Career Issue, Kamis, 19/11/2015 08:25 WIB

Hai Anak Zaman Sekarang, Kok Kamu Enggak Kepikiran Magang Sih?

Mengejutkan, mahasiswa sekarang tidak banyak yang suka magang kerja, beda dengan mahasiswa dulu.
Hai Anak Zaman Sekarang, Kok Kamu Enggak Kepikiran Magang Sih?
Fakta ini terkuak dari survei seputar magang yang dilakukan Careernews Oktober 2015 dengan melibatkan berbagai pihak seperti jobseeker, karyawan, dan mahasiswa. Penasaran? Simak faktanya di sini!

Terhitung dari tahun 2002 hingga 2011, peminat magang kerja meningkat. Namun, hal ini kemudian berbalik sejak tahun 2012 sampai 2014 mahasiswa magang mengalami penurunan. Hal ini mengindikasikan beberapa alasan mengapa pada akhirnya mahasiswa magang menurun. Salah satu alasan yang dikemukakan mahasiswa sendiri adalah mereka tidak melihat ada urgensi dari magang bagi pengembangan diri dan masa depan mereka.

Selain tidak merasanya ada urgensi, terdapat alasan lain yang membuat responden belum pernah melakukan magang. Alasan mayoritas adalah karena tidak adanya kewajiban magang dari pihak kampus. Disusul dengan belum pernah diterimanya mahasiswa untuk magang oleh perusahaan atau instansi yang mereka tuju.

Sementara itu, 89% mahasiswa menyatakan melakukan magang saat masih aktif kuliah. Sisanya justru baru memulai magang baik ketika menunggu periode wisuda maupun ketika sudah lulus perkuliahan.

Nah, dengan fakta-fakta yang sudah dijelaskan tentang magang di atas, bagaimana dengan pendapatmu? Apakah menurutmu magang itu penting untuk pengembangan dirimu? Atau kapan waktu tepat menurutmu untuk magang? Yuk share pendapat pribadimu di kolom komentar, ya!



Penulis        : Sandi Iswahyudi

Editor           : Yuana Anandatama

Grafis           : Ardiansyah Bahrul A.


Tags : magang, people development, kerja praktek,
Hai Anak Zaman Sekarang, Kok Kamu Enggak Kepikiran Magang Sih? | CAREERNEWS
1474882794_release_960_rev.png