Web
Analytics
Jobseeker / workplace, Selasa, 19/12/2017 00:00 WIB

Apa Saja Ya Persiapan Mereka Untuk Hadapi Tes Rekrutmen Kerja?

Mengikuti tes seleksi tak ubahnya seperti mengikuti sebuah kompetisi. Bakal ada yang lolos dan tidak lolos. Yang pasti, siapkan usaha terbaik dan stay positive!
Apa Saja Ya Persiapan Mereka Untuk Hadapi Tes Rekrutmen Kerja?
Careernews.id berhasil mewawancarai sejumlah jobseeker yang sedang mengikuti tes kerja PT Waskita Karya pada Selasa (5/12) di Jogja Expo Center. Berikut ini rangkuman persiapan-persiapan yang mereka lakukan untuk menghadapi tes. Apakah sama denganmu?


Persiapan menghadapi tes seleksi kerja boleh dibilang susah-susah gampang. Menurut Psikolog ECC UGM, Gita Aulia Nurani, M.Psi, untuk menghadapi tes seleksi kerja hendaknya segala sesuatunya harus dipersiapkan, baik secara fisik dan psikis. “Silakan persiapkan fisik yang sehat dan mental yang baik. Kalau kamu merasa cocok dan pantas menempati lowongan yang ditawarkan perusahaan tersebut, silakan memantaskan diri dan tampil sebagai diri sendiri,” jelasnya ketika ditemui Careernews.id.

Lalu bagaimana ya para jobseeker ini menghadapi kondisi tersebut, ini kata mereka: 

Frisiana Nurulina Dewi, Manajemen, Universitas Brawijaya

“Meski yang melamar kerja banyak laki-laki, namun saya percaya diri menghadapi tes ini. Supaya lancar menghadapi tes, khususnya tes Bahasa Inggris, saya biasanya latihan soal-soal. Kecuali TPA, tak perlu belajar  karena harus apa adanya, mencerminkan diri kita yang sebenarnya. Untuk siap menghadapi LGD, saya browsing mengenai perusahaan dan masalah-masalah apa yang ada dalam perusahaan tersebut. Dan yang terakhir, untuk memantapkan mental, saya selalu berdoa sebelum mengerjakan soal.“

Ridho Nanda Pratama, Teknik Geofisika, Institut Teknologi Bandung

“Ini bukan tes kerja yang pertama buat saya. Beberapa kali sebelumnya sudah pernah mengikuti tes kerja, dan semoga kali ini berhasil. Sebelum ikut tes saya persiapkan semuanya maksimal supaya tidak keteteran. Berdasarkan pengalaman yang paling penting disiapkan adalah rasa optimis dan mental untuk berkompetisi. Selebihnya saya pasrah.”

Dian Ratih Utami, Psikologi, Universitas Diponegoro

“Latihan soal-soal sudah pasti, seperti mengerjakan tes TPA, dan Bahasa Inggris. Namun itu semua tidak cukup, saya imbangi dengan istirahat yang cukup supaya prima saat menghadapi tes. Untuk persiapan LGD, cari tahu tentang perusahaan, kasus-kasus yang terjadi di sana, serta baca-baca tip menghadapi LGD.“

Yogi Ardyanto, Akuntansi, Universitas Sebelas Maret

“Ya berharap banyak dengan tes kali ini soalnya belum dapat kerja. Untuk persiapannya saya belajar sendiri dan lumayan puas dengan tes dua hari ini ini. Semoga nanti hasilnya juga memuaskan.”

Meizar Yutwista, Teknik Mesin, Universitas Sriwijaya Palembang

“Karena saya dari luar Jawa dan tes dilakukan di Jogja, jadinya saya harus menyiapkan tempat menginap dan tiket pesawat pulang pergi. Beruntungnya karena jadwal tes dan panitia semuanya kooperatif sehingga jam pergi-pulang saya enggak terganggu. Untuk persiapan tes, saya banyak cari pengetahuan pra-tes dari internet. Kadang saya juga tanya pengalaman teman ketika mengikuti tes kerja.”

Maldianti, Psikologi, Universitas Brawijaya

“Meski baru tahu kalau ada tes LGD, saya langsung browsing tentang apa itu LGD, bagaimana menghadapinya, dan membuka official web perusahaan. Supaya sukses saat mengerjakan TPA,  saya latihan soal-soal, dan mempersiapkan mental, yang penting tenang saat mengerjakan.“

Amanda Ditya Yudha dan Hanif Satria Wardanu, Teknik Sipil, Universitas Negeri Solo

“Merasa sudah maksimal sih, tapi untuk hasilnya pasrah saja, namanya juga berusaha. Target mendapat kerja di BUMN memang susah susah gampang. Selain karena perusahaan milik negara, pesaingnya sangat banyak dan pasti mereka menerapkan standar yang tinggi juga,” tutur Amanda.

“Selain berdoa ya paling minta doa restu dari orang tua, biar usahanya dilancarkan,” ungkap Hanif.

Nah, itulah ungkapan teman-teman jobseeker yang semoga menginspirasimu untuk terus berusaha demi tercapainya cita-cita. Berusahalah, berdoa, lalu minta restu kedua orang tua sebelum menuju kompetisi mencari kerja.Kalau kamu bagaimana? Kamu bisa share persiapanmu menghadapi tes seleksi kerja di kolom komentar lho!

Tetap semangat dan positif ya guys!



Penulis : Rahayu Riesta
Editor : Puspa A. Mala
Foto : Puspa A. Mala
Tags : persiapan tes kerja, jobseeker, fresh graduate, tes seleksi kerja, tips tes kerja, BUMN
Apa Saja Ya Persiapan Mereka Untuk Hadapi Tes Rekrutmen Kerja? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png