Career Issue, Kamis, 07/01/2016 10:06 WIB

Mayoritas Jobseeker Punya Masalah di Pemilihan Minat Karir, Kalau Kamu?

Pemilihan minat karir ternyata menjadi satu dari tiga permasalahan yang dialami mayoritas jobseeker. Lalu, apa dua permasalahan lainnya?
Mayoritas Jobseeker Punya Masalah di Pemilihan Minat Karir, Kalau Kamu?
Fakta permasalahan jobseeker ini muncul berdasarkan data Counselling Problem ECC UGM periode Januari-Desember 2015. Mayoritas jobseeker diketahui memiliki permasalahan terkait tiga hal, yakni pemilihan minat karir, menghadapi wawancara kerja dan psikotes.

Menurut data dari People Development Division ECC UGM tahun 2015, sebanyak 27 persen jobseeker dalam konselingnya mengaku memiliki permasalahan terkait pemilihan minat karir. Dengan kata lain, jobseeker masih mengalami kebingungan terhadap pilihan karir dan bagaimana menyesuaikan pilihan karirnya dengan minat dan potensi jobseeker.

Temuan ini diperkuat dengan data polling ECC UGM periode Oktober 2015 yang menunjukkan hanya sekitar 19,6 persen jobseeker yang mengaku bahwa pekerjaan mereka sesuai dengan minat dan potensi karir mereka.

Masih dilansir dari sumber data yang sama, dua permasalahan lain yang banyak dialami jobseeker berkaitan dengan tes wawancara dan psikotes. Sebanyak 20 persen jobseeker melakukan konseling untuk menyelesaikan permasalahan terkait dengan wawancara kerja. Sementara, 14 persen responden masih bermasalah dalam proses rekrutmen lainnya yaitu psikotes.

Selain tiga permasalahan di atas yang disinyalir menjadi problem mayoritas jobseeker, ada problem lain yang muncul dalam meja konseling. Seperti bagaimana membuat CV dan cover letter, bagaimana menghadapi tes LGD dan tes kesehatan, bagaimana menghadapi kehidupan kerja, serta hal-hal terkait tema dan kompetensi pribadi.

Nah, bagaimana dengan dirimu? Apa tiga hal yang menjadi mayoritas problem jobseeker di atas juga sedang kamu rasakan? Atau kamu justru punya problem lain di luar yang disebutkan? Bagikan ceritamu di kolom komentar, ya!



Penulis          : Grattiana Timur

Editor            : Yuana Anandatama

Grafis            : Ardiansyah Bahrul A.

Tags : Statistik 2015, rekrutmen, SDM, kompetensi, konseling karir,
Mayoritas Jobseeker Punya Masalah di Pemilihan Minat Karir, Kalau Kamu? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png