Do You Know, Selasa, 30/09/2014 12:00 WIB

Satu Orang Sepertimu Bisa Mengubah Dunia! Yuk, Ikut 7 Program Pengabdian Ini!

Setelah mendapatkan gelar sarjana, mungkin langkah selanjutnya adalah saatnya kamu mengabdi. Berikut adalah tujuh program pengabdian sarjana yang bisa kamu ikuti!
Satu Orang Sepertimu Bisa Mengubah Dunia! Yuk, Ikut 7 Program Pengabdian Ini!
Soekarno pernah mengatakan, "Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia.” Ucapan Soekarno itu ada benarnya.
Seyogianya, setelah gelar sarjana sudah kamu genggam, saatnya  menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah, salah satunya dengan terjun ke dalam program pengabdian masyarakat, seperti berikut:


1. Indonesia Mengajar (IM)

Siapa yang tak kenal dengan program hasil gagasan  Anies Baswedan ini. Sejak didirikan tahun 2009 hingga kini, IM sepertinya tak pernah sepi peminat. IM mengusung semangat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan dasar. Setiap tahun, ratusan Pengajar Muda dikirimkan ke berbagai pelosok negeri untuk mengabdi bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Lowongan Pengajar Muda di IM terbuka untuk lulusan S1. Yang jelas, pengalaman  mengajar selama setahun tersebut akan menambah bekalmu untuk bersaing di dunia kerja, terutama di bidang leadership. Untuk tahu lebih lanjut, kamu bisa klik http://indonesiamengajar.org/.


2. Program Sarjana Membangun Desa Wirausahawan Pendamping (SMD WP)
Bagi kamu, minimal lulusan D3,  dari Ilmu Peternakan atau Kedokteran Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Deptan) Kementerian Pertanian RI membuka kesempatan untuk ikut serta memajukan ekonomi desa. Program ini berlangsung sejak 2007 dengan kuota 100 orang/tahun. Menurut informasi dari http://www.deptan.go.id/, beberapa tugas seorang SMD WP nantinya adalah  membimbing kelompok usaha untuk  urusan pengelolaan administrasi, penerapan manajemen usaha, dan teknologi peternakan sesuai dengan Good Farming Practices (GFP). Terdapat honor dan biaya operasional bagi SMD WP setiap bulannya.

3. Program Pengabdian Sarjana Pendidikan atau Sarjana Mendidik  di Daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (SM-3T)
Diluncurkan pertama kali pada tahun 2012, Program Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) ini membuka kesempatan bagi lulusan  S1 program studi kependidikan. Sama seperti IM, program SM-3T berlangsung selama setahun. Melalui SM-3T, Dikti hendak mempersiapkan pendidik profesional yang kemudian akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru. Nah, jika kamu memang terpanggil untuk membantu menyelesaikan masalah pendidikan di daerah terdepan, terluar, tertinggal, silakan mengunjungi situs http://majubersama.dikti.go.id/.

4. Program Bakti Sarjana Kehutanan (BASARHUT)

Program ini ditujukan bagi lulusan sarjana kehutanan. Seperti yang dilansir oleh antaranews.com, program dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kehutanan, Kementerian Kehutanan, ini diprioritaskan untuk mendukung operasionalisasi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). BASARHUT  hendak memberi kesempatan dan pengalaman kerja di lapangan sekaligus sebagai pengembangan profesi rimbawan. Tenaga BASARHUT wajib melaksanakan tugas selama dua tahun serta berhak  mendapatkan honor dan biaya operasional setiap bulannnya. Info selengkapnya bisa diakses di http://bp2sdmk.dephut.go.id/.


5. Program Pendayagunaan Tenaga Kerja Sarjana (TKS)

Program ini bermula dari keprihatinan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans ) terkait  masalah pengangguran di Indonesia. Melalui program TKS, sarjana direkrut dan dilatih agar bisa  melakukan  kegiatan pemberdayaan dan pendampingan masyarakat, khususnya di pedesaan. Selama dua tahun, sarjana akan mengabdi untuk membantu kelompok usaha masyarakat melalui program-program untuk perluasan  kesempatan kerja. Dilansir oleh www.pikiran-rakyat.com, Kemenakertrans menargetkan sebanyak 1.600 orang TKS untuk dikirimkan ke pedesaan di 33 provinsi Indonesia pada tahun 2014.


Setelah masa tugas habis, TKS purna yang berminat merintis karir di bidang kewirausahaan akan mendapat pelatihan dan bantuan sarana usaha dari Kemenakertrans. Nah, kalau kamu termotivasi untuk mengabdi sekaligus  mengembangkan jiwa kewirausahaanmu, kamu bisa mengikuti program ini. Ingin tahu lebih lanjut, silakan kunjungi tksnakertrans.com.


6. Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP-3)

Program Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora) ini terbuka untuk lulusan sarjana dari semua jurusan. Namun, diutamakan dari jurusan ekonomi, keuangan, teknologi informatika, dan ilmu sosial. Pada tahun 2014, Kemenpora merekrut sebanyak 1.000 orang sarjana untuk ditempatkan di 494 desa di seluruh nusantara.


PSP-3 menitikberatkan pada peran pemuda di pedesaan untuk akselerasi pembangunan, mengingat begitu besar potensi yang mereka miliki jika difasilitasi dengan baik. Sama dengan program-program yang telah dijelaskan sebelumnya, sarjana yang mengikuti program ini akan mengabdi selama dua tahun. Penasaran? Kunjungi saja laman kemenpora.go.id.


7. Sarjana Pulang Kampung

Kenyataan yang terjadi, masih banyak  sarjana yang mengadu peruntungan di ibu kota ketimbang kembali dan mengabdi di kota kelahirannya. Seperti yang disiarkan kampus.okezone.com, inilah yang membuat Yayasan Kalla mendirikan program Sarjana Pulang Kampung. Dengan adanya program ini, diharapkan sarjana dapat berkontribusi aktif dalam mengembangkan perekonomian dan memanfaatkan potensi di kampungnya.

Syarat pendaftaran untuk mengikuti program ini antara lain merupakan warga negara Indonesia,  usia maksimal 27 tahun, IPK minimal 3,00, S1 bidang apapun, siap tidak menikah selama setahun, memiliki jiwa leadership, entrepreneurship, kepedulian sosial tinggi, dan kemampuan komunikasi yang baik. Informasi selanjutnya, bisa diakses melalui laman mediakalla.com.  

Ingat, apapun bentuk pengabdian yang dipilih, lakukanlah dengan berani  dan sepenuh hati demi kemajuan bangsa tercinta ini  Selamat mengabdi! [CN]



Penulis          : Elyzabeth Winda

Editor           : Vinia Rizqi, Rifki Amelia

Fotografer    : Adityo R.D


Tags : program sarjana, program pengabdian sarjana, 7 program pemuda tanah air, pengabdian masyarakat
Satu Orang Sepertimu Bisa Mengubah Dunia! Yuk, Ikut 7 Program Pengabdian Ini! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png