Career Issue, Kamis, 27/10/2016 10:02 WIB

Lulus Kuliah Lanjut Kerja di NGO, Kenapa Tidak?

Tantangan dan pengalaman bekerja di NGO, membuat beberapa orang tertarik untuk berkarir di sana. Apa kamu salah satunya?
Lulus Kuliah Lanjut Kerja di NGO, Kenapa Tidak?
Non-Government Organization (NGO) merupakan organisasi atau kelompok yang beraktivitas di luar struktur politik atau pemerintahan, maupun swasta. Saat ini, sudah banyak lulusan-lulusan perguruan tinggi yang aktif berperan di berbagai NGO.

Bahkan, tak jarang di antara mereka yang ingin langsung bekerja di sebuah NGO seusai mereka menyelesaikan bangku perkuliahannya.

Berdasarkan polling yang diadakan Careernews di bulan Oktober ini, sebanyak 79 persen responden mengaku tertarik untuk berkarir di dunia NGO. Polling ini diikuti oleh 112 responden yang berasal dari para jobseeker. Hal ini menunjukkan bahwa NGO sudah bukan lagi sebatas alternatif pilihan untuk berkarir. Beberapa alasan seperti dinamikanya yang lebih menarik, serta tantangan untuk lebih mengutamakan bekerja dengan hati, membuat Maulana Ghani, alumni Jurusan Pembangunan Wilayah UGM yang juga salah seorang jobseeker ini tertarik untuk bekerja di NGO.


Selain pendapatan, ada banyak hal menarik di dunia NGO

Mengatasi beberapa masalah yang dekat dengan kehidupan sehari-hari merupakan fokus bagi NGO dalam menggerakkan roda aktivitasnya. Menurut Defirentia One, selaku Manajer Hubungan Masyarakat dan Media Rifka Annisa Women’s Crisis Center, bekerja di NGO tidak berorientasi pada profit. “Di sisi lain, kita justru bisa lebih mengeksplorasi potensi volunterisme di diri kita,” ujar One.

Banyak hal yang bisa didapat selain pendapatan ketika bekerja di sebuah NGO. Berinteraksi langsung dengan masyarakat luas di berbagai daerah ketika menjalankan tugas, pastinya akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga, yang belum tentu bisa didapat jika bekerja di sebuah korporasi dan sejenisnya.

Namun, nampaknya masih ada beberapa hal yang menjadi keraguan jobseeker untuk bekerja di NGO. Ini didukung dari data survei Careernews yang menyebutkan, sebanyak 87 persen jobseeker belum pernah melamar kerja di NGO. Mayoritas masih cenderung mengikuti rangkaian seleksi masuk ke perusahaan-perusahaan, meski punya keinginan untuk bekerja di NGO.

Menurut One, kebanyakan yang bekerja di NGO merintis karir mereka sejak dini, bahkan sebelum lulus kuliah. Alumni Hubungan Internasional UGM ini berpendapat, mereka yang bekerja di NGO sebelumnya sudah pernah magang di NGO tersebut, dan ketika lulus kuliah langsung diangkat menjadi staf tetap. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang belum berpengalaman tapi sangat ingin bekerja di NGO untuk bisa bekerja di sana.

Nah jobseeker, setiap pekerjaan tentunya membutuhkan orang-orang yang mau bekerja dengan totalitas yang tinggi, agar tujuan dari pekerjaan itu dapat terpenuhi. Kalau kamu punya alasan yang membuat kamu merasa cocok bekerja di NGO, kenapa tidak mulai mencobanya? Silakan tentukan pilihanmu, ya!



Penulis      : Elvan Susilo

Editor        : Yuana Anandatama 

Grafis        : Swevel

Tags : smart jobseeker, NGO, karir non korporasi, jobseeker,
Lulus Kuliah Lanjut Kerja di NGO, Kenapa Tidak? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png