Career Issue, Senin, 04/04/2016 13:33 WIB

Ada Ratusan BUMN di Indonesia, Manakah Favoritmu?

Perusahaan BUMN memang banyak diincar oleh jobseeker. Nah, perusahaan mana ya, yang jadi favorit jobseeker?
Ada Ratusan BUMN di Indonesia, Manakah Favoritmu?
BUMN di Indonesia jumlahnya mencapai 119 perusahaan, belum termasuk yang dilebur dengan BUMN lain. Dari sekian banyak yang ada Careernews menghimpun pilihan dari responden seputar perusahaan BUMN mana yang menjadi favorit mereka.

Survei ini diikuti oleh sebanyak 82 persen responden yang belum bekerja dengan mayoritas keseluruhan responden berada di usia 20-an tahun.


PT Pertamina, BUMN terfavorit

Survei yang diadakan oleh Careernews menunjukkan sebanyak 39 persen dari jumlah responden memilih PT Pertamina sebagai perusahaan BUMN favorit mereka. Perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas ini menduduki urutan pertama terfavorit.

Sebagai salah satu BUMN Indonesia yang berkiprah di bidang minyak dan gas sejak 1957 silam, PT Pertamina telah banyak membuktikan prestasinya. Perusahaan ini juga mampu menunjukkan citra baiknya sehingga memiliki pamor yang cukup tinggi. Terbukti dari banyaknya responden yang memilihnya sebagai favorit. Pun, kendati isu seputar minyak dunia sedang marak ternyata tetap tak mampu membuat perusahaan yang satu ini surut 'penggemar'.

Tempat kedua adalah PT PLN (Persero), perusahaan yang menangani listrik di seluruh Indonesia ini dipilih oleh 16 persen responden survei. PT Telekomunikasi Indonesia menyusul dengan 5 persen responden yang memilihnya, 4 persen pilihan jatuh pada PT Kereta Api Indonesia, dan di tempat kelima adalah PT Bank Mandiri sebanyak tiga persen.


Punya citra baik, semakin jadi favorit

Dari survei yang sama, menunjukkan bahwa yang paling dicari dari bekerja di perusahaan BUMN adalah jenjang karir dan gaji. Ini menunjukkan bahwa responden memiliki persepsi positif terhadap ketiga perusahaan tersebut, baik dari segi jenjang karir maupun gaji.

Berbagai perusahaan BUMN memang banyak diserbu oleh jobseeker saat membuka rekrutmen karena banyaknya fasilitas dan benefit yang ditawarkan. Terlebih bagi perusahaan yang menjadi favorit, kamu mungkin akan bersaing dengan sekian ribu kandidat dari awal seleksi. Belum lagi, jika rekrutmen diadakan di berbagai kota dengan jumlah pendaftar yang banyak maka tantangan untuk bisa lolos sebagai karyawan tentu akan semakin besar pula.

Bagi kamu yang memang berniat untuk berkarir di salah satu perusahaan BUMN, siapkan dirimu sebaik-baiknya. Semakin tinggi pamor perusahaan incaranmu, semakin banyak pesaing yang akan berebut denganmu untuk meraih posisi karyawan di sana.

Kalau kamu, manakah perusahaan BUMN favoritmu?



Penulis      : Ratih Wilda

Editor        : Yuana Anandatama

Grafis        : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : BUMN, perusahaan, jobseeker, karir BUMN, perusahaan BUMN,
Ada Ratusan BUMN di Indonesia, Manakah Favoritmu? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png