Do You Know, Selasa, 24/05/2016 11:28 WIB

Cara Rekruter Menilaimu Lewat Media Sosial

Apa jenis media sosial yang kamu gunakan? Rekruter bisa saja memberi penilaian tentang dirimu lewat akun media sosialmu lho.
Cara Rekruter Menilaimu Lewat Media Sosial
Menurut data yang dihimpun oleh Antaranews.com, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna jejaring sosial terbanyak di dunia.

Data tambahan yang dilansir bbc.co.uk menyebutkan bahwa diperkirakan ada 40 juta pengguna Facebook di antara 240 juta penduduk Indonesia. Berdasarkan data 2011, jumlah tersebut merupakan 21 persen penduduk Indonesia berusia antara 15-49 tahun dan memiliki akses untuk menggunakan internet.

Tak dapat dimungkiri, saat ini hampir setiap orang memiliki media sosial, mungkin juga termasuk kamu. Saat kamu melamar pekerjaan, para rekruter ternyata juga memberi penilaian kepadamu dengan melihat media sosialmu. Business.time.com menyebutkan bahwa 73 persen rekruter akan mengecek media sosialmu terutama profilmu pada LinkedIn, Facebook, dan juga Twitter.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan Association for Psychological Science, mengungkap bahwa foto di media sosial ternyata menunjukkan banyak sekali kesan yang memengaruhi cara orang menilai kepribadianmu. “Penelitian kami menemukan bahwa kesan yang didapat dari sebuah foto bisa sangat beragam, di antaranya pun banyak yang sangat berbanding terbalik dengan kepribadian sesungguhnya dari si pemilik akun,” terang Alexander Todorov, ahli psikologi dari Princeton University.

Selain itu, seperti dikutip dari forbes.com, sebaiknya kamu tidak memasang foto profil di LinkedIn bersama hewan peliharaan, suami/istri, ataupun anakmu. Sebab, foto seharusnya menunjukkan profesionalisme, bukannya malah kehidupan personal. Foto profil haruslah foto pribadimu, dengan mimik dan juga gestur yang menunjukkan bahwa kamu adalah seorang yang profesional. 

Untuk konten, buatlah spesifikasi kalimat dengan menggunakan kata-kata kunci yang mudah ditemukan. Jika kamu pengguna Twitter, status posting di timeline-mu dapat memberikan pengaruh kepada rekruter dalam menilai dirimu. Kamu juga sebaiknya melakukan update profil secara berkala dan menghapus beberapa posting atau komentar yang tampaknya tidak sesuai. Jangan juga membagikan foto, video, atau posting yang tidak sesuai dengan norma dan jangan membuat status yang tidak berkaitan dengan dunia profesional.

Di Indonesia, penggunaan akun media sosial untuk kepentingan rekrutmen belum sebanyak di luar negeri. Dengan berkembangnya era media sosial, seorang HR, terutama rekruter, harus mempunyai kompetensi yang baik dalam penggunaan media sosial. Lewat media sosial, pihak rekruter akan dapat dengan mudah mendapatkan karyawan yang benar dan sesuai, dengan melihat jejak digital lewat Facebook, Twitter, maupun media sosial lainnya. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Top Career Magazine, banyak headhunter yang menemukan kriteria kandidat yang cocok dengan apa yang dicari melalui LInkedIn.


Pemanfaatan media sosial

Lalu, hal -hal apa yang sebaiknya kamu lakukan? Simak beberapa tip sederhana yang dilansir dari forbes.com berikut:

1. Update selalu profil secara berkala. Banyak rekruter yang mencari kandidat karyawan baru hanya melalui profil seseorang di media sosialnya.

2. Terlibat dalam komunitas online sesuai dengan bidang yang kamu minati. Misalnya, jika kamu seorang engineer, bergabunglah dalam proyek-proyek open source, misalnya GitHub.

3. Bergabunglah dengan LinkedIn. Jejaring ini akan sangat membantumu untuk menemukan pekerjaan yang kamu impikan. Hampir 93 persen rekruter menggunakan LinkedIn sebagai salah satu cara untuk mencari kandidat yang mereka butuhkan. Dari jumlah tersebut, berdasarkan analisis dari socialmemos.com, sebanyak 1,3 juta pengguna LinkedIn berasal dari Indonesia.

4. Di LinkedIn, jangan lupa untuk menuliskan riwayat pekerjaan kamu sebelumnya, termasuk kegiatan volunteer dan sejenisnya, sebab kamu tak akan tahu kriteria pasti yang dibutuhkan oleh seorang rekruter.

5. Ikuti update terbaru dengan follow akun perusahaan di jejaring sosialmu. Lakukan pengawasan sederhana agar jika ada seseorang yang meninggalkan salah satu posisi di perusahaan incaranmu, kamu bisa langsung mendaftarkan diri untuk menggantikannya.

6. Bergabunglah dengan komunitas atau grup yang berkaitan dengan posisi karir yang kamu inginkan.

Nah, sudahkah kamu memperbarui profil di akun media sosialmu secara berkala? Kalau belum, mulailah dari sekarang!



Penulis         : Vinia Rizqi

Editor         : Rifki Amelia

Grafis         : Muhammad Setiawan


Tags : cara rekruter menilai akun media sosial Anda, media sosial dan rekrutmen, tip sukses rekrutmen
Cara Rekruter Menilaimu Lewat Media Sosial | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png