Jobseeker / workplace, Kamis, 28/11/2013 14:00 WIB

6 Kesalahan Fresh Graduates Saat Wawancara Kerja

Hal berikut ini patut untuk Anda hindari agar dapat meminimalisir kesalahan dalam proses wawancara kerja.
6 Kesalahan <em>Fresh Graduates</em> Saat Wawancara Kerja
Ketika menjalani sesuatu untuk pertama kali, wajar bila Anda melakukan kesalahan. Termasuk juga ketika pertama kali menghadapi wawancara kerja, ada kemungkinan Anda akan melakukan kesalahan-kesalahan kecil ketika minim persiapan. Meski baru pertama, Anda masih dapat berusaha untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.

Apa saja kesalahan-kesalahan dalam wawancara kerja yang biasa dilakukan fresh graduates? Mari simak lansiran dari okezone.com  dan tip dari Rudi Widiyanto, M.Psi., Psikolog berikut ini!


1. Tak Punya Kegiatan Pasca

Pewawancara sering melontarkan pertanyaan mengenai kesibukan pelamar setelah lulus. Sebagian besar pelamar memberikan jawaban normatif semacam ‘sedang mencari kerja’ atau ‘membantu orang tua’. Jawaban seperti ini tidak akan memberikan nilai lebih di mata pewawancara. Anda harus memiliki aktivitas setelah lulus yang dapat diceritakan kepada pewawancara. “Tidak harus kegiatan bekerja, Anda bisa ikut kursus, parttime blogger, atau menjadi relawan,” saran Rudi.


2. Menggunakan Kata ‘Kami’

Ketika ditanya pengalaman bekerjasama dalam tim, sebagian besar pelamar bersikap rendah hati dengan menyebut ‘kami’. Padahal, pewawancara mengharapkan pelamar bercerita mengenai kontribusi dirinya dalam tim, misal dengan menjawab ‘dalam tim, saya melakukan…’.


3. Menjawab ‘Tidak Tahu’, ‘Tidak Ingat’

Jangan hentikan jawaban Anda sebatas kata ‘tidak tahu’, ‘tidak ingat’, atau sejenisnya. Pewawancara biasanya ingin memancing Anda lebih untuk mengetahui pendapat Anda. Bila memang Anda tidak tahu, ceritakanlah alternatif lain yang berhubungan dengan pertanyaan, misal ‘saya tidak membaca buku A, tapi saya pernah membaca buku B, isinya …’.


4. Perhatikan Cara Menjawab

Terlalu banyak bergumam ‘hmm’ untuk mengulur waktu berpikir akan mengurangi nilai Anda di mata pewawancara. Sampaikan jawaban dengan jelas dan runtut. Perhatikan juga sikap-sikap nonverbal yang tidak baik misalnya duduk membungkuk atau enggan menatap pewawancara.


5. Kenali Perusahaan

Kenali perusahaan sebelum Anda duduk di depan pewawancara. Carilah informasi melalui berbagai sumber, termasuk website perusahaan. Pahami sejarah perusahaan, visi dan misi, serta produk dan layanan yang dihasilkan perusahaan. “Kalau value perusahaan tidak sesuai dengan value Anda, ya jangan melamar,” ujar Rudi. Misalnya, bila Anda beranggapan bahwa rokok itu berbahaya, tentu Anda tidak akan melamar ke perusahaan rokok.


6. Tidak Tahu Alasan Menginginkan Pekerjaan

Kurang menunjukkan antusiasme sedikit banyak akan membuat Anda kehilangan kesempatan bekerja di perusahaan yang Anda lamar. Mengutip dari okezone.com, Anda harus menunjukkan peran dan daya tarik perusahaan bagi Anda. Ketika diminta menceritakan diri Anda, gunakan kesempatan tersebut untuk menceritakan latar belakang Anda yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda incar.

Whenever you are asked if you can do a job, tell ‘em, ‘Certainly I can!’ Then get busy and find out how to do it.” –Theodore Roosevelt

Selagi masih ada waktu, persiapkan diri Anda untuk menghadapi wawancara kerja sebaik mungkin dan minim kesalahan. Dan yang terpenting adalah tetap jadilah diri Anda sendiri. Selamat berjuang! [CN/RFK/VINI/CRTV]


[CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya Jobseeker / workplace,
Senin, 20/03/2017 14:38 WIB [CANDID] Ini Karakter Jobseeker Dilihat dari Warna Favoritnya
Hindari Hal Ini Kalau Kamu Mau Datang ke Job Fair! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/02/2019 10:09 WIB Hindari Hal Ini Kalau Kamu Mau Datang ke Job Fair!
Jangan Abaikan Hal Ini Bila Ingin Datang ke 25th CD! Jobseeker / workplace,
Jumat, 15/02/2019 10:03 WIB Jangan Abaikan Hal Ini Bila Ingin Datang ke 25th CD!
Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan Jobseeker / workplace,
Jumat, 02/11/2018 00:00 WIB Mulai Bosan Dengan Rutinitas? Ini Artinya Kamu Butuh Liburan
90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018! Jobseeker / workplace,
Jumat, 19/10/2018 16:48 WIB 90 Menit untuk 100 Soal, Ini Tips Selesaikan CAT CPNS 2018!
Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan! Jobseeker / workplace,
Kamis, 27/09/2018 09:00 WIB Lakukan Ini Biar Perbesar Peluangmu di Perusahaan Iklan!
Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga! Jobseeker / workplace,
Kamis, 28/06/2018 18:40 WIB Tak Hanya Penampilan Saja Yang Perlu Kamu Update. CV dan Cover Letter Juga!
6 Kesalahan <em>Fresh Graduates</em> Saat Wawancara Kerja | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png