Career Issue, Kamis, 14/04/2016 14:30 WIB

Tak Cuma Indonesia, Amerika Serikat Juga Punya BUMN!

Ternyata, bukan hanya Indonesia saja yang membentuk BUMN. Amerika Serikat juga iya, lho!
Tak Cuma Indonesia, Amerika Serikat Juga Punya BUMN!
Tak jauh berbeda dengan Indonesia, beberapa negara di luar negeri juga memiliki perusahaan BUMN-nya sendiri, misalnya Amerika Serikat. Perusahaan milik negara adikuasa ini sering disebut dengan istilah Government Sponsored Enterprise (GSE).


Yuk, kita kenali lebih dalam lewat perbandingan BUMN dan GSE ini!


Dibentuk oleh negara

BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah perusahaan yang dibentuk dan dimiliki pemerintah Indonesia. Jenis badan usaha ini digolongkan milik negara karena sifat permodalannya. Modal tersebut merupakan kekayaan negara yang dipisahkan. Pemerintah juga berperan sebagai pemegang saham. Adapun besar saham perusahaan yang dimiliki negara minimal adalah 51 persen dan sisanya boleh dimiliki masyarakat.

Sedikit berbeda dengan BUMN Indonesia, Government Sponsored Enterprise (GSE), sebutan untuk BUMN di Amerika Serikat, adalah termasuk perusahaan swasta. Perusahaan ini dibuat dan disetujui oleh Kongres Amerika Serikat. GSE disewakan oleh Pemerintah Federal untuk tujuan kebijakan publik.

Berbeda dengan BUMN yang berperan agar pihak swasta tidak memonopoli usaha yang berkenaan dengan hajat hidup rakyat, GSE sendiri justru termasuk perusahaan swasta sehingga tidak termasuk dalam anggaran Federal. Efek atau sekuritas mereka tidak didukung penuh oleh kredit dari pemerintah Federal. Namun, karena adanya tujuan publik, laporan kekayaan harus disampaikan dengan dasar data anggaran dari lembaga pemerintah.

Sedangkan pada BUMN, selain kepemilikan, pengawasan BUMN juga dilakukan oleh pemerintah, baik secara fungsional maupun hierarki. Pemerintah memiliki kewenangan menetapkan kebijakan yang terkait pada kegiatan usaha dan segala risiko yang terjadi pun adalah tanggung jawab pemerintah.


Membantu perekonomian negara

Antara BUMN dan GSE memiliki kesamaan, yaitu dibentuk untuk tujuan melayani kepentingan negara dan masyarakat. Untuk BUMN, selain melayani masyarakat, mereka juga diperbolehkan untuk memupuk keuntungan. Keuntungan inilah yang digunakan untuk mengisi kas negara. BUMN berperan agar pihak swasta tidak memonopoli usaha yang berkenaan dengan hajat hidup rakyat. Dengan demikian, BUMN juga berfungsi menjadi stabilisator perekonomian negara.

Dalam praktiknya, BUMN bermanfaat dalam mempermudah masyarakat memperoleh alat pemenuhan kebutuhan hidup, baik barang dan jasa. Manfaat ini akan masyarakat dapatkan karena BUMN mencegah monopoli pasar atas barang dan jasa dari pihak swasta bermodal kuat.

BUMN juga berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi komoditi ekspor sebagai sumber devisa. Ini berlaku untuk sektor migas maupun nonmigas. Manfaat terakhir, tentu saja BUMN membuka kesempatan kerja bagi masyarakat produktif kerja.

Jika BUMN Indonesia bergerak di 13 sektor, maka mayoritas GSE bergerak di bidang keuangan atau kredit. Namun, masing-masing GSE memiliki sektornya masing-masing, misalnya pertanian, kepemilikan rumah, dan pendidikan. GSE ini memiliki manfaat untuk meningkatkan aliran kredit ke sektor ekonomi yang ditargetkan. GSE juga akan membuat segmen pasar modal lebih efisien dan transparan. Risiko pada investor dan pemasok modal pun semakin berkurang.

Beberapa GSE adalah perusahaan privat tapi ada juga perusahaan publik. Ambil contoh, Bank Home Loan Federal yang dimiliki oleh perusahaan yang menggunakan jasa mereka.

Nah, ternyata tidak hanya Indonesia saja yang punya BUMN. Selain Amerika Serikat, masih banyak negara lain yang juga membentuk perusahaan untuk membantu perekonomian negara, meskipun dalam praktiknya memiliki regulasi yang berbeda di setiap negara.

Apa kamu punya informasi tentang BUMN di negara lain? Kamu bisa lho, kirimkan tulisanmu ke Careernews dengan alamat: redaksi@careernews.id!



Penulis      : Febriyanti Revitasari

Editor        : Ratih Wilda dan Yuana Anandatama

Grafis        : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : BUMN, perusahaan, jobseeker, karir BUMN, perusahaan BUMN,
Tak Cuma Indonesia, Amerika Serikat Juga Punya BUMN! | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png