kesehatanmu. [CN]


Penulis       : Dian Puspita

Editor         : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Grafis         : Tongki A.W

Tags : pekerja malam, jadwal pekerja malam, tipe pekerjaan di malam hari, jenis pekerjaan di malam hari,
Perkenalkan, Mereka yang Biasanya Bekerja di Luar Jam Kerja Normal! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png