Jobseeker / workplace, Selasa, 18/04/2017 09:29 WIB

Kamu Wajib Lakukan Ini Kalau Kamu Masih Bingung Ingin Kerja Apa

Sering melamar ke lowongan untuk 'semua jurusan'? Jangan-jangan kamu mengalami masalah yang satu ini!
Kamu Wajib Lakukan Ini Kalau Kamu Masih Bingung Ingin Kerja Apa
Layaknya nakhoda yang akan membawa kapalnya bersafari, sudah sewajarnya dia bisa mengoperasikan kapal dan menentukan koordinat yang akan ditempuh untuk menuju lokasi tujuannya. Bagaimana kalau tidak seperti itu kondisinya? Tentu akan sulit untuk bisa sampai tujuan dengan tepat waktu dan selamat.

Demikian halnya dengan karirmu. Pasca lulus dari studi, kamu seharusnya tahu jalan apa yang selanjutnya akan kamu tempuh. Misalnya, kamu tahu akan bekerja sebagai apa dan di perusahaan mana. Atau jika ingin menjadi wirausahawan, maka kamu tahu usaha apa yang akan kamu jalankan, langkah apa saja yang akan kamu ambil, dan sebagainya. Sama halnya kalau kamu akan melanjutkan studi.

Namun berdasar data konseling kami tahun 2016, sebanyak 41 persen konseli memiliki masalah dalam hal mengarahkan dirinya, atau biasa disebut sebagai kemampuan self directedness. Hal ini diamini oleh Gita Nurani, People Development Manager ECC UGM. Banyak konseli yang datang ke meja konseling dengan low self directedness. “Mereka memiliki kelemahan untuk mengambil keputusan terkait karirnya,” ujarnya.

Padahal menurut Gita, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kemampuan self directedness-mu baik. Pertama, hidup kamu akan lebih terarah karena kamu memiliki target jangka panjang maupun pendek. Kamu akan tahu apa yang harus kamu lakukan.

Kedua, kamu akan jadi orang yang penuh inisiatif dan memiliki pendapat. “Dalam mengambil keputusan, dia tidak selalu mengandalkan penekanan dari orang lain,” ujar Gita.


Apakah kamu termasuk low self directedness?

Bagaimana cara mengetahuinya? Ada dua cara. Pertama, cari tahu apakah kamu masih merasa kebingungan dengan langkah karirmu atau tidak. Dalam melamar kerja, orang dengan low self directedness biasanya akan lebih sering melamar ke lowongan untuk semua jurusan.

Kedua, cari tahu juga apakah kamu termasuk orang yang bermoto 'let it flow'. Mereka dengan low self directedness biasanya tidak punya target hidup. Semua dibiarkan mengalir karena mereka sendiri tidak tahu apa saja yang harus dilakukan untuk hidupnya.

Jika dari cara-cara tersebut kamu mengalami keduanya atau salah satunya, tidak perlu panik dulu ya. Low self directedness bukan penyakit permanen. Kondisi ini hanya membutuhkan ketekunan dan konsistensi untuk mau sedikit berubah.

Tips pertama untuk keluar dari low self directedness adalah mencoba untuk mengenali dirimu. Gita mengatakan bahwa cara paling mudah dan murah mengenali diri sendiri adalah dengan melakukan online assessment. “Assessment diisi diri kamu sendiri, yang tahu hasilnya kan juga diri kamu sendiri. Kalau datang pada konselor mungkin kamu perlu menjelaskan dirimu terlebih dahulu karena konselor belum tahu background-mu,” jelasnya. Dengan melakukan assessment, kamu akan lebih mudah memahami kelebihan dan kelemahan diri sendiri.

Bagi kamu yang sudah menjadi member ECC UGM, kamu bisa menikmati free online assessment yang telah tersedia di halaman headquarter member-mu.

Kedua, perbanyak informasi terkait jurusan studi dan bidang ketertarikanmu. Misalnya kamu adalah lulusan hukum, maka kamu bisa mencari tahu profesi-profesi apa saja yang bisa diambil dari jurusan ini dan di mana kamu bisa bekerja untuk menjalani profesi tersebut.     

Kamu juga bisa sharing dengan sesama lulusan atau komunitas dan melihat profesi apa yang biasanya sukses dan paling sesuai dengan ketertarikanmu.

Terakhir, pilihlah role model. Dia bisa berasal dari kakak kelasmu atau tokoh tertentu yang sekiranya bisa memberimu motivasi untuk berkembang serta menentukan career path.

Jadi mulai sekarang, tidak alasan untuk selalu melamar ke 'semua jurusan' ya.




Penulis      : Rita Pamilia

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis         : Muhammad Rizal


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Hindari Hal Ini Kalau Kamu Mau Datang ke Job Fair! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/02/2019 10:09 WIB Hindari Hal Ini Kalau Kamu Mau Datang ke Job Fair!
Jangan Abaikan Hal Ini Bila Ingin Datang ke 25th CD! Jobseeker / workplace,
Jumat, 15/02/2019 10:03 WIB Jangan Abaikan Hal Ini Bila Ingin Datang ke 25th CD!
Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan Jobseeker / workplace,
Jumat, 02/11/2018 00:00 WIB Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan
90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018! Jobseeker / workplace,
Jumat, 19/10/2018 16:48 WIB 90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018!
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! Jobseeker / workplace,
Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Kamu Wajib Lakukan Ini Kalau Kamu Masih Bingung Ingin Kerja Apa | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png