Web
Analytics
Jobseeker / workplace, Senin, 28/05/2018 15:38 WIB

Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!

Bagaimana puasamu, guys? Memasuki 10 hari kedua, tentu tubuhmu sudah mulai terbiasa dengan perubahan aktivitas yang berbeda dari hari-hari biasanya
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
Selama bulan puasa, tubuhmu akan mengalami banyak perubahan, mulai dari jam makan sampai jam istirahat. Padahal, aktivitas rutin, seperti tetap harus bekerja atau kuliah, menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline, beribadah, dan lain sebagainya adalah hal yang tak boleh alpa kamu lakukan


Agar tanggung jawab bisa selesai dengan maksimal dan tubuh tetap bugar, tentu kamu membutuhkan persiapan khusus. Banyak lho, aktivitas ringan yang bisa tetap rutin kamu lakukan di bulan Ramadhan untuk menunjang kelancaran berpuasa. Cekidot!

1. Jaga asupan sahur dan berbukamu

Makanan sudah pasti jadi hal utama, guys! Kadar gula darah dalam tubuhmu harus tetap stabil agar kamu tak mudah merasa lapar selama berada di jam produktifmu. Pilih makanan yang seimbang kandungan karbohidrat, protein, dan lemaknya.

Dikutip dari theasianparent.com, ada beberapa tips memilih makanan sehat selama berpuasa:

• Lebih baik memilih makanan yang direbus atau dikukus daripada digoreng. Minyak hanya akan membuatmu lebih mudah merasa haus

• Pilih nasi merah sebagai asupan karbohidratmu untuk menjaga kestabilan kadar gula darah

• Perbanyak makan buah. Saat sahur kamu bisa makan buah secara langsung daripada dalam bentuk jus. Hal ini dimasksudkan agar kamu bisa makan buah beserta dengan ampasnya. Dengan begitu, karbohidrat dalam buah bisa terserap oleh tubuh secara perlahan-lahan sehingga kestabilan kadar gula darah dapat terjaga selama puasa seharian. 

• Minumlah air putih yang cukup saat sahur

• Untuk membantu tubuh mencerna dan menyerap gizi dengan baik, jangan langsung tidur setelah sahur.

• Saat berbuka, mulailah dengan yang manis. Pilih jus buah ketimbang kolak atau sirup yang notabene banyak mengandung santan serta gula buatan. Pilih buah yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, atau jeruk.

2. Jangan buru-buru, lakukan bertahap

Saat jam berbuka tiba, banyak orang yang kemudian kalap untuk langsung menyantap banyak makanan. Menurut dr Asma’ul Kholifia dalam artikel Careernews yang berjudul Tetap Berstamina Saat Puasa (klik di sini untuk baca lagi), saat berbuka sebaiknya kita tetap makan secara bertahap. Hindari pula memilih makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Dilansir dari fimela.com, kita bisa mengawali berbuka dengan menu takjil yang sehat, seperti kurma dan air putih hangat. Selanjutnya, kamu jangan terburu-buru untuk langsung menyantap banyak makanan meski mereka terlihat sangat lezat. Beri jeda sekitar 30-60 menit untuk selanjutnya kamu bisa makan malam dengan porsi dan gizi seimbang.

3. Olahraga bukan pantangan meski sedang puasa

Olahraga ringan akan banyak berkontribusi pada kebugaran tubuhmu saat puasa. Tetap lakukan olahraga ringan selama puasa. Kapan waktu terbaik melakukannya?

Ada dua pandangan terkait hal ini. Dilansir dari laman Islamicity, olahraga sebelum berbuka bisa meningkatkan produksi hormon kortisol (hormon stres) jika dilakukan dalam intensitas tinggi. Hal ini bisa menurunkan daya tahan tubuh secara drastis. Jadi, olahraga sebaiknya dilakukan setelah berbuka karena tubuh telah mendapatkan kembali energinya dari makanan dan minuman berbuka.

Sedangkan menurut dr Michael Triangto, SpKO dilansir dari kompas.com, waktu paling tepat berolahraga selama puasa tergantung pada tujuan olahraga itu sendiri. Jika olahraga ditujukan untuk mencari kesegaran, maka pagi hari setelah sahur adalah waktu yang tepat. Pada jam tersebut, udara masih segar. Pilih olahraga yang ringan tentu saja, seperti jogging, bersepeda, yoga, lompat tali, atau stretching.

Sebaliknya, jika olahraga ditujukan untuk melatih otot atau mendapatkan keringat, maka kamu bisa melakukannya pada malam hari atau saat menunggu waktu berbuka. 

4. Segerakan pekerjaan yang paling berat di awal hari

Setiba di kantor, kamu bisa mulai menyusun list pekerjaan apa yang harus kamu selesaikan hari ini. Urutkan berdasarkan prioritasnya. Lakukan yang dirasa paling berat atau yang harus diselesaikan segera pada pagi hari saat tenaga dan semangat masih optimal.

5. Hidupkan jam istirahatmu di kantor

Saat berpuasa, jam istirahat di kantor tentu jadi momen yang sangat lowong. Kamu tidak memiliki agenda  makan siang. Tentu waktu istirahatmu jadi terasa lebih panjang. Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan selama jam istirahat untuk membuat mood dan pikiran lebih segar. Di antaranya, bercengkerama bersama teman untuk berbagi informasi, berselancar di media sosial, menonton film, mendengarkan musik favorit, membaca buku, atau bahkan pergi ke toko buku di dekat kantor jika memungkinkan.

6. Tidurmu haruslah berkualitas

Selama bulan puasa, tubuh pun akan beradaptasi terhadap jam tidur yang sedikit banyak berubah karena harus bangun sahur dan beribadah lebih di malam hari. Usahakan tidur malam sebelum pukul 10.00 untuk menjaga jam tidurmu tetap cukup di malam hari. Jika tidak ada aktivitas lain, kamu bisa memanfaatkan jam istirahat di kantor untuk tidur siang sejenak. Banyak riset menunjukkan bahwa tidur sejenak di siang hari mampu mengembalikan fokus dan konsentrasi seseorang. 

Dengan aktivitas baik dan teratur selama bulan Ramadhan, puasamu pasti akan berjalan dengan lancar. Tetap ingat untuk menjaga kebugaran tubuh untuk mendukung kamu menaklukkan hari-hari aktifmu. Selamat berpuasa!



Penulis : Rita Pamilia 

Editor : Puspa Aqirul Mala 

Grafis : Muhammad Setiawan 


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan Jobseeker / workplace,
Jumat, 02/11/2018 00:00 WIB Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan
90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018! Jobseeker / workplace,
Jumat, 19/10/2018 16:48 WIB 90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018!
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! Jobseeker / workplace,
Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Jobseeker / workplace,
Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png