Jobseeker / workplace, Kamis, 08/10/2015 14:48 WIB

10 Jenis Asuransi dan 4 Tips untuk Memilihnya Sesuai Kebutuhanmu

Dunia itu bundar. Ada kalanya seseorang di atas, ada kalanya di bawah. Peribahasa ini juga tepat untuk kamu terapkan dalam kehidupan sebagai seorang karyawan atau pengusaha. 
10 Jenis Asuransi dan 4 Tips untuk Memilihnya Sesuai Kebutuhanmu
Ada kalanya, kamu mendapatkan banyak pemasukan. Di lain waktu, pengeluaranmu bisa saja naik secara tiba-tiba. Maka di kala lapang, jangan lupa untuk berinvestasi. Salah satu alternatif investasi yang cukup baik dan bisa meminimalisasi risiko atas kejadian yang tak terduga adalah asuransi. 

Seperti dilansir cermati.com, asuransi merupakan sebuah perjanjian antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat yang memegang polis dan dikenal sebagai tertanggung yang diwajibkan untuk membayar sejumlah premi dalam rangka memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tak terduga.

Asuransi sendiri memiliki banyak macam yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia, dikutip dari situs yang sama.


1. Asuransi jiwa

Asuransi ini memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Sistem pembayarannya bermacam-macam, tergantung dari perusahaan yang menyediakannya. Asuransi jiwa juga bisa dibeli atas nama tertanggung atau untuk kepentingan orang ketiga. Bahkan asuransi jiwa juga bisa dibeli pada kehidupan orang lain. Contohnya, suami bisa membeli asuransi jiwa yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah kematian sang istri.


2. Asuransi kesehatan

Produk ini menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit serta menanggung biaya proses perawatan. Umumnya, sakit yang biayanya dapat ditanggung adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.


3. Asuransi kendaraan

Di Indonesia, salah satu asuransi yang paling banyak digunakan adalah asuransi untuk mobil. Asuransi ini memberikan manfaat apabila mobilmu rusak atau hilang. Perusahaan asuransi akan membayar kehilangan atau kerusakan mobilmu.


4. Asuransi kepemilikan rumah dan properti

Rumah dan properti adalah salah satu aset yang prospektif untuk dimiliki dan dilindungi. Tiap tahun harga jualnya terus naik. Maka, kamu yang ingin melindungi rumah dan properti dari kehilangan atau kerusakan bisa menggunakan asuransi ini.


5. Asuransi pendidikan

Asuransi kelima ini juga paling banyak digunakan oleh warga Indonesia. Salah satu alternatif dan solusi menjamin pendidikan anak. Lewat ini kamu bisa merencanakan pendidikan anak-anakmu sejak SD hingga perguruan tinggi.


6. Asuransi bisnis

Kalau kamu seorang pebisnis, kamu bisa menggunakan asuransi jenis ini. Bisnismu akan diproteksi terhadap kerusakan, kehilangan, maupun kerugian dalam jumlah besar yang mungkin terjadi pada bisnismu.


7. Asuransi umum

Asuransi ini merupakan proteksi terhadap risiko atas kerugian maupun kehilangan manfaat dan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Asuransi ini bersifat jangka pendek. 


8. Asuransi kredit

Asuransi ini merupakan proteksi atas risiko kegagalan debitur untuk melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai seperti modal kerja, kredit perdagangan, dan lain-lain. Asuransi ini juga berkaitan erat dengan jasa perbankan, terutama di bidang perkreditan.


9. Asuransi kelautan

Fungsi asuransi kelautan adalah untuk memastikan proteksi pengangkut serta pemilik kargo. Risiko yang mungkin terjadi yaitu kerusakan kargo, kerusakan kapal, dan melukai penumpang.


10. Asuransi perjalanan

Terakhir, asuransi ini biasanya sudah umum kita dapatkan saat melakukan perjalanan. Manfaat menggunakan atau mendapatkan asuransi perjalanan yaitu kamu akan mendapatkan proteksi dan penanggungan biaya untuk kecelakaan yang menimpa pembeli premi, santunan kecelakaan pribadi, tanggungan biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, hingga proteksi terhadap barang-barang bawaan yang memiliki risiko hilang atau rusak.


Sebelum memutuskan memilih salah satu atau beberapa jenis asuransi, ada baiknya kamu baca dulu tips-tips memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apa saja?


1. Mengenal lebih jauh jenis-jenis asuransi

Tips pertama adalah yang paling mendasar sebelum memutuskan untuk berinvestasi di asuransi. Kamu harus tahu hingga mengenal lebih jauh masing-masing jenis asuransi. Ketahui hak dan kewajiban yang harus kamu bayar. Lewat cara ini, kamu tidak akan salah dalam berinvestasi.


2. Sesuaikan dengan kebutuhanmu

Sesuaikan asuransi dengan kebutuhanmu. Biasanya beberapa perusahaan asuransi akan menawarkan lebih dari satu produk asuransi kepadamu. Keuntungannya, kalau kamu sudah tahu apa kebutuhanmu, kamu akan dengan senang hati dan semangat membayar premi sesuai perjanjian.


3. Sesuaikan dengan anggaranmu

Tips ketiga, sesuaikan dengan anggaranmu. Pilah-pilah gajimu dalam satu bulan misal, mana uang untuk kebutuhan sehari-hari dan mana uang untuk investasi asuransi. Dengan menyesuaikan anggaran sebelum memilih, kamu akan mendapatkan asuransi yang paling sesuai dengan anggaranmu.


4. Pilih perusahaan asuransi yang kredibel

Saat ini, sangat banyak bermunculan perusahaan yang menyediakan jasa investasi asuransi. Pilihlah dengan baik-baik, lihat track record mereka, cari informasi sebanyak-banyaknya, serta jangan mudah percaya pada perusahaan yang memberikan penawaran menggiurkan. Biasanya perusahaan yang memberikan penawaran menggiurkan dan tidak masuk akal memiliki indikasi kuat ke arah penipuan.


Ini masalah uang, perlindungan, dan masa depan, jadi pilih dengan hati-hati ya. Semoga tips di atas bermanfaat! [CN]



Penulis    : Sandi Iswahyudi

Editor      : Rifki Amelia F.

Grafis      : Ardiansyah Bahrul A.

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan Jobseeker / workplace,
Jumat, 02/11/2018 00:00 WIB Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan
90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018! Jobseeker / workplace,
Jumat, 19/10/2018 16:48 WIB 90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018!
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! Jobseeker / workplace,
Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja! Jobseeker / workplace,
Selasa, 26/06/2018 18:19 WIB Jangan Sampai 7 Hal Ini Bikin Kamu Gagal Lolos Wawancara Kerja!
Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh! Jobseeker / workplace,
Senin, 28/05/2018 15:38 WIB Hal Ringan Namun Bermanfaat Untuk Puasamu, Coba Deh!
10 Jenis Asuransi dan 4 Tips untuk Memilihnya Sesuai Kebutuhanmu | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png