Persiapan melamar kerja lewat email

Hidup di jaman teknologi seperti sekarang ini dimana hampir semua sendi kehidupan sudah berbasis teknologi tentu saja membuat kita harus terus beradaptasi dan menyesuaikan. Apabila kita tidak bisa mengikutinya maka segala kecanggihan tersebut akan terasa asing bagi kita. Untuk itulah kita harus terus belajar dan meng-update informasi yang muncul setiap harinya.

Sama halnya, saat kita melamar pekerjaan di era sekarang, Sudah Memanfaatkan kecanggihan teknologi, beberapa perusahaan sudah membuka lowongan pekerjaan melalui portal-portal khusus lowongan pekerjaan dan itu menjadi sangat efektif selain dari biaya yang dikeluarkian.

Selain itu, hal lainnya yang diperoleh oleh pelamar adalah dalam hal mengirim lamaran. saat ini kirim surat lamaran dapat dilakukan dengan dengan cepat berkat adanya email.

Untuk lebih jelasnya, inilah rincian cara melamar kerja lewat email yang akan memudahkan kita dalam berinteraksi dengan perusahaan yang kita tuju, yaitu diantaranya

Persiapan

Bagian terpenting sebelum melamar kerja lewat email adalah melakukan persiapan. memeriksa semua berkas yang akan kita kirim adalah hal utama. Berbeda dengan sistem pengiriman via pos semua berkas dikumpulkan dalam satu berkas dan setelah siap maka berkas tersebut siap dikirim.

Berbeda dengan sistem email. Berkas tersebut tentu saja harus dijadikan file terlebih dahulu, biasanya dijadikan file berformat .pdf. artinya semua dokumen tersebut harus kita scan terlebih dahulu seperti Ijazah terakhir, KTP, Daftar Riwayat Hidup, Pas foto serta dokumen tambahan lainnya seperti sertifikat. Untuk surat lamaran setelah kita ketik menggunakan komputer. File tersebut dapat kita save dalam bentuk format pdf.

Selain persiapan dari berkas yang akan dikirim. Persiapan lainnya adalah keharusan kita memiliki email sebagai alat penghubung dengan perusahaan yang kita tuju. Untuk itu apabila belum memiliki email sebaiknya dibuatkan terlebih dahulu sebagai persyaratan utama.

Membuat email

Fungsi dan kegunaan kita memiliki alamat email adalah memudahkan berkomunikasi yang tidak dapat dilakukan via telephone. Seperti berkirim berkas atau dokumen. Sistem pengiriman yang sangat cepat dan sistem pengamanan yang cukup terjamin pula.

Untuk itulah disaat sekarang dalam mengirim berkas dokumen pekerjaan sudah banyak perusahaan yang menggunakan sistem email. Dan itu memaksa kita untuk segera memilikinya. Selain itu kegunaan lainnya adalah sebagai validasi data pendaftaran baik itu di bank ataupun aplikasi lainnya sehingga kegunaan memiliki alamat email sangat diperlukan

Apabila saat ini berencana untuk membuat email dan terkendala cara pembuatan. Ada baiknya meminta pertolongan untuk dibuatkan terlebih dahulu. Tetapi mohon untuk tidak meminta pertolongan kepada orang lain. Sebaiknya kepada orang yang memang kita kenal seperti saudara. Hal ini untuk menghindari dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Catatan terakhir adalah buatlah alamat email yang memang mudah didingat. Biasanya sudah diberikan alternatif pemberian alamat email oleh provider tersebut, dan yang utama juga adalah buatlah password yang mudah kita hafal, setelah itu barulah ditulis disecarik kertas untuk menghindari lupa.

Mengirim berkas

Setelah semua dokumen berkas persyaratan telah disiapkan serta alamat email pun sudah kita miliki. Langkah selanjutnya adalah mengirim berkas tersebut melalui email. Langkah yang dilakukan pun tidak terlalu rumit hanya meng-unggah semua berkas tersebut satu-persatu.

Masuk terlebih dahulu ke alamat email kita, kemudian buka menu untuk mengirim berkas tersebut melalui menu attachment. Dimana berfungsi untuk memasukkan semua berkas yang telah kita jadikan file pdf tersebut. Pada bagian ini juga dimohon untuk tetap teliti untuk meng-unggah seluruh berkas dokumen jangan ada yang tertinggal.

Setelah dokumen terkirim pastikan bahwa dokumen tersebut sudah benar-benar masuk ke alamat email yang kita tuju. Untuk mengeceknya adalah masuk ke menu terkirim dan pastikan file yang tadi kita kirim betul-betul sampai dan dinyatakan terkirim. Hal kecil l seperti ini harus selalu menjadi catatan bagi kita untuk tetap teliti.

Mengunggu jawaban dari perusahaan yang kita tuju biasanya akan di umumkan via email kembali atau melalui telephone. Untuk itu kita kembali membuka berkas email kita apabila dalam kurun waktu yang ditentukan belum menerima panggilan telephone apakah kita diterima atau ditolak.

Hal lain

Pada bagian ini adalah kita akan membahas bagian-bagian lainnya yang masih menjadi bagian pengiriman lamaran lewat email. Setelah semua berkas dokumen persyartan sudah kita persiapkan, dilanjutkan dengan pembuatan email apabila belum memiliki dan yang terakhir adalah meng-unggah berkas dokumen persyaratan.

Hal lainnya adalah memastikan kembali beberapa berkas dokumen yang akan kita kirim. Berkas dokumen tersebut adalah yang termasuk berkas lampiran yang ditulis dalam surat lamaran yang telah kita buat. Seperti Berkas Ijazah terakhir yang sudah kita scan, KTP, Daftar Riwayat Hidup, Pas foto, serta berkas sertifikat apabila kita memiliki.
Dan yang paling penting adalah surat lamaran yang telah kita buat. Ada baiknya dibuatkan dalam bentuk format A4. Selain memudahkan dalam pen-scan-nan karena dibeberapa tempat untuk ukuran F4 sangat susah untuk ditemukan juga akan terlihat lebih berisi dan formal.

Itulah beberapa cara kita untuk melamar pekerjaan lewat email. Semoga dapat bermanfaat bagi kita khususnya yang tengah mencari lowongan pekerjaan.

TETAP WASPADA:Perusahaan tidak pernah memungut biaya apapun dan Tidak Bekerjasama Dengan Agen Travel selama proses pendaftaran dan seleksi

X