Web
Analytics
Jobseeker / workplace, Selasa, 28/06/2016 10:58 WIB

Kena PHK Tak Harus Buatmu “Nganggur” Seumur Hidup, Jangan Sampai!

Kamu habis di-PHK? Masih adakah kesempatan buatmu bekerja di tempat lain?
Kena PHK Tak Harus Buatmu “Nganggur” Seumur Hidup, Jangan Sampai!
Pengalaman di-PHK tentunya bukan pengalaman yang menyenangkan. Ditambah lagi, pengalaman itu bisa jadi ‘catatan hitam’ untuk karirmu. Nah, jika ingin melamar kerja di tempat lain, apakah pengalaman PHK akan jadi batu sandungan?

Jangan berkecil hati dulu, kesempatan masih terbuka lebar. Tentu dengan syarat-syarat tertentu. Nah, apa saja, ya?


Alasan PHK masih bisa diterima

PHK tak hanya sebatas pemecatan saja, ada beberapa jenis dan alasannya yang beragam, baik dari sisi perusahaan maupun dari sisi karyawannya. Biasanya, karyawan yang terkena PHK karena kondisi perusahaan sedang tidak baik masih bisa diterima. Lain halnya dengan PHK oleh perusahaan karena karyawan tersebut dinilai under performer atau bahkan melanggar etika kerja.

Menurut Adhiyos Aulia Putra dari International Labour Organization (ILO), diterima atau tidaknya seseorang ke perusahaan baru setelah terkena PHK, tergantung pada track record masing-masing individu. “Kalau dia track record-nya bagus dan perusahaan mengeluarkan dia secara baik-baik, biasanya ada surat keterangan,” paparnya. Pada kasus seperti ini, biasanya perusahaan terpaksa mem-PHK karena kondisi perusahaan sedang tidak baik sehingga mengharuskan adanya pengurangan tenaga kerja.

“Kolaps itu biasa, namanya perusahaan rugi itu biasa. Jadi, perusahaan lain pasti tetap menerima dia karena mungkin dia punya achievement,” paparnya. Lain halnya dengan PHK karena karyawan tersebut tersandung kasus, yang tentu akan menambah track record tidak bagus. Biasanya kalau perusahaan baru yang dituju tahu tentang hal ini, ia tidak akan diterima.

Hal ini diamini pula oleh Rinanti Nur Hapsari, Manajer HRD ECC. Masalah pelanggaran etika bisa menjadi sandungan besar bila karyawan tersebut akan melamar kerja di tempat lain. “Misalnya kasus pencurian di tempat yang lama atau pelecehan, itu akan sulit,” katanya.

Alasan lain yang masih bisa diterima dalam level tertentu adalah faktor psikologis. Seorang karyawan bisa memiliki kecenderungan untuk tidak bisa bekerja dalam sistem, atau menurut Rinanti bersifat rebel. Jika sampai menimbulkan konflik yang kontraproduktif, karyawan semacam ini bisa di-PHK. Namun, masih membuka kemungkinan ia diterima bekerja di tempat lain.


Punya potensi dan pengalaman yang lebih

Dalam rekrutmen, ada kasus seseorang yang pernah di-PHK ikut melamar pekerjaan dan perekrut tahu hal ini. Di sisi lain, banyak pesaing yang track record-nya bersih dari PHK. Mungkinkah perusahaan justru menerima individu yang pernah di-PHK tersebut? Dalam beberapa kasus, hal itu sangat mungkin terjadi. Biasanya si calon karyawan baru dianggap punya pengalaman kerja yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan alasan PHK di tempat sebelumnya bisa ditoleransi.

Gita Aulia Nurani, People Development Manager ECC menjelaskan, “Kalau misalnya ada dua pilihan, yang dulu bekas di-PHK, dan satunya tidak. Ternyata yang diambil adalah yang dulunya pernah di-PHK, itu hampir bisa dipastikan karena faktor pengalaman.”

Gita menambahkan, dari sisi psikologis orang yang pernah di-PHK, terutama untuk alasan yang positif, biasanya dia adalah tipe-tipe orang yang berani mengambil risiko. “Nah, kalau untuk perusahaan yang memang tidak masalah dan membutuhkan orang-orang berani seperti ini, biasanya akan diambil. Tentu dengan dilihat juga potensi dia yang lain,” lanjutnya.

Adhiyos juga membenarkan bahwa pengalaman kerja menjadi nilai plus dan pertimbangan bila perusahaan ingin merekrut seseorang yang pernah di-PHK. “Kadang-kadang perusahaan mencari kandidat yang sesuai kriteria itu susah, apalagi yang sudah punya pengalaman kerja,” kata Adhiyos.


Ceritakan secara positif   

Kemungkinan seseorang yang pernah di-PHK untuk diterima bekerja di perusahaan lain, sebenarnya sangat terbuka. Agar jalan diterima lebih mulus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat wawancara kerja. Biasanya pengalaman PHK akan ditutupi oleh calon karyawan tapi bisa juga hal tersebut terungkap.

Rinanti menyarankan, jika pewawancara di perusahaan baru tahu bahwa kandidat pernah di-PHK, ungkapkan alasan yang bagus. Jika di-PHK karena kondisi perusahaan memburuk, ceritakanlah prosesnya tapi tetap dalam framing positif. “Jelaskan dengan baik-baik bahwa kondisi perusahaan kurang bagus sehingga semua kena PHK tidak hanya saya, begitu misalnya” lanjutnya. “Ungkapkan bahwa meskipun di-PHK tapi tetap semangat untuk mencari kerja yang baru dan akan menggunakan pengalaman di masa lalu, untuk memiliki kinerja lebih baik lagi di perusahaan baru,” imbuh Rinanti. Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai menjelek-jelekkan perusahaan yang lama karena malah akan memberi citra buruk pada diri kandidat.

Jika kasus PHK didasari karena faktor pribadi, tetap ceritakan secara positif. Rinanti menambahkan, biasanya orang akan mengatakan alasan PHK dari faktor pribadi ini karena perbedaan visi misi. “Biasanya dia akan bilang bahwa di perusahaan yang lama, punya perbedaan visi dan misi, atau ingin mengembangkan diri lagi, atau mencari pengalaman baru,” paparnya

Dunia belum berakhir bila karyawan terkena PHK. Belajarlah dari pengalaman, perbaiki diri, dan siap cari kerja lagi. Tetap semangat meraih karir gemilang!



Penulis      : Odillia Enggar

Editor        : Ratih Wilda dan Yuana Anandatama

Grafis        : Ardiansyah Bahrul

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan Jobseeker / workplace,
Jumat, 02/11/2018 00:00 WIB Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan
90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018! Jobseeker / workplace,
Jumat, 19/10/2018 16:48 WIB 90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018!
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! Jobseeker / workplace,
Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Jobseeker / workplace,
Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
Kena PHK Tak Harus Buatmu “Nganggur” Seumur Hidup, Jangan Sampai! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png