Jobseeker / workplace, Kamis, 20/04/2017 09:23 WIB

Lama Belum Dapat Kerja, Ambil Seadanya Dulu Atau Tunggu yang Cocok Sampai Ketemu

Sudah terlanjur tanda tangan kontrak, tiba-tiba ada pekerjaan lain yang dirasa lebih cocok, harus bagaimana?
Lama Belum Dapat Kerja, Ambil Seadanya Dulu Atau Tunggu yang Cocok Sampai Ketemu
Pernah enggak sih kamu berhadapan dengan kondisi di mana kamu belum juga dapat pekerjaan yang sesuai bidang studi dan passion-mu tapi pekerjaan yang belum sesuai bidang studi justru sering menghampirimu? Kalau sudah begini, langkah apa yang akan kamu ambil?

Mungkin sebagian dari kamu akan tetap mengambil pekerjaan tersebut, meski mungkin berbeda dengan passion dan apa yang kamu pelajari selama ini. “Yang penting kerja dulu, cari pengalaman!” Pernyataan ini sering dijadikan alasan berkilah. Meski nantinya saat menjalaninya bisa saja kamu tidak bertahan lama karena merasa setengah hati saat menandatangani kontrak.

Namun, ada juga yang akan teguh menunggu sampai akhirnya bisa mendapat pekerjaan sesuai dengan harapannya. Meski mungkin butuh waktu cukup lama dan harus menjalani serangkaian tes rekrutmen panjang.


Lalu, sebenarnya langkah apa yang sebaiknya kita ambil?

Menurut Sri Muliati Abdullah atau Lia, Staf Ahli ECC UGM, mendapatkan pekerjaan yang sesuai passion dan bidang studi adalah hal yang ideal. “Namun sebenarnya, waktu kita jangan cuma dihabiskan untuk menunggu,” ujarnya.

Lia menuturkan saat kita berhadapan dengan kondisi di atas, ada baiknya untuk tetap melakukan eksplorasi. Mungkin saja pekerjaan yang akan kamu jalani nantinya kurang sesuai dengan bidang studi dan passion-mu. Kondisi yang datang pada kita memang belum tentu selalu ideal dan sesuai harapan, dan diri kita sendirilah yang sebaiknya beradaptasi untuk tetap meraih apa yang menjadi tujuan karir kita.

Kamu juga bisa mencoba mencari ketertarikan dari pekerjaan barumu itu. Pasti akan ada hal menyenangkan yang bisa kamu jumpai. Entah dari proses kerja, penggunaan piranti pekerjaan, dan sebagainya. “Berangkat kerja dengan open mind dulu. Pasti ada yang menarik,” ujar Lia.

Passion ideal boleh saja cuma satu. Namun, mengeksplorasi hal-hal lain yang mungkin menjadi kesukaanmu akan jadi hal yang lebih bijak. Kamu bisa memiliki bidang karir yang lebih luas dan akan lebih mudah beradaptasi dengan tantangan pekerjaan. “Buka pikiran kita, siapa tahu ada second passion,” tutur Lia.

Misalnya, kamu adalah lulusan pertanian, tidak selalu kamu harus bekerja di perusahaan. Kamu bisa menjadi socioentrepreneur atau menjadi jurnalis pertanian. Gali lagi peluang-peluang karir yang sesuai minatmu!


Kalau baru masuk kerja dan tiba-tiba diterima di perusahaan lain yang menurutmu lebih baik?

Penyakit yang biasa hadir di awal-awal prosesmu menemukan second passion dalam pekerjaan barumu adalah keinginan untuk masih mencari-cari hal yang menurutmu lebih baik. Hal ini sering dihinggapi oleh karyawan-karyawan baru, apalagi yang bekerja di perusahaan kecil, di kota kecil, atau perusahaan yang kurang dinamis. Pun, dengan pekerjaan yang sebenarnya kurang sesuai bidang studi. Ibarat berdiri, mungkin kamu sedang menguatkan kaki untuk bertahan di pekerjaan barumu.

Dalam kondisi ini, bisa saja ada perusahaan lain yang sebelumnya kamu lamar tiba-tiba memanggilmu dan memberikan kesempatan berkarir. Wah, jadi godaan lezat ya? Eits, tapi jangan langsung kepikiran untuk resign ya! Menurut Lia, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu jadikan catatan saat berada dalam situasi ini.

Pertama, pelajari kontrak kerjamu dengan perusahaanmu saat ini. Apakah ada penalti yang harus kamu terima jika resign sebelum masa kontrak selesai. Jika memang ada, pikirkan pula apakah penalti tersebut akan sepadan dengan pekerjaan barumu nanti.

Kedua, yakinkan bahwa pekerjaan barumu memang sudah sesuai dengan persepsimu. Cari tahu dulu apakah pekerjaan itu memang sudah sesuai harapanmu, bagaimana deskripsi kerjanya, penggajiannya, peluang karir yang disediakan, budaya perusahaan, dan lain sebagainya.

Memilih pekerjaan atau resign dari pekerjaan memang mutlak menjadi pilihanmu. Namun, perlu kamu tahu juga bahwa pekerjaan dikatakan ideal juga bergantung pada bagaimana kamu menjalani dan bersyukur atas apa yang kamu jalani. “Jangan berhenti dan menunggu yang benar-benar ideal, tapi mencarilah, eksplorasi dari pekerjaanmu sehari-hari,” tandas Lia.

Nah, bagaimana dengan proses pencarianmu? Sudah selesaikah?



Penulis      : Rita Pamilia

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis         : Swevel

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Hindari Hal Ini Kalau Kamu Mau Datang ke Job Fair! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/02/2019 10:09 WIB Hindari Hal Ini Kalau Kamu Mau Datang ke Job Fair!
Jangan Abaikan Hal Ini Bila Ingin Datang ke 25th CD! Jobseeker / workplace,
Jumat, 15/02/2019 10:03 WIB Jangan Abaikan Hal Ini Bila Ingin Datang ke 25th CD!
Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan Jobseeker / workplace,
Jumat, 02/11/2018 00:00 WIB Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan
90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018! Jobseeker / workplace,
Jumat, 19/10/2018 16:48 WIB 90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018!
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! Jobseeker / workplace,
Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Lama Belum Dapat Kerja, Ambil Seadanya Dulu Atau Tunggu yang Cocok Sampai Ketemu | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png