Do You Know, Selasa, 25/11/2014 09:00 WIB

Keren! 8 Situs Online Gratis Ini Bantu Belajar Bahasa Asing Lewat Smartphone!

Delapan situs online dan gratis ini akan membantumu belajar bahasa asing, tak hanya bahasa Inggris. Ayo buktikan bahwa kamu tak hanya jago kandang!
Keren! 8 Situs Online Gratis Ini Bantu Belajar Bahasa Asing Lewat Smartphone!
Untuk kamu yang bercita-cita mengembangkan diri di luar negeri, bahasa asing tentunya sangat penting.
Ada metode seru untuk belajar bahasa kedua ini lho! Salah satunya, kamu bisa gunakan aplikasi online untuk membantu perbendaharaan bahasamu. Ada delapan situs online yang dapat membantumu untuk memecahkan masalah ini! Simak yuk, seperti dikutip dari lifehack.org.

1. Duolingo

Kelebihan:
1. Gratis.
2. Terdiri dari beberapa bahasa  (Jerman, Spanyol, Perancis).
3. Fitur lengkap untuk smartphone kamu, baik iOS maupun Android sehingga kamu dapat mempelajarinya  di mana pun kamu berada.
4. Kamu dapat login dengan akun Facebook atau Google Plus sebagai cara yang lebih mudah.

Kekurangan:
1. Tidak terlalu lengkap seperti situs lainnya.
2. Jika kamu mencari bahasa Cina, Jepang, Korea, Rusia, Persia, India, dan lainnya, kami harus mencari di situs lainnya.

Fitur khusus:
Mobile apps-nya sangat memungkinkan untuk digunakan pada tablet atau smartphone untuk belajar. Pengalaman belajar diformat seperti permainan untuk membantu proses belajar yang menyenangkan. Untuk mencobanya, kamu dapat mengunjungi website-nya di https://www.duolingo.com/

2. Busuu

Kelebihan:
1. Fitur gratis dan terdiri dari beberapa pilihan pembelajaran yakni membaca, menulis, dan berbicara.
2. Bahasa Cina dan Rusia pun sudah terdapat di dalamnya, juga beberapa bahasa lain yang biasa digunakan.
3. Kamu dapat mendaftar dengan akun Facebook dan Google Plus.
4. Aplikasi mobile sudah mendukung untuk Android dan iOS. 

Kekurangan:
1. Tidak semuanya gratis. Kamu harus membayar untuk mendapatkan pedoman tata bahasa dan sertifikat resmi jika telah lulus program.
2. Bahasa yang ada masih belum lengkap. Hampir semua bahasa Timur Tengah belum tercantum di dalamnya.

Fitur khusus:
Aplikasi mobile cocok untuk semua platform. Bahasa yang digunakan lebih banyak dibanding yang lainnya. Hal ini tentunya semakin memudahkanmu untuk meraih keberhasilan berbicara dengan orang lain. Mau mencobanya? Cek website-nya di sini: https://www.busuu.com/enc/

3. Foreign Services Institute

Kelebihan:
1. Sudah mendukung bahasa Afrika dan Timur Tengah.
2. Program dirancang oleh ahli bahasa profesional sehingga dapat dipastikan aplikasi ini lebih lengkap.
3. Kamu bisa menikmati fasilitas rekam suara.
4. Kamu pun bisa menikmati semua unduhanmu secara offline. Materi dapat diunduh dengan menggunakan smartphone, tablet, laptop, dan lain-lain di manapun kamu berada.

Kekurangan:
1. Seluruh materi berbentuk PDF dan file audio sehingga tidak ada gambar, hasil, aplikasi mobile, ataupun aplikasi lainnya.
2. Pembelajaran hanya difokuskan pada pengulangan dan beberapa orang kurang dapat belajar dengan baik melalui metode ini.

Fitur khusus:
Materi pembelajaran dibuat oleh ahli bahasa profesional dengan lengkap dan gratis. Dan ini merupakan metode belajar yang serius. Kunjungi website-nya di http://fsi-languages.yojik.eu/languages/french.html

4. Livemocha

Kelebihan:
1. Menggunakan cara “live learning”, di mana kamu dapat melihat secara langsung instrukturmu. Hal ini menjadi keunikan tersendiri dari aplikasi ini.
2. Kamu dapat bertemu dengan orang lain yang sedang belajar bahasa yang sama denganmu sehingga kamu dapat mengajaknya untuk praktik.

3. Saat register, kamu akan terdaftar sesuai bahasa aslimu. Lalu kamu akan dimasukkan di kelas yang diikuti oleh orang-orang yang ingin belajar bahasa aslimu. Follower-mu ini akan memberikanmu poin. Jika kamu memberikan pelajaran kepada mereka maka poinmu akan meningkat. Dari tingkatan poinmu ini, kamu dapat membuka pelajaran yang lain. Menarik, kan?


Kekurangan:
1. Aplikasi ini melibatkan banyak orang. Jadi jika kamu tidak ingin terlibat dengan banyak orang tentunya aplikasi ini tidak cocok untukmu.
2. Sangat mungkin kamu kehabisan poin untuk meneruskan pelajaran selanjutnya sehingga kamu harus melakukan pengajaran dulu untuk mendapatkan poin supaya dapat melanjutkan ke pelajaran selanjutnya.
3. Orang yang tidak peduli dan tidak menganggap ini serius akan mengajar sekadar “baik” untuk mendapatkan poin. Jika kamu tidak berencana untuk berkomitmen di sini, sebaiknya kamu tidak perlu bergabung.
4. Membantu orang lain berarti membantumu juga untuk belajar. Dan hal itu membutuhkan metode pengajaran 'klasik' untuk memberikan pemahaman.
Cek yuk di sini: http://livemocha.com/pages/methodology/

5. Memrise

Kelebihan:
1. Menggunakan “mems” yang merupakan kartu mnemonic untuk membantumu belajar perbendaharaan kata baru berdasarkan perbendaharaan kata yang sebelumnya telah kamu ketahui.
2. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini lewat akun Facebook-mu. 
3. Konten yang ada akan selalu berkembang dan bersifat variatif. 
4. Aplikasi ini bagus untuk seseorang yang menyukai pembelajaraan visual.

