Web
Analytics
Campus, Senin, 28/03/2016 09:44 WIB

Kuliah Sekaligus Keliling Eropa? Kenapa Tidak!

Berharap bisa jalan-jalan di Benua Biru, tapi uang tak cukup? Kamu perlu tahu cara jitu buat keliling Eropa!
Kuliah Sekaligus Keliling Eropa? Kenapa Tidak!
Berhasil kuliah di negara Eropa tapi belum pernah jalan-jalan karena takut pengeluaran membengkak? Nah, Careernews punya tips-tips untukmu agar dapat mengunjungi tempat-tempat wisata di Eropa tanpa membuat uang sakumu habis!

Berikut tips yang didapat langsung dari Mexind Suko Utomo, yang berkuliah di Ecole Nationale d’Administration, Perancis, dan Roida Hasna A. yang berkuliah di Canakkale, Turki. Simak, ya!


1. Backpacker

Istilah ini pasti sudah tidak asing didengar, apalagi bagi kamu yang suka pergi jalan-jalan. Sekarang, banyak orang yang menggunakan cara yang disebut backpacker ini untuk menghemat acara jalan-jalan mereka. Berbekal satu buah tas ransel besar berisi barang kebutuhan secukupnya dan uang yang pas-pasan, para backpacker sudah bisa meng-explore dunia.

Untuk kamu yang mau Europe Trip, kamu bisa gunakan prinsip ala backpacker ini untuk menjelajahi negara-negara di Eropa. Tidak perlu bermahal-mahal, impianmu keliling Eropa bisa terkabul.


2. Teman adalah private tour guide

Mau jalan-jalan ke berbagai negara di Eropa tapi bingung mau kemana? Teman kamu bisa menjadi solusinya. Teman yang dimaksud adalah orang yang mengetahui daerah dan sudut-sudut kota yang ingin kamu kunjungi atau malahan mereka yang akan menyarankanmu tempat-tempat yang menarik.

Keuntungannya adalah kamu tidak harus mengeluarkan biaya untuk menyewa tour guide. Hemat dan praktis, bukan?


3. Transportasi hemat

Ini juga salah satu tips berlibur dengan cara backpacker, yaitu menggunakan transportasi umum jika tempat tujuannya jauh, dan berjalan kaki untuk tujuan yang dekat. Di beberapa negara Eropa, mahasiswa yang mengambil studi di negara tersebut mendapatkan potongan harga bila menggunakan transportasi umum, dengan cara menunjukkan kartu mahasiswa. Kamu bisa menjangkau mana saja dengan biaya transportasi yang hemat.

Apalagi jika kamu mempunyai teman yang mau sukarela meminjamkan atau menemani dengan menggunakan kendaraan miliknya. Kamu bisa leluasa pergi ke berbagai tempat tanpa berjalan kaki atau menunggu bis datang.


4. Penginapan

Jika tempat tujuanmu hanya di sekitar tempat tinggal atau asrama, tentu kamu tidak perlu pusing untuk urusan di mana akan tidur. Namun, bagaimana jika di kota lain? Atau negara Eropa lainnya?

Kamu harus pandai-pandai dalam mencari info tempat menginap yang murah dan nyaman. Tidak perlu hotel berbintang, cukup tempat yang bisa untuk berlindung, tidur, serta layak untuk ditinggali sementara. Solusi paling jitu adalah lagi-lagi dari teman. Kamu bisa menumpang sementara di rumah atau kamar sewanya. Ini akan lebih memangkas biaya pengeluaran.


5. Destinasi murah dan gratis

Kalau untuk urusan tempat tujuan, kamu harus rajin-rajin untuk mencari info di internet atau bertanya ke teman tentang tempat wisata yang bagus dan murah. Hal ini adalah poin utama untuk bepergian dengan hemat karena kamu pasti tidak ingin jika sudah berada di tempat tujuan, ternyata biaya yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kantong. Bahkan, lebih parahnya lagi, mendapati tempat wisata tidak sesuai dengan harapan padahal sudah membayar mahal.

Tempat wisata yang murah dan gratis tidak selalu buruk kok, di negara-negara Eropa, banyak yang menerapkan tarif murah bagi para wisatawan untuk berkunjung. Ini karena kebanyakan negara di Eropa adalah negara maju yang peduli pada kesejahteraan penduduk dan wisatawan sehingga pemerintah di sana memberikan kenyamanan dan kemudahan untuk bisa mengakses tempat wisata. Kamu bisa berkunjung ke museum, taman-taman kota, dan landmark suatu negara yang dibuka untuk umum dengan tarif murah atau bahkan gratis.

Mudah, bukan? Yuk, segara susun rencana keliling Eropa dan jadikan jadi perjalanan tak terlupakan!



Penulis      : Anisa N. R

Editor        : Ratih Wilda dan Yuana Anandatama

Grafis        : Ardiansyah Bahrul A.

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Kuliah Sekaligus Keliling Eropa? Kenapa Tidak! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png