Web
Analytics
Campus, Rabu, 04/05/2016 14:48 WIB

Belajar Bahasa Asing Mahal? Coba Cara ini, Yuk!

Kamu bisa manfaatkan jaringan internetmu buat belajar bahasa asing secara online. Penasaran?
Belajar Bahasa Asing Mahal? Coba Cara ini, Yuk!
Memperdalam bahasa Inggris, mungkin bisa kamu lakukan dengan kursus. Namun, jika kamu tertarik mempelajari bahasa negara lain yang tak banyak dibuka kelas kursusnya, mungkin akan sedikit sulit. Selain itu, biaya untuk kursusnya pun tak sedikit.

Solusi untuk masalah tersebut sangat mudah, kamu bisa belajar bahasa asing secara online! Bukan hanya belajar vocabulary saja, kamu bahkan bisa belajar dengan native speaker secara langsung. Mudah dan hemat, bukan?

Selain itu, belajar dengan native speaker bisa buatmu lebih paham penerapan bahasa tersebut. Kamu bisa ngobrol tentang negara asalnya, sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan karena siapa tahu suatu hari nanti kamu berkesempatan traveling ke sana.

Nah, di bawah ini ada beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk memperlancar kemampuan berbahasa asingmu. Simak, ya!


1. Italki

Melalui situs ini, kamu bisa belajar lebih dari 50 bahasa di dunia hanya perlu membuat akun di www.italki.com. Pilih bahasa yang ingin kamu pelajari lalu kamu bisa belajar langsung dengan native speaker dari berbagai belahan dunia.

Situs ini menawarkan tiga jasa, pertama adalah professional lessons, yaitu belajar bahasa bersama mereka yang telah memegang sertifikat mengajar bahasa dan berpengalaman. Mengikuti kursus ini kamu akan dikenakan sejumlah biaya. Kedua adalah belajar melalui informal tutor, yakni mereka yang secara tak resmi jadi pengajar bahasa di Italki dan tak memiliki pengalaman atau sertifikat mengajar bahasa. Biaya belajar dengan mereka cenderung lebih murah. Mereka juga mau menjelaskan serta mengoreksi jika kamu masih salah dalam pengucapan.

Terakhir, adalah belajar bahasa secara gratis dengan mereka yang menguasai bahasa yang kamu pelajari dan tengah belajar bahasa Indonesia. Dengan kata lain, kamu bertukar pelajaran bahasa bersama pengguna Italki.


2. Busuu

Busuu menyediakan fitur yang memungkinkan kamu belajar 12 bahasa dalam bentuk tulisan, audio, dan juga kesempatan untuk terhubung dengan sesama pengguna Busuu yang sedang belajar bahasa asing, juga native speakers secara real time.

Namun, untuk jadi member premium yang bisa mengakses semua materi secara lengkap, kamu harus mengeluarkan biaya. Free member trial selama 7 hari bisa kamu coba, sebelum memutuskan jadi member premium. Busuu ini sangat tepat untuk kamu yang ingin belajar bahasa asing tapi sebelumnya sudah punya sedikit pemahaman bahasa yang ingin kamu kuasai tersebut.


3. Babbel

Belajar 14 bahasa asing secara online dengan Babbel, bisa diakses lewat website dan aplikasi. Babbel bisa kamu gunakan secara gratis untuk pemula. Dibandingkan platform dan aplikasi belajar bahasa yang lain, materi di Babel bisa dikatakan melebihi ekspektasi. Pelajaran yang diberikan terbilang tepat, tidak terlalu mudah maupun terlalu sulit.

Jika ingin memperdalam kemampuan, kamu bisa ikut kursus online dengan mengeluarkan biaya sekitar 13 USD per bulan. Untuk menentukan apakah kursus ini bisa bermanfaat bagi kamu atau tidak, kamu bisa ikut trial-nya lebih dulu.


4. Duolingo

Duolingo adalah platform belajar 59 bahasa asing secara gratis yang bisa diunduh dalam bentuk aplikasi di IOS, Android, serta Windows 8 dan 10. Aplikasi ini menawarkan fitur game, jadi kamu akan belajar bahasa asing dalam format game. Seru bukan?

Sebelum memulai, kamu sebaiknya mengambil placement test, jadi jika kemampuan bahasamu sudah cukup baik, kamu tidak perlu mempelajari materi dasar lagi. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan berbagai fitur yang memudahkanmu dalam memahami kalimat, memotivasi untuk terus belajar, serta tidak melupakan materi yang sudah kamu pelajari sebelumnya. User interface aplikasi ini menarik sehingga belajar bahasa jadi lebih menyenangkan.


5. Memrise

Lebih dari 200 bahasa tersedia di Memrise. Tidak hanya bisa diakses melalui website, pengguna IOS dan Android juga bisa mengunduh aplikasi ini. Fitur yang ditawarkan hampir sama dengan Duolingo. Bedanya, Memrise lebih fokus ke kata, sedangkan Duolingo ke perkataan atau penyusunan kata. Namun, keduanya sama-sama sesuai untuk pemula dan bisa digunakan untuk saling melengkapi.

Selain itu, di Memrise, pengguna juga bisa ikut menyusun atau memberikan materi. Variasi pelajaran bahasa asingnya pun sangat banyak, meski beberapa ada yang kurang kompeten.


6. Hellotalk

Aplikasi ini bisa kamu unduh dalam bentuk aplikasi di ponsel IOS atau Android mu. Aplikasi ini menggunakan tampilan seperti jejaring sosial percakapan. Pengguna bisa melakukan komunikasi dengan pengguna lain yang merupakan native speakers. Untuk berkomunikasi di chat room, isi percakapan harus mencapai minimal 500 karakter atau minimal 5 menit untuk video call maupun voice call, sebelum berganti percakapan dalam bahasa lain. Ini memotivasi pengguna untuk belajar komunikasi dalam bahasa lain secara konstan.

Pengguna juga bisa saling mengoreksi kesalahan bahasa dalam percakapan di chat room atau dari komentar yang diberikan di postingan pengguna lain. Aplikasi ini tepat untuk kamu yang ingin bercakap-cakap secara langsung dengan pengguna bahasa dari belahan dunia lain, sekaligus mempelajari kultur mereka. Aplikasi ini bisa digunakan siapa saja, baik pemula maupun yang sudah ahli di bahasa asing tertentu.

Masing-masing platform belajar bahasa asing punya plus dan minus-nya sendiri. Sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan, serta lihat kembali mana yang paling nyaman kamu gunakan dan bisa mengasah kemampuan berbahasamu secara konstan. Yuk, belajar bahasa asing dari sekarang! Hwaiting!



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Ardiansyah Bahrul A.

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Belajar Bahasa Asing Mahal? Coba Cara ini, Yuk! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png