Career Issue, Rabu, 20/07/2016 15:42 WIB

Selain Gaji Besar, Apa Ya Untungnya Kerja di Perusahaan Asing?

Kamu salah satu yang mengincar perusahaan kelas internasional sebagai tujuan karirmu?
Selain Gaji Besar, Apa Ya Untungnya Kerja di Perusahaan Asing?
Bekerja di perusahaan asing identik dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Nama besar besar yang dimiliki jadi daya tarik tersendiri bagi para pelamar. Nama besar tersebut dinilai mampu memberi efek positif bagi karir seseorang ke depannya.

Merujuk pada buku “Hire with Your Head” karya Lou Adler, memang benar adanya bahwa bekerja di perusahaan besar mampu memberikan banyak keuntungan. Pengalaman yang dimiliki selama bekerja di perusahaan besar mampu menjadi bekal untuk mengembangkan karir yang lebih tinggi. Tak hanya itu, masih ada berbagai keuntungan yang dapat diperoleh saat kamu bergabung di perusahaan asing.


Sebanding dengan usaha

Thomas Herdian Abi Putra, salah satu Field Ops Prof I di Halliburton Indonesia,  mengungkapkan tak ada bedanya bekerja di perusahaan asing maupun nasional. Namun, ia mengaku tertantang untuk melamar di perusahaan asing karena melihat teman-temannya. “Saya melihat teman-teman bisa masuk di beberapa perusahaan asing. Maka saya menantang diri sendiri. Jika mereka bisa, kenapa saya tidak?” ceritanya. Halliburton sendiri merupakan perusahaan service company di bidang pertambangan (drilling) yang berbasis di Houston, Texas, USA.

Saat memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan asing, kita harus siap dengan konsekuensi yang diterapkan dalam perusahaan, seperti tuntutan, tekanan, dan budaya perusahaan. “Alasan saya memilih bekerja di perusahaan asing karena ingin mendapat karir yang lebih baik dan fair sesuai bidang keilmuan,” terang Engineer PT Nalco Indonesia, Ayub Wijayanto.

Ayub memang sudah merencanakan bekerja di perusahaan asing meski dirinya tak menutup peluang untuk perusahaan lokal. PT Nalco Indonesia sendiri merupakan perusahaan asing yang bergerak di bidang water and waste water treatment service and consultant. “Kalau bekerja di perusahaan asing, karir akan ditentukan oleh kerja kerasmu. Kalau kerjamu bagus, karirmu bakal bagus,” tambahnya.

Gaji yang lebih besar dibanding perusahaan lokal tentulah diperoleh bagi karyawan perusahaan asing. “Bisa ditebaklah. Fee perusahaan lokal dibandingkan dengan asing yang bergerak di bidang sama, pasti fee-nya lebih besar di perusahaan asing,” ujar Ayub. Gaji yang didapatkan pun disesuaikan dengan kinerja saat bekerja. Selain gaji, fasilitas penunjang lainnya juga diberikan bagi pegawainya.


Karir lebih menjanjikan

Dengan bekerja di perusahaan asing, akan ada banyak program pendidikan yang mampu menunjang pengembangan kapasitas. “Seperti perusahaan lainnya, PT Nalco selalu memberikan training untuk karyawannya supaya lebih baik. Perusahaan asing sangat memerhatikan karyawannya,” kata Ayub. Thomas juga menambahkan, “bekerja di perusahaan asing  bisa dapat training atau jalan-jalan di luar negeri.”

Pengalaman-pengalaman di atas merupakan modal besar bagi keduanya untuk mengembangkan karir yang lebih baik. Tak hanya itu, bekerja di perusahaan asing juga mampu memperluas dan memperkuat relasi atau jaringan. Dalam buku “Hire with Your Head” disebutkan, ketika masuk ke dalam perusahaan besar, perusahaan lainnya akan dengan mudah menerimamu. Karirmu terbuka lebar di perusahaan manapun.

Untuk mendapatkan semua keuntungan itu, Ayub dan Thomas harus menghadapi berbagai tantangan. “Untuk bisa bekerja di perusahaan asing, tentu saja harus bisa berbahasa asing. Kita dituntut lebih sering berbahasa asing,” ungkap Thomas.

“Bekerja di perusahaan multinasional akan ada peluang bertemu dengan orang asing,” tambah Ayub. Tak hanya itu, bekerja di perusahaan asing memiliki tekanan dan tuntutan yang lebih besar. “Kerjaan lebih banyak dan deadline pendek. Jadi sering lembur,” pungkas Ayub.

Banyak untungnya, banyak tantangannya juga ya. So, buat kamu yang bercita-cita untuk bekerja di perusahaan asing, bersiaplah!



Penulis      : Vindiasari Yunizha

Editor        : Rifki Amelia dan Yuana Anandatama

Foto           : Devi Aprillia

Tags : Perusahaan, karir internasional, internasional, jobseeker, mahasiswa,
Selain Gaji Besar, Apa Ya Untungnya Kerja di Perusahaan Asing? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png