Kekurangan:
1. Tidak cukup lengkap untuk learner yang membutuhkan tahapan lanjutan.
2. Ada banyak user yang menggunakan kartu mems, sehingga ada beragam kualitas dengan standar yang berbeda. 

Fitur khusus:
Komunitas tumbuh secara natural sehingga metode ini akan menghasilkan banyak hal yang dapat dipelajari setiap saat. Kartu mems unik dan ditampilkan secara visual, dengan begitu para pengguna akan terpacu untuk belajar.

6. Internet Polyglot

Kelebihan:
1. Penggunaan kartu flash untuk mengajar adalah cara terbaik untuk pembelajaran visual. 
2. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa mendaftar dulu untuk sementara waktu, tetapi memang lebih mudah jika kamu membuat akun.
3. Aplikasi mobile-nya memudahkanmu untuk belajar dengan fleksibel. 
4. Terdiri dari beragam bahasa. 

Kekurangan:
1. Tidak lengkap, sehingga membutuhkan alat tambahan untuk belajar.
2. Aplikasi mobile tidak pernah diperbaharui lebih dari setahun, jadi maklum saja apabila kamu mendapatkan masalah. 
3. Website memiliki banyak kekurangan dibandingkan website lainnya.

Fitur khusus:
Kartu flash yang sederhana sangat bagus untuk kamu yang hanya memiliki sedikit waktu untuk belajar. Walaupun sudah agak jadul, jangan remehkan kualitas kerja dan konten dari aplikasinya. http://www.internetpolyglot.com/

7. Lang-8

Kelebihan:
1. Seperti halnya LiveMocha, Lang-8 adalah media sosial yang berbasis pada orang lain yang akan membantumu untuk belajar, ketika kamu membantu mengajar orang tersebut di kelasmu.
2. Kamu dapat membuat jurnal dari beberapa hal yang telah kamu pelajari. Ini adalah cara yang menyenangkan untuk melihat seberapa jauh perkembanganmu dibandingkan saat awal bergabung.
3. Tidak seperti kebanyakan situs lain, situs ini difokuskan pada metode penulisan. Hal-hal yang kamu posting akan dikoreksi oleh orang lain dan mereka akan memberikan masukan untukmu.

Kekurangan:
1. Situs ini hanya untuk orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan bahasa asing tersebut atau memiliki alat-alat khusus untuk pengajaran mereka. Lang-8 sendiri tidak memiliki rencana atau pemetaan pembelajaran.
2. Sign up pada situs ini sama seperti sign up pada akun media sosial, tampak sangat membosankan.
3. Sama sekali tidak ada tutorial untuk berbicara.

Fitur khusus:
Saat kamu mem-posting beberapa hal dalam bahasamu, orang dari bahasa lain akan menerjemahkan dalam bahasanya sehingga posting tersebut akan memiliki arti yang sama dalam bahasa lain. Kamu bisa belajar mengetahui struktur kalimat yang benar. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi http://lang-8.com/

8. Anki

Kelebihan:
1. Dapat diunduh dan di-install pada komputer sehingga aplikasi dapat bekerja meskipun secara offline.
2. Aplikasi ini dapat dijalankan lintas platform dan kamu dapat menyinkronkan kartumu di beberapa perangkat yang sesuai.
3. Sebenarnya aplikasi ini bukan hanya untuk belajar bahasa. Kamu bisa juga mempelajari matematika, atau apapun itu. Tak terbatas.
4. Menurut hasil penelitian, aplikasi ini dapat menangani hingga 100.000 kartu flash. Ini artinya kamu dapat belajar banyak hal kecuali menghitung sampai 100.001.
5. Aplikasi ini juga mendukung gambar, audio, maupun video.

Kekurangan:
1. Penggunaan kartu flash ini sangat mengandalkan ingatan. Jika kamu merasa tidak terlalu baik dengan tipe pembelajaran seperti ini, maka kamu tidak terlalu mendapat manfaat dari aplikasi ini.
2. Jika bahasa yang ingin kamu pelajari belum ada, kamu harus membuat sendiri kartu flash-mu.

Fitur khusus: 

Flash card-nya telah dioptimalkan, bersifat cross platform, dan dapat digunakan tak hanya untuk belajar bahasa. Langsung saja kunjungi http://ankisrs.net/


Ada begitu banyak manfaat dari mempelajari bahasa asing. Selain mengasah otak, proses ini juga akan membuka wawasanmu tentang budaya yang dibawa bahasa itu sendiri. Jiwa saling mengenal akan membuatmu lebih bijaksana dalam bersikap. Lets explore yourself. 


Jangan lupa baca juga 20 situs online yang membuatmu serasa kuliah di luar negeri. [CN]



Penulis      : Elyana Septi

Editor        : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Grafis        : Tongki A.W

Tags : free online language service, free online language application, situs belajar bahasa asing gratis,
Keren! 8 Situs Online Gratis Ini Bantu Belajar Bahasa Asing Lewat Smartphone! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png