Do You Know, Selasa, 11/11/2014 11:00 WIB

Kamu yang Jobseeker, Belajarlah Makna Hidup dari Para Pahlawan!

Empat hal berikut adalah makna dari hari kepahlawanan bagi para jobseeker. Apakah kamu termasuk di dalamnya?
Kamu yang Jobseeker, Belajarlah Makna Hidup dari Para Pahlawan!
Sebagai pencari kerja, banyak hal yang bisa kamu pelajari dari para pahlawan lho! Yuk, ulik di sini!
Hari pahlawan yang jatuh pada 10 November dapat menjadi pembelajaran bagi anak muda Indonesia, terutama para pencari kerja. Tim Careernews merangkum hasil obrolan dengan Rudi Widiyanto, M.Psi, Psikolog, People Development Manager ECC UGM, hanya untuk kamu.


Memiliki tujuan jelas

Saat Indonesia dikuasai penjajah, para pahlawan memiliki tujuan yang pasti dan jelas, yakni membuat Indonesia merdeka. “Ketika kamu ingin berkarir atau bekerja, kamu harus tahu ingin bekerja di mana dan juga di bidang apa,” ungkap Rudi.


Tahan banting

Setelah Indonesia merdeka pun, perjuangan para pahlawan tak terhenti sampai di situ. Peristiwa 10 November yang terjadi di Surabaya, merupakan salah satu ujian bagi bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya. Begitu pun dengan para pencari kerja yang harus berjuang dengan berbagai tantangan dan kegagalan dalam mencapai tujuannya. Rudi menegaskan, “Selain tujuan yang jelas, kamu juga harus tahan banting. Kalau guncangan sedikit saja kamu tak mampu mengatasinya, mungkin saja itu bukan impianmu.”

Semangat tinggi
“Coba perhatikan, seberapa besar usahamu mencari kerja? Bisa jadi kamu belum mendapat kerja karena semangatmu kurang tinggi,” tandas Rudi. Dahulu, mungkin saja para pahlawan kehilangan semangatnya. Namun hal tersebut tidak menyurutkan daya juang mereka untuk mencapai Indonesia merdeka dan mempertahankannya. Tingginya semangat juang inilah yang patut kamu contoh dalam menemukan pekerjaan impian.

Rela berkorban
Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia kala itu, tidak didapat dengan mudah. Para pahlawan berkorban tenaga, harta, keluarga, bahkan nyawa demi merebut kekuasaan dari bangsa penjajah. Sebagai pencari kerja, kamu pun harus siap berkorban banyak hal, salah satunya waktu. “Kamu harus mau mengorbankan waktu bersenang-senang untuk mengikuti kursus bahasa Inggris. Atau kamu juga harus rela waktu tidur berkurang untuk membaca buku atau informasi terbaru,” jelas Rudi.

Pepatah barat berujar, there is no free lunch. Begitu pula dengan keadaanmu saat ini. Jika kamu belum juga mendapatkan pekerjaan impian, bisa jadi karena empat sikap di atas belum kamu amalkan dengan baik. Sesuatu yang diusahakan dengan keras, nantinya ketika tercapai, kamu akan mendapat rasa puas yang berlipat! [CN]



Penulis         : Annisa Ika T.

Editor           : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Grafis           : Tongki A.W

Tags : nilai kepahlawanan 10 november, kepahlawanan bagi jobseeker, hari pahlawan, kota pahlawan
Kamu yang Jobseeker, Belajarlah Makna Hidup dari Para Pahlawan! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png