Web
Analytics
Workplace, Kamis, 30/10/2014 12:00 WIB

Berpakaian Rapi ke Kantor Saat Hujan? Cara Ini Mungkin Akan Berguna!

Pergi ke kantor saat hujan tetapi tetap ingin terlihat stylish? Bisa kok! Beberapa tips berikut mungkin akan berguna.
Berpakaian Rapi ke Kantor Saat Hujan? Cara Ini Mungkin Akan Berguna!
Mungkin kamu sering merasa bahwa musim hujan bisa menjadi suatu kendala bagimu, khususnya soal penampilan. Namun demikian, walau sedang hujan tidak berarti kamu bisa mengenakan pakaian ala kadarnya di kantor lho. Kamu tentunya harus tetap menjaga penampilan agar bisa tampil rapi sekaligus menunjukkan etos kerja dan profesionalitasmu.
Lalu bagaimana cara agar tampil rapi tapi enggak ribet pada saat hujan? Beberapa tips berikut mungkin bisa kamu lakukan. Plus juga beberapa benda yang sebaiknya kamu bawa serta. Berhubung musim hujan akan tiba nih, Careernews sajikan beberapa tips untukmu plus tambahan dari she.yahoo.com.

1. Gunakan celana/pakaian berbahan katun
Selama musim hujan, penting untukmu mengenakan pakaian yang tak membatasi ruang gerakmu tetapi juga tak membuatmu ribet saat kehujanan. Celana katun atau khaki bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu gunakan, baik di musim hujan ataupun tidak.

2. Minimalkan penggunaan warna putih, baik untuk pakaian ataupun bawahan
Noda akibat lumpur akan sangat jelas terlihat di pakaian atau bawahan berwarna putih. Sebaiknya gunakan saja warna gelap karena tidak terlihat transparan manakala basah oleh air. Jangan pilih bahan yang terlalu tipis karena akan tembus pandang. Pun demikian, hindari pakaian yang berbahan lycra karena jika basah, kain akan menempel di badan dan membuat lembab.

3. Gunakan jaket dan tas berbahan antiair
Buat kamu yang mengendarai motor, dua hal ini tentu penting. Kamu bisa menggunakan jaket antiair untuk melindungi bajumu. Sudah banyak toko yang menyediakan jaket khusus musim hujan. Di samping itu, gunakanlah tas berbahan sintetis yang bisa kering hanya dengan dilap saja. Pilih model dan warna yang tetap fashionable dan tidak terlalu mencolok.

4. Gunakan pashmina, sweater, dan blazer
Dear ladies, kalau enggak mau ribet, kamu bisa menambahkan pashmina untuk menunjang penampilanmu. Pilihlah yang berbahan nyaman dengan motif yang tidak terlalu ramai. Sesekali, kamu pun tetap bisa mengenakan blazer yang dipadu-padankan dengan pencil skirt atau dress walaupun tengah musim hujan. Kamu juga bisa menambahkan sweater sebagai outer kemejamu. Pilih yang berwarna netral dan tak bertabrakan dengan kemeja yang kamu pakai. Formal yet warm untuk cuaca yang dingin.

5. Flat shoes
Tetap harus formal saat ke kantor walau hari hujan? Baik bagi perempuan ataupun laki-laki, flat shoes adalah jawabannya. Kamu bisa memilih yang berbahan suede agar kakimu tetap hangat dan nyaman. Sudah begitu, kamu tetap akan terlihat stylish! Namun demikian, tetap ingatlah rules berpenampilan dari kantormu ya. Jika sektor pekerjaanmu formal dan mengharuskan kamu kamu mengenakan pantofel, kamu bisa menyimpan sepatumu di kantor jika tetap harus pakai sepatu saat bekerja di dalam ruangan.

6. Cardigan
Kini cardigan tak hanya bisa dipakai oleh perempuan. Puluhan model cardigan kini juga tersedia untuk laki-laki. Nah, kamu bisa memakai fashion item ini untuk menunjang dan menghangatkan penampilanmu ke kantor. Pilih yang cashmere karena tetap hangat. Kamu juga tak akan terlihat lusuh.

Selain hal itu, ada juga lho beberapa hal lain yang tak kalah penting buat kamu:


1. Kantong plastik
Kantong plastik adalah benda yang wajib kamu bawa selama musim hujan tiba. Agar barangmu tetap awet dan tidak rusak, kamu perlu mengamankan barang-barangmu di dalam kantong plastik jika dirasa hujan turun semakin deras.

2. Payung
Tidak semua tempat parkir di kantor jadi satu dengan gedung utama. Banyak dari kita yang harus berjalan dari parkiran menuju gedung utama. Pun demikian yang naik kendaraan umum, tentu membutuhkan usaha yang lebih keras lagi untuk bisa mencapai gedung utama. Maka jangan lupa untuk selalu membawa payung saat musim hujan tiba.

3. Jas hujan
Sudah mempersiapkan segala sesuatu tetapi ternyata jas hujan tidak terbawa. Bagi kamu yang mengendarai sepeda motor, usahakan untuk selalu mengecek jok motormu dan memastikan kamu membawa jas hujan. Sediakan jas hujan minimal dua buah untuk berjaga-jaga apabila jas hujan yang telah kamu kenakan sebelumnya masih belum kering atau masih lembab.

4. Simpan pengering rambut di kantor
Agaknya berlebihan tetapi ini penting. Kamu enggak mau kan harus presentasi di depan bos atau bertemu klien dengan rambut lepek yang kehujanan? Pengering rambut adalah salah satu alat penolong yang pas buat mengeringkan rambut basahmu.

5. Handuk kecil
Handuk kecil ini akan sangat berguna buatmu yang kehujanan. Simpan handuk kecil di jok sepeda motormu atau juga bisa di loker barangmu di kantor.

6. Periksa kendaraan
Kamu yang mengendarai mobil ataupun sepeda motor, lakukan cek kendaraanmu secara berkala, baik bensin, aki, ataupun oli. Enggak mau kan di saat hujan deras, tiba-tiba kendaraanmu mogok karena kehabisan bensin ataupun akinya mati?  Bisa jadi kamu malah akan terlambat datang ke kantor.

7. Sepatu boots
Baik perempuan atau laki-laki, item yang satu ini adalah pilihan yang pas saat hujan datang. Saat ini sudah banyak model dan warna sepatu boots dengan beragam ukuran. Kamu pun akan bisa tetap bersih saat sampai ke tempat tujuan.

Nah, yang terpenting, perkirakan waktu yang akan kamu gunakan dari kos/rumahmu menuju kantor. Kalkulasikan juga kebutuhanmu untuk berganti pakaian karena basah, atau harus touched-up make-up. Dengan demikian, kamu tidak akan terlambat datang ke kantor!


Semoga bermanfaat, ya! [CN]

Penulis           : Vinia Rizqi
Editor            : Rifki Amelia
Grafis            : Tongki A.W

[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Berpakaian Rapi ke Kantor Saat Hujan? Cara Ini Mungkin Akan Berguna! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png