Jobseeker / workplace, Kamis, 30/03/2017 12:04 WIB

Orang Kayak Gini Nih yang Bisa Kerja di Bank

Benarkah harus berpenampilan menarik?
Orang Kayak Gini Nih yang Bisa Kerja di Bank
Setiap ada lowongan dari perusahaan perbankan, ECC UGM selalu mendapati banyak jobseeker yang melamar. Apalagi jika posisi ini dibuka saat jobfair, sudah pasti antrian akan mengular.

Apa sih enaknya kerja di bank? Banyak pendapat yang terlontar, mulai dari gaji terjamin, prestige, sampai kepastian karir.

Sayangnya, dari sekian ribu lamaran yang masuk ke perusahaan perbankan, hanya segelintir yang bisa lolos sampai menjadi karyawan. Perusahaan perbankan sendiri sebenarnya tidak membatasi berapa jumlah karyawan yang akan diterima. Sejauh mereka menemukan kandidat berpotensi, berapapun jumlahnya, tentu akan langsung direkrut.

Dan siapa saja sih orang yang bisa kerja di bank? Kami coba paparkan beberapa kriteria yang biasanya diterima di perusahaan perbankan, berdasarkan wawancara kami bersama Siti Nur Chasanah, M.Psi., Psikolog atau biasa disapa dengan Nur, Tim Human Resources Service ECC UGM.


1. Super teliti dan cermat

Sekian dari pekerja bank pasti pernah jadi bendahara saat ada event di SMA. Tidak heran karena pekerjaan mereka sedikit banyak memiliki kemiripan. Mereka yang bertahan dan bisa bekerja di bank biasanya memiliki kriteria teliti dan cermat. Bisa kamu bayangkan jika akhir bulan datang dan tumpukan laporan diminta untuk segera dikerjakan. Semua tampak seperti deretan angka. “Beda nol satu aja sudah beda nilainya,“ ujar Nur.


2. Mengedepankan pelayanan

Jangan harap bisa kerja di sektor ini jika kamu bukan orang yang 'suka melayani'. Sektor perbankan memang masuk ke dalam sektor jasa. Tak heran jika pelayanan menjadi hal utama. Apalagi bagi mereka yang ada di lini depan seperti teller dan customer service, sudah tentu perlu orang yang siap dan bersedia memberikan pelayanan prima.


3. Sabar

Kerja di bank juga identik dengan tekanan kerja yang tinggi. Khusus mereka yang ada di lini depan, kesabaran adalah salah satu faktor penting yang harus dimiliki. Bayangkan saja, setiap hari kamu akan bertemu dengan nasabah dengan berbagai karakter. Semuanya belum tentu dalam kondisi mood yang bersahabat. Tidak hanya teller dan customer service, mereka yang ada di bagian advisor maupun account executive juga perlu jadi orang yang sabar karena akan menjumpai nasabah setiap harinya.


4. Murah senyum

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, sektor perbankan adalah bidang kerja yang memegang teguh asas service-oriented. Dengan berbagai kondisi nasabah, menjadi orang yang ramah sudah pasti diperlukan. Enggak mau kan nasabahmu marah-marah atau pergi begitu saja karena takut melihat wajah sadismu?


5. Enggak gampang bosan

Pekerjaan di bank relatif itu-itu saja. Meski terkesan tidak banyak perubahan, tapi justru di situlah tantangan sesungguhnya telah dimulai. Dibutuhkan orang yang sanggup bekerja optimal karena harus mengerjakan pekerjaan yang cukup monoton.


6. Rapi dan sistematis

Pekerjaannya boleh saja tidak terlalu dinamis, tapi jangan remehkan pekerja bank. Mereka yang bekerja di sini mayoritas adalah kumpulan pecinta kerapian dan keteraturan. Mulai dari seragam, pekerja bank sudah memiliki standarnya sendiri. Mereka harus tampil rapi dan sesuai prosedur. Contoh lain adalah mereka yang berada di lini depan. Pertanyaan dan masalah nasabah akan diselesaikan sesuai dengan SOP-nya masing-masing. Setiap pekerjaan sudah memiliki alur tersendiri agar selesai sesuai target yang diharapkan.


7. Berpenampilan menarik

Suatu saat kami berkesempatan berbincang dengan salah satu officer perusahaan perbankan. Dari sini kami dapati informasi, bahwa bukan cantik atau tampan yang menjadi syarat diterimanya seseorang di bank. Berpenampilan menarik bisa meliputi banyak faktor, termasuk di antaranya inner beauty. Mungkin seseorang dikatakan tidak terlalu cantik, tapi dia bisa diterima di bank karena mampu menunjukkan potensi dan kompetensi dengan percaya diri. Pernah kan menjumpai orang yang dikatakan biasa saja secara fisik namun kamu bisa tidak berkedip ketika dia berbicara?

Kriteria ini memang penting dicantumkan sebagai syarat pegawai bank. Mengapa? Karena setiap hari kamu akan bertemu dengan nasabah. Penampilan yang meyakinkan akan jadi faktor plus untuk menarik hati nasabah. Apalagi penampilan juga jadi salah satu pengusung brand perusahaan.

Sudah siap melamar kerja di bank? Apa poin-poin di atas sudah kamu miliki?




Penulis      : Rita Pamilia

Editor        : Yuana Anandatama


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Hindari Hal Ini Kalau Kamu Mau Datang ke Job Fair! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/02/2019 10:09 WIB Hindari Hal Ini Kalau Kamu Mau Datang ke Job Fair!
Jangan Abaikan Hal Ini Bila Ingin Datang ke 25th CD! Jobseeker / workplace,
Jumat, 15/02/2019 10:03 WIB Jangan Abaikan Hal Ini Bila Ingin Datang ke 25th CD!
Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan Jobseeker / workplace,
Jumat, 02/11/2018 00:00 WIB Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan
90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018! Jobseeker / workplace,
Jumat, 19/10/2018 16:48 WIB 90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018!
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! Jobseeker / workplace,
Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Orang Kayak Gini Nih yang Bisa Kerja di Bank | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png